Pentakosta



IBU KOTA KERAJAAN SORGA-KOTA YERUSALEM BARU
Sumber:Miran Berol Revival Prayer Centre,Sabah,Malaysia

Maka penangkap-penangkap ikan penuh sepanjang tepinya mulai dari En-Gedi sampai En-Eglaim;daerah itu menjadi penjemuran pukat dan di sungai itu ada berjenis-jenis ikan,seperti ikan-ikan di laut besar,sangat banyak.(Yehezkiel 47:10)

Lautan-menggambarkan pelbagai bangsa/berbilang kaum/negara(Wahyu 7:9).Ikan-menggambarkan manusia yang ingin kita tangkap masuk dalam “Keranjang Kristus”.Penangkap Ikan-menggambarkan Penjala Manusia/Orang Percaya.

Pada waktu itu akan mengalir air kehidupan dari Yerusalem;setengahnya mengalir ke laut timur,dan setengah lagi mengalir ke laut barat;hal itu akan terus berlangsung dalam musim panas dan musim dingin.(Zakharia 14:8 )

Air Kehidupan-menggambarkan Firman Allah.

Yerusalem -menggambar orang percaya yang memiliki Firman itu/Kristus sendiri melalui umatNya/Bait Allah/Gereja.

Uraian:Firman itu akan tersebar ke timur dan ke barat.Penubuhan pelbagai cabang gereja adalah suatu cara penyebaran Firman Tuhan agar tidak bertumpu pada suatu tempat sahaja.Demikian juga orang percaya yang memiliki Firman itu disebar ke pelbagai tempat sebagai agen penyebaran Firman.

Allah menginginkan kita beranakcucu/membuka pelbagai anak/cabang gereja,bukan menjadi gereja yang mandul.(Kejadian 9:1  )Sebelumnya Tuhan berfirman supaya seluruh bumi dipenuhi.

Apabila kita memanjat menara agama dengan menginginkan tumpuan pada suatu tempat/denominasi tertentu,kemungkinan kita sama seperti orang yang mendirikan “Menara Babel”: (Kejadian 11.)Sewaktu manusia mendirikan Menara Babel dan melihat ketinggian hati mereka Tuhan telah mengacaubalaukan semua bahasa.Sehingga berlaku bermacam ragam bahasa.

Di Babel,Allah mengacaukan bahasa-bahasa manusia sehingga mereka tidak lagi mengerti satu sama lain dan meneruskan pembangunan menara kesia-siaan itu.Pada hari Pentakosta,pada saat Allah pertama kali membaptis manusia di dalam Roh Kudus,Dia memberikan sebuah hadiah kepada-Nya sebagai tanda kepada dunia bahwa Gereja-Nya akan menjadi lawan dari Menara Babel.Di Babel, bahasa-bahasa manusia dibuat bingung;pada hari Pentakosta,setiap orang dapat mengerti bahasa yang sama.Apa yang mereka dengar yang disaksikan oleh bahasa yang sama itu adalah “perbuatan besar yang dilakukan Allah”(Kisah Para Rasul 2:11),yang menjadi kontras dari perbuatan-perbuatan manusia yang sia-sia yang dilambangkan oleh menara tersebut.

Tentu saja,karunia yang membuat manusia mampu mendengarkan kesaksian mengenai pekerjaan-pekerjaan Allah adalah kurnia berbahasa lidah.Bukanlah hal yang aneh  bila karunia ini merupakan karunia yang paling kontroversial di antara karunia-karunia Roh yang lainnya.Bagi manusia biasa,tujuan dan penggunaan  karunia ini jauh di luar pemikiran.Bagi manusia rohani,ini adalah bahasa Allah untuk menerobos seluruh bagian luar agar bisa menyentuh bagian terdalam dari manusia.Bahasa Roh menyaksikan bahasa Allah yang di dalamnya satu  saat nanti semua manusia akan bersama-sama dalam satu kesatuan yang sempurna.

Penghakiman Allah atas Babel bukanlah suatu penuduhan.Allah menghendaki supaya kita mengerti bahwa hanya melalui Yesus kita sungguh-sungguh dapat bersatu.Seberapa pun besarnya semangat usaha atau keinginan baik untuk menyatukan orang-orang Kristen (oikumene) tidak dapat menyatukan manusia.Kesatuan kita hanyalah melalui Dia dan di dalam Dia.Dialah satu-satunya perantara yang melalui-Nya akan ada komunikasi dan hubungan yang sesungguhnya di antara manusia dan,yang terpenting,di antara manusia dengan penciptanya.Hanya melalui Dia,kita dapat sungguh-sungguh mengerti diri kita sendiri,orang lain dan Bapa.

….Sebelum penyaliban-Nya,Yesus berdoa untuk gereja-Nya “supaya mereka semua menjadi satu,sama seperti Engkau,ya Bapa,di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau,agar mereka juga di dalam Kita,supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku” (Yohanes 17:21),Gereja yang ingin dibangun oleh dunia mengalami kemunduran dengan semakin meningkatnya kebingungan,seperti yang dialami pendahulunya di Babel.Gereja yang sedang dibangun oleh Allah pada suatu hari nanti akan mengejutkan dunia dengan kesatuannya.Akan ada satu kesatuan yang mengatasi perjanjian-perjanjian dan kesepakatan-kesepakatan;akan ada satu kesatuan yang hanya dapat datang melalui suatu kesatuan dengan Dia yang memegang segala sesuatu bersama-sama di dalam firman-Nya yang penuh kuasa.Kesatuan seperti ini tidak akan datang dengan mencari kesatuan;tetapi kesatuan ini hanya bisa datang dengan jalan mencari Dia. Barangkali kita tidak sadar akan hal itu kepadaNya.Kesatuan itu sendiri bisa menjadi suatu berhala.Bila kita mencari Dia,kesatuan akan datang.-(Rick Joyner)

Baptisan Roh Kudus

Untuk masuk dalam dimensi alam roh ini kita harus menerima baptisan Roh Kudus dan Baptisan Api bukan hanya setakat mengalami baptisan air.

Rasul Paulus tidak mau jemaat Efesus hanya berhenti dan puas dengan penebusan dan keselamatan yang mereka terima(Efesus 1:13,14).Mereka harus berkembang dan mempunyai pengharapan untuk menerima kuasa dan kemuliaan-Nya.

Kita melihat murid-murid Yesus yang pada dasarnya bersifat pemarah,pendendam,pemalu ,dan penakut. Itu kita dapat lihat dengan jelas pada diri murid yang begitu dekat dengan Yesus(Si Petrus).Namun,setelah hari Pentakosta(KISAH PARA RASUL) dia diubah secara luarbiasa.Dia mulai HIDUP dengan KUASA.Hasilnya ribuan orang menerima Kristus melalui pelayanannya.

Dan tidak seorangpun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru,sebab ia akan berkata:Anggur yang tua itu baik.Lukas 5:39.Versi Alkitab Indonesia

Markus 2:22
Uraian:Yesus membandingkan pemberitaannya mengenal Kerajaan Allah dengan “anggur baru,”yang tidak dapat dimasukkan ke dalam kantong anggur yang tua yang sudah kehilangan daya elastisnya.

1 Yohanes 5:6-12
Jika kita masih kristen keturunan atau tradisi, tidak ingin masuk dalam baptisan Roh Kudus,kita sukar masuk dalam dimensi rohani ini.Baptisan Roh Kudus ialah tanda menterai oleh Roh Allah.

Kpr 19:4 Paulus menerangkan Yohanes membaptis untuk menyatakan seseorang itu bertobat dari dosanya.(KPR 19ayt5-6)apabila Paulus menumpang tangan atas mereka, mereka menerima Roh Allah dan mulai berbahasa baru.“Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia,harus menyembahNya dalam Roh dan Kebenaran.”Yohanes 4:24

Agak meragukan apabila seseorang mengatakan menerima Roh Allah tapi tidak ingin menerima Bahasa Roh.

How to enter the Kingdom of God ?

Read John 3:5-8 “…unless you are born of water and spirit, you cannot enter the Kingdom of God…Don’t marvel that I said to you, ‘You must be born a new.


“Baptisan Api ”
Lukas 3:16-17

Sumber: Pdt Gilbert Lumoindong Ministry

Setelah orang dijamah oleh Tuhan,maka ada pertobatan.Lalu ia akan membuat keputusan dan mengalami Baptisan Air,setelah itu ada baptisan Roh kudus dan terakhir adalah Baptisan Api.

1.Dampak dari Baptisan Api Menampi
Di baptisan api,org benar akan semakin bertahan dan orang yang tidak benar akan disingkirkan.

2.Membersihkan
Tempat pengirikan sebelum dipakai untuk mengirik gandum harus dibersihkan dulu,demikianpun hidup kita.Bila hidup kita tidak bersih,bagaimana kita bisa membersihkan hidup orang lain?

3.Mengumpulkan.
Lewat baptisan api,orang percaya akan bersatu.

4.Dibakar
Yang tidak beres harus dibereskan.Jerami & kayu akan terbakar,sedangkan emas dan perak akan lebih dimurnikan.

Perbedaan Antara Baptisan Air & Baptisan Api

1.Air menyegarkan,sedangkan api itu membakar. Orang yang dibaptis air disegarkan,ia menerima sesuatu.Orang yang dibaptis api,ia harus lebih daripada bertindak.

Pertobatan,baptisan air,Baptisan Roh Kudus dan baptisan api harus berjalan bersama-sama.

2.Air membersihkan,sedangkan api memurnikan.Lewat baptisan api,kita dimurnikan,kita akan menjadi segambar dengan Yesus.

3.Air mengalir,sedang api menyala.Kasih Allah mengalir dalam hidup kita.Lewat baptisan api,maka orang dalam gelap bisa mendapat tuntunan.

4.Air melepaskan dahaga,sedangkan api menghancurkan segala macam penghalang.Air melepaskan dahaga yaitu sesuatu yang dirindukan ketika dipenuhi Roh Kudus.Sedangkan baptisan api memampukan kita menyala-nyala.

Apa Itu Baptisan Api.

Tiap orang pasti mengalami percobaan-percobaan dalam hidupnya.Tapi percobaan-percobaan dan tantangan sebelum dan sesudah kita bertobat adalah karena kesalahan kita sendiri,karena serangan-serangan setan atau kehendak Tuhan untuk menguji kita.

Tantangan setelah kita dibaptis Roh Kudus adalah tantangan yang luar biasa,yang membuat kita bergantung pada Tuhan dan mengalami pengalaman yang luar biasa dengan Tuhan.Tantangan-tantangan itu menghasilkan mujizat-mujizat yang luarbiasa.

Pemurnian Iman

Tuhan sudah melihat kita beriman & mengasihi Dia,tapi masih ada kerikil-kerikil yang perlu dibersihkan dan ini menyakitkan.Tetapi ada badai besar,ini adalah ujian terhadap iman kita.Allah sedang membangun fondasi yang kuat buat kita.

Lawatan Allah yang luar biasa.Orang yang lewati baptisan api tidak akan pernah murtad lagi,karena ia alami betapa baiknya Tuhan,walaupun ada senjata yang dihadapi ia tidak akan menyangkal Tuhan.

Mengapa Kita Harus Lewati Baptisan Api

1.Agar kehidupan kita semakin dimurnikan.(Mal 3:1)
2.Agar hubungan kita dengan Tuhan menjadi semakin hangat.
(Kel 13:21)
3.Agar hidup kita dapat bertahan dalam segala keadaan.
(1 kor 3:13)
Tuhan akan lewatkan kita melalui badai & pengalaman indah
bersama Tuhan.
4.Agar hidup kita tidak harus melewati api kebinasaan
(Ibr 12:26-29)
Karena baptisan api,maka kita akan semakin dimurnikan &
semakin masuk Kemuliaan Allah.

EFESUS 2 : 20 – 22
20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan KRISTUS YESUS sebagai batu penjuru. 21 Di dalam DIA tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi Bait ALLAH yang kudus, di dalam TUHAN. 22 Di dalam DIA kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman ALLAH, di dalam ROH.

Bangunan ibadah yang sempurna adalah bangunan dengan TUHAN YESUS KRISTUS sebagai Batu Penjuru, dan kemudian di atasnya dibangun dengan dasar para rasul dan nabi. Rasul-rasul dan nabi-nabi ini merupakan sosok yang telah bertemu TUHAN secara pribadi, yang bertugas membimbing jemaat yang dibangun di atasnya menjadi Bait ALLAH di Yerusalem yang berada di tempat yang tinggi.

“Sampai kita semua mencapai KESATUAN IMAN dan pengetahuan yang BENAR tentang Anak Allah,kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan KEPENUHAN KRISTUS (Efesus 4:13) ”Orang percaya adalah KESATUAN TUBUH KRISTUS tak kira dari gereja/denominasi manapun anda.

….Orang ini berkata:Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari.”Matius 26:61

YOHANES 2 : 19 – 22
19 Jawab YESUS kepada mereka: “Rombak Bait ALLAH ini, dan dalam tiga hari AKU akan mendirikannya kembali.” 20 Lalu kata orang Yahudi kepada-NYA:
“Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait ALLAH ini dan ENGKAU dapat membangunnya dalam tiga hari?” 21 Tetapi yang dimaksudkan-NYA dengan Bait ALLAH ialah Tubuh-NYA sendiri. 22 Kemudian, sesudah IA bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-NYA bahwa hal itu telah dikatakan-NYA, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan YESUS.

Pernyataan TUHAN YESUS, bahwa DIA akan mendirikan Bait ALLAH dalam tempoh tiga hari membuat orang-orang yang mendengarnya mencibir, sebab Bait ALLAH itu dibangun dalam waktu empat puluh enam tahun.Tiga hari sebagai jangka waktu yang diperlukan dalam pembangunan Bait ALLAH adalah kematian dan kebangkitan-NYA. Pada saat DIA bangkit setelah tiga hari dikubur dalam perut bumi, Bait ALLAH, yaitu Gereja TUHAN berdiri.

Kemudian Aku akan kembali,dan MEMBANGUNKAN kembali PONDOK DAUD yang telah ROBOH,supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah,yang Kusebut milikKu”Kisah Para Rasul 15:15-17.

Visi Kristus setelah 3 hari bangkit dari kematian ialah membangun kembali reruntuhan Tubuh-Nya / orang percaya(tanpa mengira denominasi) yang tercerai-berai.

YERUSALEM BARU (wahyu 21:9-27.)Kesatuan orang percayalah Yerusalem Baru bukan bangunan tempat beribadah.
YERUSALEM BARU (wahyu 3:12b.)Pada dirinya akan Aku tulis nama Allah-Ku dan nama kota Allah-Ku ,iaitu Yerusalem Baru yang akan turun dari syurga,daripada Allah-Ku.Pada dirinya juga akan Aku tulis nama-Ku yang baru.

Kebijaksanaan

• Kisah Para Rasul 18:24-28

Let him who is taught word SHARE in all good things with him who TEACHES(Galatia 6:6)

Kebijaksanaan berkaitan juga dengan sikap kita terhadap pengetahuan.

Amsal 15:14 Hati orang berpengertian mencari pengetahuan tetapi mulut orang bodoh sibuk dengan kebodohan.

Apolos merupakan teladan yang menarik dalam soal sikap ini.Kita membaca ia sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci.Tetapi kita juga membaca bahawa ketika Priskila dan Akwila mendengarnya,mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah.(Kisah Para Rasul 18:24,26). Bayangkan itu! Seorang pengkhotbah diajar oleh dua orang awam!Mengherankan bahwa mereka merasa bebas melakukan hal yang demikian itu.Mengherankan juga bahwa Apolos memiliki kerendahan hati dan kebijaksanaan untuk mendengarkan mereka.

Pemimpin yang bijak bersedia mendengar kata-kata pengikutnya. Bahkan,ia akan menciptakan suasana yang membuat orang merasa bebas untuk berbicara dengan dia,dan merasa enak berada bersama dia.

Jika ia berlaku demikian,ia sedang membuka pintu untuk menampung mengalirnya keterangan yang MASUK MELIMPAH.Hal ini mendorong dia untuk bertumbuh lebih pesat dan untuk bekerja dengan lebih efektif dan pada saatnya hal ini akan dapat mempertahankan agar semangat juang dan motivasi tetap tinggi.

……………………………………………………………………………………………………………………………

Jika umat-Ku berseru kepada nama-Ku,
merendahkan diri,berdoa dan mencari wajah-Ku,
maka Aku akan mendengar dari syurga dan
mengampuni dosa mereka,serta memulihkan
NEGERI
mereka.2 Tawarikh 7:14

Special Dropped,

Kanada Hill Miri,Sarawak,

Evangelistic Revival Weekend,

Advancing God’s Kingdom On Earth 2006

(14-15 July ),

Rev.Evanga Gboyega ,Olabisi Ofalayan & Team.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: