PENGURAPAN DI DALAM SEJARAH

(Keluaran 29:7-9) Sumber:Pdt Gilbert Lumoindong (14 Februari 2006)

1 Yohanes 2:18-27

Adanya urapan ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan garasi dan kepastian bahawa hidup kita sudah termeterai bukan lagi sebagai orang biasa,tetapi sudah dipisahkan dan diberi otoritas sehingga dikenal oleh Allah untuk melakukan hal-hal yang dahsyat.

Petrus 2:9,dikatakan bahawa“kitalah bangsa yang terpilih,imamat yang rajani…”Itulah tandanya,bahawa waktu itu benar-benar adalah waktu yang terakhir.”Jadi dengan bangkitnya banyak antikristus, menjadikan waktu ini menjadi hari-hari yang sukar bagi orang-orang percaya.Ada banyak tekanan dan penyesatan yang terjadi.

Oleh kerana itu,di hari-hari terakhir ini,orang yang hanya sekadar menjadi orang kristen saja,tidak akan kuat menghadapinya.Namun,bagi orang-orang percaya yang bersungguh-sungguh di dalam Tuhan,ertinya tetap tinggal di dalam Tuhan,Tuhan memberikan pengurapan sehingga dimasa-masa yang sukar ini,kita bisa tetap kuat di dalam Tuhan.

II.PENGURAPAN DI DALAM SEJARAH
A)Pengurapan Keimaman (Keluaran 29:7-9)
Imam adalah yang pertama yang harus diurapi.Imam ini berasal dari orang biasa yang diurapi menjadi imam atau menjadi perantara. Artinya dia membawa isi hati Tuhan kepada umat .

Idea urapan itu datangnya dari Allah sendiri sehingga Tuhan mengajarkan Musa untuk membuat minyak urapan dan menunjukkan siapa yang harus diurapi.Adanya urapan ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan garasi dan kepastian bahawa hidup kita sudah termeterai bukan lagi sebagai orang biasa,tetapi sudah dipisahkan dan diberi otoritas sehingga dikenal oleh Allah untuk melakukan hal-hal yang dahsyat.

1 Petrus 2:9,dikatakan bahawa “kitalah bangsa yang terpilih,imamat yang rajani…” Artinya bahawa jabatan imam,bukan lagi kepada sebahagian orang tetapi bagi setiap orang yang percaya kepada Yesus dan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat.Oleh kerana itu,setiap kita harus diurapi sebagai imam.
B)Pengurapan Kerajaan
(1 Sam 9:16,1 Sam 16:13)Tuhan berkata kepada Samuel untuk mengurapi Saul kemudian berikutnya juga kepada Daud.Jadi untuk menjadi raja,tidak dengan sembarangan ditunjuk tetapi harus dengan pengurapan.Setelah diurapi barulah Roh Tuhan berkuasa atas diri orang tersebut.Berbicara mengenai Kerajaan,juga berbicara tentang…~Otoritas Terhadap Keadaan Kalau Imam berbicara mengenai otoritas yang berhubungan dengan Allah dan manusia,kerajaan berbicara mengenai otoritas terhadap situasi/keadaan.

Perintah seorang raja harus dilaksanakan,kalau tidak,pasti akan dihukum.Sebagai orang percaya,jika kita dekat dengan Tuhan,maka kita mendapat pengurapan kerajaan,dimana apapun yang kita ucapkan,pasti akan terjadi.Oleh kerana itu,kita tidak boleh mempergunakan mulut kita dengan sembarangan..*Hidup yang berkelimpahan seorang raja tidak akan kekurangan,tetapi hidup dengan kelimpahan sebagai orang percaya,Yesus berkata bahawa”Aku datang untuk memberikan domba-dombaku hidup dan hidup yang berkelimpahan.”Artinya apapun yang kita lakukan,akan diberkati dan dibuat Tuhan berhasil.

C)Pengurapan Kenabian(1 Raja-Raja 19:16)Setelah kualitas hubungan kita dengan Tuhan baik,hidup dalam pengurapan imam,kemudian hidup kita dalam otoritas(urapan kerajaan),barulah kitapunya urapan Kenabian.
Nabi sebelum memulai pelayanannya harus diurapi terlebih dahulu.Nabi berbicara mengenai orang yang menegor,menyampaikan isi hati Tuhan dan hidupnya menjadi terang.Pengurapan Elisa sebagai nabi dilakukan oleh Allah sendiri.Elia tidak sempat mengurapinya.

Ada zaman di mana hanya nabi yang menerima pengurapan Tuhan.Daud tidak akan pernah mengalahkan Goliat sebelum mendapatkan Urapan Kerajaan.Elisa tidak akan bisa melakukan hal-hal yang dahsyat sebelum mendapat urapan nabi.
II.PENGURAPAN DI DALAM SEJARAH
D)Pengurapan Akhir Zaman (Maz 20:7;Yoel 2:28-29)

III.PENGURAPAN AKHIR ZAMAN
A.Pengurapan Untuk Menghadapi Antikristus (ayat 20-21)
Alkitab sudah menjelaskan bahawa telah muncul gerakan-gerakan antikristus dan akan datang si antikristusnya sendiri yang akan memimpin untuk membinasakan manusia.Oleh karena itu,orang percaya perlu pengurapan untuk menghadapinya.Bagaimana pengurapan untuk menghadapi antikristus?
1.Membedakan roh.Agar kita tidak disesatkan.
2.Kekuatan(untuk diri)(Kita menerima kekuatan walaupun ditengah tantangan dan ujian)
3.Kemenangan(untuk orang lain)
Untuk menghadapi orang lain,Tuhan memberikan kemenangan.
B.)Pengurapan untuk bersedia diajar(ayat 27)
1.Siap dikoreksi
2.Siap dibentuk(kesalahan kita diperbaiki)
3.Siap menerima hal-hal baru/aneh.Hal yang baru adalah hal-hal untuk memperbaiki yang keliru dalam hidup kita.

C.)Pengurapan untuk hidup dalam kesetiaan (ayat 27)
1.Memandang sisi positif
Jangan melihat sesuatu dari sudut negatif.
2.Selalu melihat kesempatan untuk kuasa Allah. Selalu melihat masalah yang datang sebagai kesempatan agar kita dapat melihat kuasa Allah Dinyatakan.Orang-orang yang diurapi Tuhan pasti akan menjadi orang-orang yang setia.

IV.TANGGUNGJAWAB ORANG YANG DIURAPI(Yesaya 61:1-11)
a.Menyampaikan Khabar Baik (ayat 1-2)Tugas sebagai orang percaya,ketika sudah diurapi adalah menyampaikan Khabar Baik di manapun kita berada.
b.Menyatakan karunia-karunia dahsyat(ayat 3)Doa kita dijawab,mujizat terjadi di dalam kehidupan kita,meskipun orang mengutuk kita tetapi Tuhan merubahnya menjadi berkat,dll.
c.Membangun Reruntuhan (ayat 4)
Setan selalu ingin merusak kehidupan kita.Sehingga di dalam perjalanan hidup ini,bisa saja masa lalu kita gelap dan hancur,tetapi ketika kita diurapi,maka reruntuhan akibat kehancuran tersebut akan dibangun kembali.

Tidak ada kata”terlambat”dan tidak ada “kehancuran”di dalam Tuhan.Reruntuhan sekalipun,Tuhan bisa bangun menjadi Istana Kemuliaan.
V.PENUTUP.
Marilah setiap kita berjalan bukan dengan kekuatan dan keperkasaan melainkan dalam Roh Allah.
(zakharia 4:6).Orang-orang yang berjalan dalam Roh Tuhan akan naik,makin lama,makin tinggi untuk melihat Kemuliaan Tuhan.
Doa:
Bapa,urapilah kami kerana dengan urapan itu membuat kami kuat,bangkit,bersemangat,sembuh dari segala penyakit,menghancurkan kuasa setan,menghancurkan kekerasan hati dan memulihkan segala sesuatunya
dalam kehidupan kami.Amin.~(Pendeta Gilbert Lumoindong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: