TanggungJawab Orang Tua


Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman. 1Timotius 5:8

Wanita,….tanggung jawab apa yang dimiliki oleh orang tua dalam merencanakan besar kecilnya keluarga mereka? Apakah mereka seharusnya Mempunyai anak sebanyak mungkin menurut kekuatan tubuh mereka? Dalam beberapa masyarakat tradisional, tiap keluarga ingin Mempunyai anak sebanyak mungkin.

Anak-anak adalah merupakan kebanggaan keluarga; mereka diperlukan sebagai para pekerja. Banyak anak yang meninggal sebelum dewasa. Banyak faktor di Indonesia sekarang sehingga diadakan pelajaran yang sungguh-sungguh mengenai keluarga berencana. Hal ini termasuk pengertian perlunya biaya yang tinggi untuk membesarkan anak- anak, dan juga tentang pendapatan keluarga. Angka kelahiran yang tinggi telah menambah masalah Indonesia dengan kelaparan, kekurangan gizi, terbatasnya sekolah dan pengobatan.

Alkitab memerintahkan untuk bertanggung jawab dalam merencanakan keluarga yang baik. “Tetapi jika ada orang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.” 1Timotius 5:8.

Orang tua Kristen perlu berdoa untuk mempertimbangkan jumlah anak yang bisa mereka asuh. Menjadi orang tua adalah suatu tanggung jawab yang besar. Anda melecehkan kesempatan dan kepercayaan itu jika anda menjalaninya dengan ceroboh, jika anda menjalankannya dengan cara dimana anda hanya membuat anak-anak merana, lapar, berpakaian yang tidak layak, tidak berpendidikan, dan merasa rendah diri di masyarakat.

Hal utama yang harus diketahui orang tua sekarang ini adalah berapa jumlah anak yang bisa diasuh dengan layak sehingga nantinya menjadi pribadi yang sehat, bahagia, berkembang dengan baik, dan bisa menjadi bagian yang baik dari masyarakat dan bangsa.

Sobat Wanita,…..jika anda sudah menikah,…apakah anda dan suami telah membuat suatu program perencanaan untuk masa depan keluarga dan anak-anak anda,…? Lakukanlah,….agar anak-anak kita dapat berkembang dengan baik dan maksimal. Sesibuk-sibuknya orang tua, berikan waktu anda yang cukup buat mereka, mereka tidak cukup di bekali oleh uang, tetapi mereka butuh perlindungan, bekal nasehat dan kasih sayang untuk mejadi anak-anak yang berhasil di kemudian hari. Karena itulah tanggung jawab yang terpenting bagi para orang tua.

“Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya,sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya?Sekalipun dia melupakannya,Aku tidak akan melupakan engkau.Lihat,Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku;tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku”(Yesaya 49:15,16)

MULAILAH MEMBUAT SUATU PROGRAM UNTUK MELAKUKAN TUGAS TANGGUNG JAWABMU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: