Wanita Sejati

Rawatlah Diri Anda
“Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri,tetapi mengasuhnya dan merawatinya,sama seperti Kristus terhadap jemaat.”-Efesus 5:29
Apakah Anda kurang merawat diri sendiri hanya karena beberapa alasan di bawah ini?

1.“Saya tidak punya waktu.”
2.“Saya tidak punya wang.”
3.“Saya terhimpit oleh segudang masalah.”
4.“Yang seperti itu,saya tidak suka.”
5.“Kalau saya hanya mengurus diri sendiri,bisa-bisa suami saya marah.”
6.“Saya tidak mau egois.”

Untuk mengatasi tuntutan-tuntutan yang menghadang Anda,Anda justru harus belajar untuk memelihara diri sendiri.Di pesawat udara para awak pesawat pertama-tama akan meminta para ibu untuk menngenakan topeng oksigennya dahulu-baru mengurus anak-anaknya.Jika Anda tidak menstabilkan diri sendiri lebih dahulu,Anda tidak akan sanggup menolong orang lain di sekitar Anda.

Merawat diri sendiri memang hal yang tidak lazim Anda lakukan,karena biasanya Anda merawat keluarga dahulu.Padahal itu adalah tentang belajar untuk merawat dan membugarkan diri Anda sendiri dengan cara yang tepat.Merawat diri adalah menghargai diri Anda sendiri sebagaimana yang dikehendaki oleh Tuhan.Perempuan dalam Amsal 31 ternyata memendam berbagai minat dan bakat dalam dirinya,sementara ia merawat keluarganya:Ia berbelanja,menjahit,menanamkan wangnya,memasak,bekerja untuk amal,mengelola sebuah usaha dan mengajar.Ia adalah seorang ibu,teman,pengusaha,isteri,pekerja amal,majikan,dan tokoh masyarakat.

Dan,dalam segala hal yang diperbuatnya,ia berbusanakan kekuatan martabat dan rasa percaya diri.

Mungkin Anda telah mengesampingkan kebutuhan Anda terlalu lama hingga Anda tidak tahu lagi apa sebenarnya yang menjadi minat Anda itu.Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri:
1.Apa sebenarnya yang ingin saya lakukan sebelum saya menikah?
2.Apa sebenarnya yang saya sesali karena saya tidak melakukannya?
3.Apa sebenarnya yang saya cemburui dari perempuan lain?
4.Hal-hal apa saja yang memotivasi dan menarik minat saya?
5.Seandainya saya biasa melakukan sesuatu,apakah itu?
6.Apa yang memotivasi saya untuk bertindak?
7.Apa yang membuat saya merasa santai
8.Apa yang tampaknya menyenangkan waktu saya melihat orang melakukannya?Jawapan-jawapan Anda mungkin akan memberi Anda beberapa ide yang akan membantu Anda untuk bersikap santai menumbuhkan bakat Anda,meningkatkan harga diri Anda dan merasa hidup Anda lebih baik.

Bukan Egois
Yesus ingin agar kita mengasihi sesama sebagaimana kita mengasihi diri sendiri (Matius 22:39).Ia memahami bahwa jika Anda tidak menghargai diri sendiri,maka Anda tidak dapat membantu sesama.Karena termotivasi oleh belas kasihan kepada mereka yang membutuhkan,Yesus merelakan diri-Nya,namun ada saat-saat di mana Ia akan mengasingkan diri untuk beristirahat,berdoa dan memulihkan diri-Nya sendiri (Matisu 14:13,23).Anda pun dapat belajar untuk melakukan hal yang sama.Semakin tertekan hidup Anda,semakin banyak pula pembinaan diri yang Anda butuhkan.

Mungkin suami Anda tidak suka jika anda mulai merawat diri sendiri.Para pencandu dan mereka yang tidak dapat memfungsikan dirinya adalah orang-orang yang hanya memusatkan perhatian pada diri sendiri,dan suami Anda akan menuduh Anda egois.Amsal 18:2 berkata kepada kita,”Orang bebal tidak suka kepada pengertian,hanya suka membeberkan isi hatinya.”Bisa saja Anda memperbolehkan suami Anda menumpahkan isi hatinya,namun jangan biarkan ia membujuk Anda agar tidak melakukan apa yang baik bagi diri Anda sendiri.Merawat diri akan membantu Anda menjadi orang yang lebih sehat-dan itu justru baik bagi pernikahan Anda,meskipun jika suami Anda merasa tidak nyaman. .~Karla Downing

Leave a Reply

