Mencari Isteri

Dalam Alkitab ada diceritakan kisah cinta yang luar biasa mengenai seorang raja yang paling kaya,dan paling pinter diantara raja-raja Israel yang telah jatuh cinta kepada gadis petani sederhana di sebuah desa terpencil.
Ini kita dapat baca dalam buku Kidung Agung.

Kidung 1:5-Memang hitam aku, tetapi cantik, hai puteri-puteri Yerusalem, seperti kemah orang Kedar, seperti tirai-tirai orang Salma.1:6 Janganlah kamu perhatikan bahwa aku hitam, karena terik matahari membakar aku. Putera-putera ibuku marah kepadaku,aku dijadikan mereka penjaga kebun-kebun anggur;kebun anggurku sendiri tak kujaga.

Menurut banyak pakar Alkitab,Kidung Agung ini mengisahkan suatu pengalaman Raja itu banyak gadis-gadis di Yerusalem yang rebutan ingin menjadi isterinya.Tapi dia ingin mencari seorang yang mencintai dia dengan setulus hatinya dan bukan hanya kekayaan atau prestasinya sebagai raja terkaya dan terpandai dari Israel.

Sebab itu dia menyamar menjadi seorang gembala domba yang sederhana dan pergi ke desa Sunam yang terpencil dan mencari seorang gadis yang telah menarik perhatiannya.Selanjutnya kita membaca bagaimana pertemuan ini kemudian menjalin keduanya dalam ikatan kasih sayang yang mengagumkan.

Kidung 1:7Ceriterakanlah kepadaku, jantung hatiku, di mana kakanda menggembalakan domba, di mana kakanda membiarkan domba-domba berbaring pada petang hari. Karena mengapa aku akan jadi serupa pengembara dekat kawanan-kawanan domba teman-temanmu?1:8–Jika engkau tak tahu, hai jelita di antara wanita, ikutilah jejak-jejak domba, dan gembalakanlah anak-anak kambingmu dekat perkemahan para gembala.

Dalam ayat-ayat berikutnya diceritakan bagaimana Salomo kembali ke kampung Sunam itu untuk menjemput idaman hatinya, sang gadis Sunam yang lugu, sederhana dan rendah, tapi hatinya terpaut sepenuhnya kepada Salomo.

3:6 Apakah itu yang membubung dari padang gurun seperti gumpalan-gumpalan asap tersaput dengan harum mur dan kemenyan dan bau segala macam serbuk wangi dari pedagang?3:7Lihat, itulah joli Salomo, dikelilingi oleh enam puluh pahlawan dari antara pahlawan-pahlawan Israel.3:8Semua membawa pedang, terlatih dalam perang, masing-masing dengan pedang pada pinggang karena kedahsyatan malam.3:9Raja Salomo membuat bagi dirinya suatu tandu dari kayu Libanon. 3:10 Tiang-tiangnya dibuatnya dari perak, sandarannya dari emas, tempat duduknya berwarna ungu, bagian dalamnya dihiasi dengan kayu arang. Hai puteri-puteri Yerusalem,3:11puteri-puteri Sion, keluarlah dan tengoklah raja Salomo dengan mahkota yang dikenakan kepadanya oleh ibunya pada hari pernikahannya, pada hari kesukaan 3:6Apakah itu yang membubung dari padang gurun seperti gumpalan-gumpalan asap tersaput dengan harum mur dan kemenyan dan bau segala macam serbuk wangi dari pedagang?3:7Lihat, itulah joli Salomo, dikelilingi oleh enam puluh pahlawan dari antara pahlawan-pahlawan Israel.3:8Semua membawa pedang, terlatih dalam perang, masing-masing dengan pedang pada pinggang karena kedahsyatan malam.

3:9Raja Salomo membuat bagi dirinya suatu tandu dari kayu Libanon.3:10Tiang-tiangnya dibuatnya dari perak, sandarannya dari emas, tempat duduknya berwarna ungu,bagian dalamnya dihiasi dengan kayu arang. Hai puteri-puteri Yerusalem,3:11puteri-puteri Sion, keluarlah dan tengoklah raja Salomo dengan mahkota yang dikenakan kepadanya oleh ibunya pada hari pernikahannya, pada hari kesukaan hatinya.Kidung 1:4Tariklah aku di belakangmu, marilah kita cepat-cepat pergi! Sang raja telah membawa aku ke dalam maligai-maligainya. Kami akan bersorak-sorai dan bergembira karena engkau, kami akan memuji cintamu lebih dari pada anggur!Layaklah mereka cinta kepadamu!

2:1 Bunga mawar dari Saron aku, bunga bakung di lembah-lembah.2:2–Seperti bunga bakung di antara duri-duri, demikianlah manisku di antara gadis-gadis.2:3–Seperti pohon apel di antara pohon-pohon di hutan, demikianlah kekasihku di antara teruna-teruna.Di bawah naungannya aku ingin duduk, buahnya manis bagi langit-langitku.2:4Telah dibawanya aku ke rumah pesta,dan panjinya di atasku adalah cinta.

6:8Permaisuri ada enam puluh, selir delapan puluh, dan dara-dara tak terbilang banyaknya.6:9Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya.Ini sebenarnya adalah sebuah perumpamaan atau alegori tentang pernikahan dari Raja Semesta Alam yang lebih besar dari Salomo.Yesus Kristus Raja Diraja yang telah jatuh cinta kepada kita sekelompok manusia yang dianggap rendah dan hina serta bodoh dimata orang dunia.Tapi justru kitalah yang dipilih oleh Raja Salam itu untuk menjadi permaisuriNya.
Dalam buku Yehezkiel 48:35 tertulis:

Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU.“
Kalau kita perhatikan ini adalah sama dengan deskripsi tentang kota Yerusalem Baru yang ada dalam Wahyu 21, hanya bedanya disana dicatat kelilingnya adalah dua belas ribu stadia (furlong) yang artinya 200 meter.Jadi seharusnya keliling kota itu adalah 2400 km atau adalah 600 km tiap sisinya.Marilah kita serahkan segenap hati kita sepenuhnya kepadaNya.Ingat setan akan berusaha mengikat kita kepada dunia ini.Dia tawarkan itu kepada Yesus sendiri 2000 tahun yang lalu.

Dan ini juga akan terjadi kepada umat Tuhan pada akhir zaman.Dia akan menjerat dan mengikat hati kita dengan tawaran harta dunia.Jangan biarkan dia melakukan itu.Yesus mau kita mencintai Dia dengan sepenuh daya, dana dan benak atau hati kita.Dia sedang memanggil kita dan mataNya sedang mencari kesana kemari diatas bumi terhadap orang-orang yang layak untuk dijadikan waris kerajaanNya dan saluran kuasaNya yang mengherankan.Tuhan kiranya membuka mata rohani kita sekalian supaya tidak dibutakan oleh kilauan dari emas dan perak serta harta benda lainnya di dunia ini._Pdt S.Lee

Saya begitu tertarik dengan cerita ini memberi ilustrasi tepat tentang penjelmaan Allah sebagai manusia dalam peribadi Kristus Yesus.Dia meninggalkan kemuliaanNya di sorga dan menjadi sama dengan manusia.Dia telah merasakan segala kesusahan kita…oleh kerana penderitaanNya kita diselamatkan.Hanya orang yang cinta Yesus sungguh-sungguh mencintai Allah.Bayangkan seorang lelaki seperti cerita ini untuk mengetahui orang yang tulus mencintainya harus turun takhta…dan menyamar.~RibkaChrist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: