Ismael keledai liar

ISMAEL, Ibrani, ישמעאל -YISYMA’EL, ‘Allah kiranya mendengar’.

* Kejadian 16:11
16:11 LAI TB, Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.
KJV, And the angel of the LORD said unto her, Behold, thou art with child and shalt bear a son, and shalt call his name Ishmael; because the LORD hath heard thy affliction.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר לָהּ מַלְאַךְ יְהוָה הִנָּךְ הָרָה וְיֹלַדְתְּ בֵּן וְקָרָאת שְׁמֹו יִשְׁמָעֵאל כִּי־שָׁמַע יְהוָה אֶל־עָנְיֵךְ׃
Translit, VAYOMER LAH MALAKH YEHOVAH HINAKH HARAH VEYOLADTE BEN VEKARAT SYEMO YISYMA’EL KI-SYAMA YEHOVAH ‘EL-‘ANYEKH

16:12 LAI TB, Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”
KJV, And he will be a wild man; his hand will be against every man, and every man’s hand against him; and he shall dwell in the presence of all his brethren.
Hebrew,
וְהוּא יִהְיֶה פֶּרֶא אָדָם יָדֹו בַכֹּל וְיַד כֹּל בֹּו וְעַל־פְּנֵי כָל־אֶחָיו יִשְׁכֹּן׃
Translit, VEHU YIHYEH PERE ‘ADAM YADO VAKOL VEYAD KOL BO VE’AL-PENEY KHOL-‘EKHAV YISYKON

1. Ismael bin Abraham

Anak Abraham dari Hagar, hamba perempuan Sarai, perempuan Mesir. Setelah Sarai menyadari dirinya mandul. dia memberikan Bagar, budak perempuan ini kepada Abraham untuk memperoleh anak bagi dia dari Hagar (Kejadian 16:2). Contoh adat istiadat purba ini telah ditemukan dalam tablet-tablet Nuzi (JP Pritchard, The Ancient Near Eastern Text, 1950 hlm 220).

Setelah Hagar mengandung oleh Abraham. Hagar mulai memandang rendah Sarai (Kejadian 16:4). Sarai mengusirnya kemudian dari rumah dengan izin Abraham kendati enggan (Kejadian 16:5). Dalam perjalanan ke Mesir. Hagar dijumpai oleh malaikat YHVH yang menyuruhnya kembali dan menyerah kepada Santi. Malaikat juga menjanjikan keturunan yang berlipatganda melalui anaknya, lsmael, yang akan menjadi ‘seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar’ (Kejadian 10:12: bandingkan Ayub 39:5-8). Ismael lahir setelah Abraham berusia 86 thn. yakni 11 tahun sesudah sampai di Kanaan (Kejadian 16:15, 16: bandingkan 12:4).

Pada usia 13 tahun Ismael disunat bersama bapaknya menuruti perintah Allah (Kejadian 17:25.26). Pada hari yang sama, Allah menjanjikan pula kepada Abraham seorang anak dari Sarai yang nantinya dinamai Ishak. Bahwa Abraham telah lama memusatkan pengharapannya pada Ismael, terungkap dari seruannya. ‘Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu” (Kejadian 17:28) Maka Allah meyakinkan Abraham bahwa Ismael akan memperanakkan 12 raja dan akan menjadi bangsa yg besar (Kejadian 17 :20: bandingkan 16:11, 25:13-16).

Setelah Ismael berusia ± 16 tahun, suatu perayaan besar diadakan pada hari Ishak, bayi itu. disapih (Kejadian 21:8). Ismael ‘menertawakannya’ LAI, ‘sedang main’ (Kejadian 21 :9), hal ini dimaknai oleh para ahli kitab sebagai hal yang negatif, menertawai/ mengganggu:

* Kejadian 21:8-9
21:8 LAI TB, Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu.

21:9 LAI TB, Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.
KJV, And Sarah saw the son of Hagar the Egyptian, which she had born unto Abraham, mocking.
Hebrew,
וַתֵּרֶא שָׂרָה אֶת־בֶּן־הָגָר הַמִּצְרִית אֲשֶׁר־יָלְדָה לְאַבְרָהָם מְצַחֵק׃
Translit interlinear, VATERE {dan dia melihat} SARAH {sarah} ‘ET-BEN-HAGAR {anak laki2 dari hagar } HAMITSRIT {perempuan mesir itu} ‘ASYER {yang} -YALDA {dia telah melahirkan} LE’AVRAHAM {bagi abraham} METSAKHEQ {menertawai/ mengganggu}

21:10 , Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

Perjanjian Baru (PB) juga memaknai ayat dalam Kejadian 21:9 bahwa Ismael melampiaskan kecemburuannya dengan ‘menghina’ Ishak (Galatia 4:29 bandingkan Roma 9:7-9).

* Galatia 4:28
4:28 LAI TB, Dan kamu, saudara-saudara, kamu sama seperti Ishak adalah anak-anak janji.

4:29 LAI TB, Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging (Ismael, red), menganiaya yang diperanakkan menurut Roh, demikian juga sekarang ini.
KJV, But as then he that was born after the flesh persecuted him that was born after the Spirit, even so it is now.
TR, αλλ ωσπερ τοτε ο κατα σαρκα γεννηθεις εδιωκεν τον κατα πνευμα ουτως και νυν
Translit, all {tetapi} hôsper {sama seperti} tote {waktu itu} ho {yang} kata {menurut} sarka {daging} gennêtheis {yang dilahirkan} ediôken {dia menganiaya} ton {yang (dilahirkan)} kata {menurut} pneuma {Roh} houtôs {demikian} kai {juga} nun {sekarang}

Rasul Paulus menggunakan kata kerja ‘menganiaya’ (εδιωκεν – ediôken, bentuk imperfect active indicative – third person singular dari kata διωκω – diôkô) untuk menggambarkan perbuatan ini dan menyusun atasnya suatu alegori yang luas mengenai perlawanan para pemuka agama yang legalistis terhadap orang ‘yang lahir dari Roh’ (Galatia 4:21-31).

Sarai menuntut agar keduanya, Ismael dan Hagar, diusir dari rumah dan Abraham memberikan izin, tapi hanya sesudah Tuhan mengungkapkan kepadanya bahwa ‘yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak’ (Kejadian 21: 12).

Hagar dan Ismael hampir mati kehausan di padang gurun Bersyeba. sampai malaikat YHVH menunjukkan kepada Hagar sebuah sumur sebagai jawaban atas ratapan Ismael. Ismael menjadi seorang pemanah. mengawini seorang wanita Mesir dan memperanakkan 12 orang raja (25: 12-16). Esau mengawini seorang dari putrinya (21:9: 36:3. 10). Ismael menemani Ishak waktu penguburan ayah mereka dan meninggal pada usia 137 thn (Kejadian25:9. 17).

2. Serorang keturunan Saul dan Yonatan, anak dari Azel (I Tawarikh 8:38 bandingkan 9:44).

3. Seorang dari Yehuda. bapak dari Zebaya. seorang pemuka di bawah raja Yosafat (2 Tawarikh 19:11)

4. Anak dari Yohanan, salah seorang kepala pasukan 100. ikut dalam komplotan menentang Atalya (2 Tawarikh 23:1).

5. Seorang anak dari bani Pasyhur. imam itu. Ia termasuk suami yang dipaksa Ezra mengusir istri perempuan asing mereka (Ezra 10:22).

6. Anak dari Netanya bin Elisama dari keturunan raja Yehuda yang membunuh Gedalva 2 bulan sesudah keruntuhan Y erusalem pada thn 586 sM. Sewaktu Gedalya diangkat oleh Nehukadnezar menjadi gubernur Yehuda, banyak orang Yehuda bergabung kepadanya di Mizpa mencari keselamatan. Tapi di antara mereka ada Ismael, yang cemburu terhadap Gedalya dan bersedia dibayar oleh Baalis, raja dari Amon, berkomplot membunuh gubernur. Meskipun diperingatkan beberapa kali oleh Yohanan, Gedalya tetap percaya kepada Ismael. Gedalya mengundang Ismael dan 10 orang pengikutnya menghadiri jamuan besar. Isrnael dan pengikutnya menggunakan kesempatan ini membunuh Gedalya dan orang Yehuda lainnya di Mizpa, Dua hari kemudian mereka membunuh serombongan musafir Yehuda dan berangkat menuju Arnon dengan membawa banyak sandera. termasuk Yeremia dan anak-anak perempuan raja. Mereka dikejar oleh Yohanan dan kepala-kepala pasukan lainnya dan dilumpuhkan di Gibeon. Semua sandera diselamatkan, tapi Ismael dan seorang pengikutnya berhasil lolos. lari ke Aman (2 Raja 25:25: Yeremia 40:7- 41:18).

Kepustakaan :
H.C Leupold, Expositian of Genesis. 1942:
CF Keil, Biblical Commentary on the Old Testament, I. [i]The Pentateuch, 1949:
JJ Davis, Paradise 10 Prison, 1975:
Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Vol 1, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1994, hlm 446-447

Top

BP Post subject: Re: ISMAEL – KELEDAI LIARPosted: Thu Jan 17, 2008 6:15 pm

Merdeka dlm Kristus

Joined: Fri Jun 09, 2006 5:20 pm
Posts: 6974 ISMAEL – KELEDAI LIAR

Bagaimana dengan sebutan “Keledai Liar” bagi Ismael? Sekian lama kalangan kristiani (termasuk saya) menganggap sebutan itu adalah sebutan yang “kurang baik”, tetapi perlu kita pahami bahwa di dalam Alkitab, binatang ‘keledai’ bukan binatang yang direndahkan (Reff : suku-isakhar-vt264.html#p1592 ). “Keledai Liar” adalah gelar berkat yang bermakna positif.

Mari kita pelajari makna sebutan “KELEDAI LIAR” bagi ISMAEL :

* Kejadian 16:12
LAI TB, Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.
Jewish Publication Society Tanakh,
And he shall be a wild ass of a man: his hand shall be against every man, and every man’s hand against him; and he shall dwell in the face of all his brethren.’
KJV, And he will be a wild man; his hand will be against every man, and every man’s hand against him; and he shall dwell in the presence of all his brethren.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
וְהוּא יִהְיֶה פֶּרֶא אָדָם יָדֹו בַכֹּל וְיַד כֹּל בֹּו וְעַל־פְּנֵי כָל־אֶחָיו יִשְׁכֹּן׃
Translit : VEHU {dan ia} YIHYEH {ia akan menajdi} PERE’ (פרא) {keledai liar} ‘ADAM (אדם) {manusia} YADO {tangannya} VAKOL {pada semuanya, semua orang} VEYAD {dan tangan} KOL {semuanya, semua orang} BO {apdanya} VE’AL-PENEY {dan atas wajah, kehadiran} KHOL-‘EKHAV {seluruh saudaranya} YISYKON {ia akan tinggal}

Kita bandingkan dengan :

* Ayub 6:5, 11:12, 24:5
6:5 LAI TB, Meringkikkah keledai liar (PERE’) di tempat rumput muda, atau melenguhkah lembu dekat makanannya?
KJV, Doth the wild ass bray when he hath grass? or loweth the ox over his fodder?
Hebrew,
הֲיִנְהַק־פֶּרֶא עֲלֵי־דֶשֶׁא אִם יִגְעֶהשֹּׁ־ור עַל־בְּלִילֹו׃
Translit, HAYINHAQ-PERE’ ‘ALEY-DESYE’ ‘IM YIG’EH-SYOR ‘AL-BELILO

11:12 LAI TB, Jikalau orang dungu dapat mengerti, maka anak keledai liar (PERE’) pun dapat lahir sebagai manusia.
KJV, For vain men would be wise, though man be born like a wild ass’s colt.
Hebrew,
וְאִישׁ נָבוּב יִלָּבֵב וְעַיִר פֶּרֶא אָדָם יִוָּלֵד׃
Translit, VE’ISY NAVUV YILAVEV VE’AYIR PERE’ ‘ADAM YIVALED

24:5 LAI TB, Sesungguhnya, seperti keledai liar (PERE’) di padang gurun mereka keluar untuk bekerja mencari apa-apa di padang belantara sebagai makanan bagi anak-anak mereka.
KJV, Behold, as wild asses in the desert, go they forth to their work; rising betimes for a prey: the wilderness yieldeth food for them and for their children.
Hebrew,
הֵן פְּרָאִים ׀ בַּמִּדְבָּר יָצְאוּ בְּפָעֳלָם מְשַׁחֲרֵי לַטָּרֶף עֲרָבָה לֹו לֶחֶם לַנְּעָרִים׃
Translit, HEN PERA’IM BAMIDBAR YATSE’U BEFO’OLAM MESYAKHAREY LATAREF ‘ARAVAH LO LEKHEM LANE’ARIM

Kata Ibrani ‘פרא – PERE’ jika berdiri sendiri memang dapat bermakna “keledai liar” seperti dalam Ayub 39:5-8, hal ini didukung oleh amanat ayat-ayat itu.

* Ayub 39:5-8
39:8 LAI TB, Siapakah yang mengumbar keledai liar, atau siapakah yang membuka tali tambatan keledai jalang?
Jewish Publication Society Tanakh, Who hath sent out the wild ass free? Or who hath loosed the bands of the wild ass?
39:5 KJV, Who hath sent out the wild ass free? or who hath loosed the bands of the wild ass?
Hebrew,
מִי־שִׁלַּח פֶּרֶא חָפְשִׁי וּמֹסְרֹות עָרֹוד מִי פִתֵּחַ׃
Translit, MI-SYILAKH PERE’ (פרא) KHAFSYI UMOSROT ‘AROD MI FITEAKH
[/COLOR]39:9 Kepadanya telah Kuberikan tanah dataran sebagai tempat kediamannya dan padang masin sebagai tempat tinggalnya.
39:10 Ia menertawakan keramaian kota, tidak mendengarkan teriak si penggiring;
39:11 ia menjelajah gunung-gunung padang rumputnya, dan mencari apa saja yang hijau.

Jenis keledai “PERE'” ini kini dikenal sebagai keledai hutan (‘Equus onager’) dan masih dapat ditemukan di bagian-bagian Asia Barat dan Tengah.
Maka kata ‘פרא – PERE’ mungkin lebih baik diterjemahkan dengan ‘keledai hutan’. karena kata ‘liar’ dalam bahasa Indonesia mempunyai konotasi yang kurang baik

Gambar : Equus onager

Kejadian 16:12 di atas menulis פרא אדם ; PERE ADAM bermakna manusia yang bebas mengembara dan berburu di padang pasir. Dalam budaya Yahudi, hal tersebut merupakan pujian atas sifat tangguh (bandingkan gelar bagi salah satu leluhur suku Israel yaitu ISAKHAR).

Kejadian 16:12b bahwa Ismael “akan menentang semua saudaranya” bukanlah dimaksud menentang Israel, karena Israel bukanlah saudara Ismael. Ismael dan Ishak memang bersaudara karena berasal dari ayah yang sama, dan memang ada suatu saat Ismael ‘mengganggu’ Ishak sebagaimana tercatat dalam Kejadian 21:8-10 yang mengakibatkan Ismael dan Hagar diusir dari rumah Abraham.

Ungkapan “saudara” di sana berarti sesama keturunan Ismael, sama halnya dengan ungkapan “saudara Israel” adalah suku-suku bani Israel.

Misalnya, Musa mengatakan “…dari antara saudara-saudaramu” (Ulangan 18:15) di hadapan bangsa Israel, maksudnya dari antara saudara-saudara bani Israel yang terdiri dari 12 suku. Jika seandainya orang Israel mengatakan “saudara Lewi” maksudnya “saudara dari suku Lewi”.

Keturunan Ishak bukan hanya bangsa Yahudi, tetapi ada bangsa lain yaitu bangsa Edom.
Ishak mempunyai dua orang anak, Yakub (Israel) dan Esau. Kedudukan Israel terhadap Ismael adalah keponakan dan paman, bukan kakak-adik.

Kedudukan Ismael ini dalam Alkitab penting untuk disampaikan karena ada kesalah-pahaman dari antara agama-agama Semitik tentang gelar “Keledai Liar”. Bagaimanapun Ismael adalah putera Abraham dan mendapat berkat Abraham pula, termasuk keturunannya.
Alkitab dengan jelas menulis meskipun Abraham mempunyai banyak putra lain, namun hanya Ismael dan Ishak yang mendapat keistimewaan sebagai sebutan putra:

* 1 Tawarikh 1:28
LAI TB, Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael.
Jewish Publication Society Tanakh, The sons of Abraham: Isaac, and Ishmael.
Hebrew,
בְּנֵי אַבְרָהָם יִצְחָק וְיִשְׁמָעֵאל׃ ס
Translit : BENEY ‘AVRAHAM YITSKHAQ VEYISYMA’EL

Meski ada banyak yang menafsirkan Ishak dan Ismael kemudian menjadi seteru. Anggapan itu tidak benar, sebab kedua saudara itu sama-sama memakamkan ayah mereka (lihat Kejadian 25:9). Dalam budaya Yahudi itu merupakan tanda keakraban saudara sedarah.

* Kejadian 25:7-10
25:7 Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun,
25:8 lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.
25:9 Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre,
25:10 yang telah dibeli Abraham dari bani Het; di sanalah terkubur Abraham dan Sara isterinya.

Keturunan Ismael dan Ishak tidak berseteru. Sebagai bukti, seorang keturunan Ismail menjadi panglima pasukan Daud :

* 2 Samuel 17:24-25
17:24 Maka sampailah Daud ke Mahanaim, ketika Absalom menyeberangi sungai Yordan dengan seluruh orang Israel yang menyertainya.
17:25 Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Ismael yang telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.

Seorang lagi menjadi kepala pengawas unta-unta keluarga raja Daud :

* 1 Tawarikh 27:30
Yang mengawasi unta-unta ialah Obil, orang Ismael; yang mengawasi keledai-keledai betina ialah Yehdeya, orang Meronot.

Sejarah Yahudi menunjukkan bahwa keturunan Ismail pada umumnya diterima baik sebagai bagian anak bangsa, namun ada saja orang berprasangka.
Kitab Kejadian secara eksplisit menghargai Ismael dalam sejarah Yahudi, dengan mencatat bahwa Ismael disunat bersamaan dengan Abraham (lihat Kejadian 17:26). Alkitab juga mencatat bahwa janji berkat Allah berlaku atas Ismail (lihat Kejadian 21:3) lalu menyimpulkan pasal itu dengan ungkapan “Allah menyertai anak ini” (Kejadian 21:20).

Orang kalangan kita umumnya menghindari menamakan anak laki-laki baru lahir dengan nama Ismael, hal ini terkait dengan pengertian yang kurang benar diatas. Padahal nama Ismael (Ibrani, ישמעאל – YISYMA’EL) mempunyai arti yang bagus, artinya “God will hear” (Kejadian 16:11). Dan bisa kita temukan di Indonesia ini ada seorang hamba Tuhan yang cukup dikenal namanya Andar Ismael.

Selanjutnya Alkitab mencatat setidaknya ada Ada enam orang tokoh yang menggunakan nama “ISMAEL” :

[1] Putra Abraham dan Hagar

* Kejadian 16:11
“Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: ‘Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.'”

[2] Putra Netanya, pembunuh Gedalya

* 2 Raja-raja 25:23
“Ketika semua panglima tentara dengan orang-orangnya mendengar bahwa raja Babel telah mengangkat Gedalya, maka pergilah mereka kepada Gedalya, ke Mizpa, yaitu Ismael bin Netanya, Yohanan bin Kareah, Seraya bin Tanhumet, orang Netofa itu, dan Yaazanya, anak seorang Maakha, bersama dengan anak buahnya.”

[3] Seorang suku Benyamin, salah satu putra Azel, keturunan Saul melalui Meribaal.

* 1 Tawarikh 8:38
“Azel mempunyai enam orang anak, dan inilah nama-nama mereka: Azrikam, Bokhru, Ismael, Searya, Obaja dan Hanan. Itulah sekaliannya anak-anak Azel.”

[4] Seorang suku Yehuda, ayah Zebaja

* 2 Tawarikh 19:11
“Dengan ini imam kepala Amarya diangkat sebagai ketuamu dalam segala perkara ketuhanan dan Zebaja bin Ismael, pemuka kaum Yehuda, dalam segala perkara kerajaan, sedang orang Lewi akan melayani kamu sebagai pengatur. Bertindaklah dengan tegas! Kiranya TUHAN menyertai orang yang tulus ikhlas.”

[5] Seorang suku Yehuda, putra Yohanan, kepala pasukan Yoyada

* 2 Tawarikh 23:1
“Tetapi dalam tahun ketujuh Yoyada memberanikan diri dan ia mengadakan persepakatan dengan para kepala pasukan seratus, yakni: Azarya bin Yeroham, Ismael bin Yohanan, Azarya bin Obed. Maaseya bin Adaya, dan Elisafat bin Zikhri.”

[6] Salah seorang imam dari keluarga Pasyur

* Ezra 10:22
“dan dari bani Pasyhur: Elyoenai, Maaseya, Ismael, Netaneel, Yozabad dan Elasa.”

Demikian, semoga bermanfaat.

Note :
Selengkapnya keterangan mengenai KELEDAI ini, silahkan baca di suku-isakhar-vt264.html#p1592

ISAKHAR, KELEDAI di suku-isakhar-vt264.html#p558

Top

lea Post subject: Re: ISMAEL – KELEDAI LIARPosted: Wed Jan 23, 2008 3:09 pm

Joined: Fri Nov 30, 2007 11:52 am
Posts: 2 Dear BP,
Terimakasih atas masukannya selama ini.
Untuk sejarah Ismael, terus terang saya buta, jadi saya ketahui hanya dari konon dan katanya.
Ini karena Perjanjian Lama yang saya baca hanya mencakup sejarah Israel.
Tapi pernah ada yang bilang, katanya sebenarnya Ismael sama sekali bukan nenek moyang agama Islam, dan pendiri agama Islam pun sebenarnya bukan keturunan Ismael.
Berarti selama ini, kalau pendeta bilang bahwa penganut Islam adalah “saudara sepupu” kristen, sebenarnya kurang tepat, ya??
Mohon pencerahan…

Top

BP Post subject: Re: ISMAEL – KELEDAI LIARPosted: Fri Jan 25, 2008 6:35 pm

Merdeka dlm Kristus

Joined: Fri Jun 09, 2006 5:20 pm
Posts: 6974 Memang tidak ada sumber yang sah yang dapat dijadikan acuan untuk silsilahnya, misalnya yang tertulis jelas dalam Kitab Suci mereka. Tetapi Umat Muslim yakin kalau Muhammad adalah keturunan Ibrahim dari garis Ismael, dan banyak dari kita umat Kristiani yang “ber-asumsi” demikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: