YES 21:16….SEMUA KEMULIAAN KEDAR AKAN HABIS.

YS89-90 Yesaya 21:11-17 Turunan Abraham di Luar Perjanjian Ishak (31 Ags & 7 Sep 2011)

Dalam ayat2 ini kita mendapat beberapa nama yaitu Duma, Seir, Arabia, Dedan, Tema dan Kedar. Semua adalah cucu-cucu Abraham, yaitu:

Dari Ishak: Edom = Seir Kej 36:8,20, Ul 2:5.

Dari Ismail: Kedar (anak kedua), Duma (anak ke-6) dan Tema (anak ke-9), Arabia (disebut bersama-sama Duma) Kej 35:13-15, 1Taw 1:30.

Dari Yoksan (anak Ketura, sesudah Sarah mati): Dedan Kej 25:1-6, 1Taw 1:32.

(Adalagi Dedan, cucu Ham anak Nuh Kej 10:7, 1Taw 1:8- 9. Dedan ini namanya sama dengan anak Yoksan).

Jadi dalam ayat-ayat ini kita melihat beban Firman Tuhan untuk keturunan cucu-cucu Abraham yang bukan dari putra perjanjian. (Sebetulnya Esau adalah dari Ishak, putra perjanjian, tetapi sayang, ia keluar dari rencana Allah sebab suka berburu bergaul dan kawin dengan orang Kanaan, menghinakan hak sulung yang diberikan Tuhan baginya, sehingga sekalipun tergolong dari putra perjanjian tetapi keluar dari rencana dan kemuliaan Tuhan!).

Jadi turunan Abraham ada yang lewat putra perjanjian yaitu Ishak, keluar Israel dan Putra manusia Yesus, dan ada yang dari bukan putra-putra perjanjian.

A. SECARA LAHIRIAH.

Begitu banyak yang diceritakan oleh kitab-kitab nabi Yesaya, Yeremia, Yehezkiel dll tentang bangsa-bangsa kafir diluar Abraham dan turunan Abraham tetapi keturunan dari bukan putra perjanjian. Dalam 3/4 pertama Wasiat Lama tidak pernah bangsa-bangsa kafir ini menjadi pokok pembicaraan, selalu hanya Israel sampai kita hafal tokoh-tokohnya dari Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Musa, Yusak, Kaleb, Hakim-hakim, Saul, Daud dst. Kalau orang-orang kafir ini disebut hanya untuk pelengkap cerita bukan sebagai pokok pembicaraan, sehingga kita mengenal umat Tuhan hanya Israel dan yang lain adalah bangsakafir, yang seolah-olah tidak ada kena mengena dengan Allah. Tetapi sebaliknya dalam kitab nabi-nabi, seolah-olah dunia terbalik. Justru sekarang bangsa-bangsa kafir dan turunan Abraham dari bukan putra perjanjian, ini yang dominan menjadi pokok pembicaraan.

Mengapa? Aneh?

Allah itu adil dan Allah itu kasih, Ia tidak ingin seorangpun binasa, Yoh 3:16.

Juga Allah tahu lebih dahulu. Sebelum dunia ini diciptakan, Ia sudah mengenal semua orang yang akan dilahirkan ke dalam dunia “di dalam Kristus” Ef 1:4, istimewa mereka yang akan percaya pada Tuhan Yesus Kristus. Allah tahu lebih dahulu dan Dia mengatur urut-urutan kelahiran manusia ke dalam dunia. Semua orang yang bakal tidak mau percaya dilahirkan dalam bangsa-bangsa kafir sebelum Israel jatuh. Misalnya semua yang dilahirkan dalam Yericho adalah orang-orang yang akan tetap tidak percaya pada Tuhan kecuali keluarga Rahab. (Roh-roh yang dilahirkan ke dalam dunia, mereka tidak mengerti apakah ia akan dilahirkan ke dalam keluarga orang hitam atau dalam keluarga orang putih, tahu-tahu sudah lahir dan menjadi orang itu. Bentuk dan warna tubuh hanyalah pakaian luar sementara).

Sesudah Israel jatuh, Allah menurunkan ke dunia orang-orang yang percaya di dalam orang kafir, sehingga tampak bermunculan orang kafir yang percaya pada Tuhan dan bertobat. Inilah orang-orang kafir yang dahulu bukan umat dan sekarang menjadi umat, lalu lahirlah Gereja. Semua yang dilahirkan itu, datang tepat pada saatnya dan Allah mempunyai maksud yang baik dan indah asal orang-orang itu mau percaya dan taat kepadaNya. (Allah tidak pernah mempunyai maksud jahat, tidak pernah merencanakan menciptakan manusia semata-mata untuk dihukum dan disiksa). Sebab itu jangan heran dalam buku nabi-nabi ini pokok pembicaraannya sekarang adalah orang-orang kafir, yang jahat dihukum, yang mau percaya diberkati dan menjadi umat Allah yang mulia, seperti juga orang Israel dahulu.

Sesudah zaman orang kafir selesai, genap, baru Israel kembali direstorir, kembali ada kerajaan Israel yang jaya Rom 11:25. Sebab itu jangan heran kalau muncul bangsa-bangsa kafir sebagai pokok utama dalam kita nabi-nabi Allah ini.

Begitu juga orang-orang yang sekarang ada diakhir zaman ini, itu juga tidak dilahirkan kebetulan pada saat ini, tetapi Allah yang tahu lebih dahulu sudah mengatur bahwa orang-orang yang diturunkan atau dilahirkan pada akhir zaman adalah orang-orang yang akan masuk dalam rencana penamatan Allah, yaitu penyempurnaan yang terindah.

Sebab itu jangan hidup sembarangan, sebab Tuhan mempunyai rencana yang indah bagi kita yang sudah percaya Tuhan di akhir zaman ini, Allah yang tahu lebih dahulu sudah mencari orang-orang yang akan bisa menjadi sempurna dan yang bisa masuk dalam rencana penyepurnaan Allah. Sebab itu jangan hidup sembarangan, tetapi sungguh-sungguh mencari Tuhan, percaya dan taat baik-baik, maka kita akan masuk dalam zaman keemasan Gereja, masuk kelompok yang akan disempurnakan, paling sedikit yang akan ikut dalam pengangkatan.

Jangan keluar dari ril Tuhan, jangan hidup menurut daging, akan ada hari-hari yang akan datangyang gilang gemilang, bahkan mungkin juga masuk dalam kemuliaan yang top yaitu kesempurnaan seperti Kristus, menjadi mempelai Anak domba Allah.

Orang yang tidak percaya, tidak peduli, tidak mau, lalu hidup sembarangan, terpaksa dibuang dan diganti dengan orang yang percaya dan yang mau, sebab jumlahnya harus digenapkan dan waktunya terbatas, harus dipercepat Wah 2:5, Mat 21:43. Kalau mau dan taat pasti bisa, sebab Tuhan tidak pernah salah mengatur kelahiran manusia masuk ke dunia pada saat yang tepat.

Allah sudah tahu lebih dahulu bahwa pada akhir zaman yang dosa makin najis dan yang suci makin suci. Wah 22:11. Kalau kita mau, Tuhan akan memberi kemampuan sehingga kita bisatergolong dalam yang suci makin suci. Semuanya akan genap. Nubuatan Allah tidak pernah batal. Begitu indah dan baiknya Allah, rasailah dan tengoklah Maz 34:9.

ASAL USUL SECARA LAHIRIAH.

Banyak orang zaman sekarang tidak mengerti asal usulnya, hanya sedikit yang berasal dari turunan putra perjanjian, Abraham, hampir semua yang lainnya, itu ada di luar garis keturunan putra perjanjian, namun di dalam Kristus semuanya menjadi Israel rohani, putra-putra Abraham menjadi anak-anak perjanjian yaitu Gereja Tuhan.

Gal 3:7-9

7. Sebab itu ketahuilah olehmu, bahwa orang-orang yang beriman adalah putra-putra Abraham.

8. Dan Kitab Suci, yang mengetahui terlebih dahulu bahwa Allah akan membenarkan bangsa-bangsa kafir melalui iman, sebelumnya telah memberitakan Injil itu kepada Abraham, yang mengatakan; di dalam engkaulah segala bangsa akan diberkati.

9. Demikianlah mereka yang hidup dari iman itu diberkati bersama dengan Abraham yang beriman itu. (KJI)

Jadi di dalam Abraham orang-orang kafir juga beroleh berkat yaitu lewat percaya kepada Tuhan Yesus Kristus yang menjadi kepala Gereja.

Kej 22:18 Maka dalam benihmu segala bangsa yang di bumi itu akan diberkati, sebab engkau telah menurut firman-Ku. (12:3; 18:18; 26:4, Gal 3:8). (TL)

Masih banyak turunan Abraham bukan dari anak perjanjian, yang belum menerima berkat selamat Abraham dan justru dalam ayat-ayat iniada beban untuk mereka, dan Tuhan masih memberi kesempatan terakhir, kesempatan yang tinggal sedikit bagi mereka supaya mereka diselamatkan, pada jam-jam malam yang sudah hampir pagi yaitu pada akhir dari zaman Gereja. Inilah turunan Abraham yang bukan dari putra perjanjian, tetapi menjadi turunan rohani lewat Kristus.

Banyak orang-orang ini akan diselamatkan pada saat-saat terakhir ini.

Juga turunan Ismail yang juga diberkati Tuhan di dalam Abraham, tetapi merupakan suatu kandang lain, pada bagian yang terakhir ini akan dikumpulkan menjadi satu kawanan domba dengan satu gembala yaitu Tuhan Yesus Kristus. Ini tertulis dalam Yoh 10:16.

Sebab itu kita harus berjaga-jaga, kalau Hujan-akhir terjadi akan ada banyak penuaian (Roh Kudus atau Roh Pentakosta adalah Roh penuaian!) yang terjadi dengan tiba-tiba, istimewa diantara bangsa-bangsa kafir dan turunan Abraham yang bukan dari putra perjanjian ini (dalam satu tahun, kemuliaan Kedar habis ayat 16 dan kemudian bertobat). Angka itu langsung digenapi dan Tuhan datang.

B. SECARA ROHANI.

Hal-hal yang diceritakan disini juga punya arti rohani dalam Gereja-gereja zaman sekarang.

Dalam Gereja sekarang juga ada dua turunan rohani dariAbraham yaitu:

1). Yang mendapat meterai perjanjian dari Allah (yaitu Roh Kudus – inilah orang-orang di dalamRuangan Suci, Gal 4:6, Ef 4:30) dan

2). Yang tidak/ belum mendapat Meterai perjanjian (tidak ada meterai Roh Kudus), inilah orang-orang Halaman, yaitu orang-orang yang selalu jatuh bangun dalam dosa, diinjak-injak oleh perkara-perkara kekafiran dan dunia ini; Merekaberibadah tetapi dengan kekuatan sendiri. Hidupnya seringkali bercampur dengan jalan lebar sehingga Roh Kudus tidak bisa bekerja dengan bebas.

Tetapi mereka juga diberkati bahkan menjadi besar (Ismail menjadi 12 raja-raja lebih dahulu dari Israel yang baru menjadi 12 suku bangsa, sesudah beberapa generasi (+ 400 tahun). Juga Esau diberkati Tuhan dengan Edom, Seir) tetapi mereka tidak beribadah dengan segenap hati. Karena hatinya mendua, mereka menjadi suam seperti Laodikea, karena tidak ada pondasi Firman Tuhan yang teguh, macam-macam ajaran daging dan ajaran sesat masuk seperti Tiatira bahkan mereka menyembah mammon, dunia dll seperti Pergamos. Mereka juga melayani sekalipun sibuk, tetapi pelayanannya manusiawi dan mati seperti Sardis. Biasanya mereka akan ketinggalan waktu pengangkatan dan akan di-injak-injak Antikris Wah 11:2.

Ini adalah gambaran dari keturunan cucu-cucu Abraham yang bukan dari anak-anak perjanjian dan jumlahnya cukup banyak. Inilah arti rohani dari turunan Abraham yang tidak termasuk golongan orang yang dimeteraikan sebagai anak-anak perjanjian. Tetapi mereka yang dimeteraikan hidup dalam Ruangan Suci, sebagai ligabis dan waktu pengangkatan akan ikut terangkat, sebab terus penuh dan dipimpin Roh. Kalau kita terus hidup dipimpin Roh, aman! Sewaktu-waktu datang pengangkatan dan kita ikut di dalamnya.

Ayat-ayat ini menceritakan dari hal beban untuk orang-orang seperti ini, tetapi satu kali turunan Abraham dari bukan putra perjanjian, yang masih kafir ini, akan ada banyak yang bertobat.

Dalam Hujan-akhir hal ini akan digenapkan, sebab pada waktu ini ada banyak yang pindah ke dalam golongan turunan Abraham yang termeterai, turunan Abraham secara rohani. Hujan-akhir akan membawa masuk banyak penuaian untuk disiapkan masuk dalam pengangkatan.

Mereka yang sekarang sudah penuh Roh Kudus itu untung kalau mau terus berjalan dalam Roh. Kalau main-main, akan merosot dan jatuh dalam dosa dan menjadi ligabo dan ketinggalan, sebab mulai dengan Roh berakhir dengan daging, rugi besar Gal 3:3-4. Jangan main-main, sebab tiba-tiba angka-angka kedatangan Tuhan itu digenapkan lalu tiba-tiba Tuhan datang.

YES 21:11. BEBAN DUMAH.

IA BERSERU KEPADA KU DARI SEIR, PENJAGA, SUDAH BERAPA JAUH MALAM? PENJAGA, SUDAH BERAPA JAUH MALAM?

SEIR.

Siapa orang Seir ini? Seir itu sama dengan Edom. Edom menang perang melawan orang Kanaan dan mendapat Seir; Mereka menang sebab Tuhan yang memberikannya Ul 2:5. Ini adalah turunan Abraham, tetapi tidak termasuk putra perjanjian (Gal 4:28, Rom 9:8), tidak ada meterai perjanjian.

Secara rohani, ini adalah orang-orang Kristen Halaman yang tetap turunan Abraham (sebab percaya pada Tuhan Yesus) tetapi beribadah

dengan kekuatan sendiri (orang-orang Halaman), mereka tidak tahan untuk pikul salib dan hidup suci. Sebab itu mereka jatuh bangun dalam dosa, tinggal di luar (Halaman) sehingga tidak mendapat rahasia Firman Tuhan dari Allah yang dalam-dalam Mat 13:11, Mrk 4:11; sebab tidak ada pengertian Firman Tuhan, mereka tidak bisa taat dengan betul (banyak berbuat salah dan sesat Mrk 12:24) sebab itu mereka tidak mempunyai dasar atau pondasi Firman Tuhan yang teguh Mat 7:23-28 dan mudah hanyut.

Tetapi justru jumlahnya besar, ini orang-orang Kristen Halaman, tidak suka pikul salib,kurang sungguh-sungguh, Kristen tetapi hidupnya di jalan lebar; Sebab ini cara hidup Kristen yang mudah, duniawi, daging, maka banyak orang suka begini. Apalagi kalau ada keuntungan-keuntungan jasmani dan janji masuk Surga (tetapi ini janji yang rapuh,mudah lenyap sebab mereka tidak melakukan kehendak Allah Mat 7:21, Wah 21:27. Orang-orang seperti ini tidak dapat masuk Surga, tetapi sebagian besar belum sadar. (Ada yang sungguh-sungguh, tetapi mereka merasa berat sebab ibadahnyadengan kekuatan sendiri tanpa pertolongan Roh Kudus, seperti rasul-rasul sebelum penuh Roh Kudus, terus lemah dan ketakutan).

IA BERSERU KEPADAKU DARI SEIR.

Mengapa mereka bertanya-tanya dari Seir? Ini terjadi pada saat jaga yang terakhir (sudah pagi tetapi masih malam). Ini sesudah terjadi kegerakan rohani sehingga banyak orang yang dahulunya di Seir (di Halaman) tetapi sekarang mereka penuh dengan Roh Kudus, matanya menjadi celik dan bergairah, mereka sangat memperhatikan kedatangan Tuhan dan hidup bersedia. Berulang-ulang mereka bertanya kapan saatnya. Sekarang mereka peduli akan kedatangan Tuhan, sangat tertarik dan penuh perhatian karena pekerjaan Roh Kudus.

Saat jaga terakhir ini sama dengan Minggu ke-70 Daniel. Dalam masa jaga yang terakhir ini akan terjadi pertambahan angka-angka kedatangan Tuhan yang banyak dan tiba-tiba, yaitu dari:

1. Domba-domba dari Kedar menjadi satu kandang Yoh 10:16.

2. Orang Esau dari Seir tiba-tiba menjadi rohani, penuh perhatian dan berjaga-jaga sebab kegerakan Roh Kudus yang besar terjadi (hujan-akhir).

3. Bangsa kafir yang lain yang dahulu bukan umat, sekarang sudah menjadi umat, yaitu Gereja, orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh, mereka sudah siap menunggu kedatangan Tuhan.

Angka 1 dan 2 tiba-tiba menambahi angka 3 sehingga jumlahnya tiba-tiba bertambah, tiba-tiba genap, lalu Tuhan datang.

Sebab itu kita harus berjaga-jaga, sebab pada saat yang tidak terduga, dihitung-hitung belum mungkin datang, tiba-tiba ia datang. Bersedialah! Jangan main-main, nanti yang pertama menjadi yang terakhir. Jangan menjadi ligabo tetapi ligabis.

SIAPA YANG HARUS BERSAKSI UNTUK KESELAMATAN JIWA-JIWA?

PENJAGA. Yes 21:11

Siapakah Penjaga ini?

Yez 3:17 Hai anak Adam! sudah Kuangkat engkau akan penunggu (= penjaga) kepada bangsa Israel, supaya engkau mendengar firman itu dari pada mulut-Ku dan engkau menasehatkan mereka itu dari pada pihak-Ku. (TL)

Secara rohani, penjaga adalah orang-orang yang bertanggungjawab akan keselamatan jiwa-jiwa, baik pemimpin-pemimpin besar atau kecil, orangtua, juga setiap orang menjadi penjaga bagi orang-orang dalam daerah lingkungannya. Mengapa? Sebab adalah kehendak Tuhan bagi setiap orang percaya untuk menjadi garam dunia atau terang dunia, yaitu menggarami dan menerangi orang-orang di sekitarnya.

Tanggungjawab masing-masing orang beriman adalah:

1. Orang-orang seisi rumahnya. Masing-masing orang beriman mendapat jatah jiwa-jiwa dari Tuhan, yaitu orang-orang isi rumahnya. Ini dijanjikan Tuhan baginya Kis 16:31, dan jiwa-jiwa itu kalau sudah dimenangkan, itu akan menjadi mahkota kemuliaannya Pil 4:1, 2Tes 2:9. Juga kita menjadi penjaga bagi

2. Orang-orang dalam pancinya masing-masing, yaitu orang-orang yang ada di dekat dan sekitarnya, yang menjadi bagiannya untuk dicintainya Luk 10:27.

3. Orang-orang yang Tuhan kirim padanya Kis 10:5,32. Malaikat Tuhan menyuruh Kornelius ke Petrus untuk mendapat berita kesukaan yaitu jalan keselamatan dan Petrus memberitakannya kepada Kornelius.

Tuhan bisa mengirim orang baik atau orang jahat kepada kita supaya kita menggaraminya atau meneranginya. Kalau kita menghadapi orang jahat, kita harus cerdik seperti ular supaya jangan “dimakan” orang jahat, jangan kuatir Allah akan melindungi orang benar. Minta hikmat Tuhan dan terangi mereka juga dengan kuasa Allah.

Penjahat yang dikirim dan di salib dengan Putra manusia Yesus, mereka diterangi sinarNya dan salah satu bertobat dan diselamatkan. Mula-mula mereka mengata-ngataiNya seperti biasa diantara para penjahat. Tetapi mereka melihat Putra manusia Yesus tidak membalas dan sikapnya baik, mereka diterangi dengan segala perbuatanNya dan sadar bahwa mereka jahat dan “Orang ini” tidak bersalah. (seperti orang datang dalam terang, tiba-tiba sadar kalau pakaiannya kotor dan robek). Mereka sadar mereka patut dihukum di dunia dan di Neraka dan satu penjahat bertobat karena datang dalam terang Putra manusia Yesus.

4. Orang-orang yang patut atau perluditolong, ini tergolong angka ke-3. Kalau kita tidak menolongnya, itu menjadi dosa Yak 4:17. Kadang-kadang isteri merencanakan perbuatan yang salah, dosa, suami tahu, ia harus menolongnya. Tetapi kadang-kadang karena egois, daripada dia dimarahi dan dikata-katai, suami tinggal diam dan itu menjadi dosa. Sebaliknya juga isteri kadang-kadang membiarkan saja suaminya benci atau sakit hati dengan orang lain dan isternya tinggal diam, itu juga menjadi dosa.

Imam Eli tidak menolong anak-anaknya yang berbuat dosa, itu menjadi dosa dan ia dihukum, mati dalam sehari dengan anak-anaknya yang dihukum mati oleh Tuhan.

Juga dengan saudara seiman apalagi dalam kelompok tanggungjawab kita sebagai pemimpin.

Jadi setiap orang wajib memberitahukan tentang keselamatan kepada isi rumah supaya jangan ada yang binasa. Kis 16:31, juga isi pancinya Luk 10:27, orang-orang yang dikirim Tuhan kepadanya dan orang-orang yang diketahuinya, yang perlu dan bisa ditolongnya.

Semua orang-orang ini perlu kita injili, selamatkan dengan belas kasihan Mat 9:13 dan kuasa Roh Kudus. Memang setiap orang harus bersaksi, setiap orang harus menjadi garam dan terang dunia. Mat 5:13-14. Kalau tidak mau, seperti orang-orang Halaman, itu berarti tidak mau melakukan kehendak Tuhan dan itu berbahaya, akibatnya bisa tidak masuk Surga Mat 7:21. Memang orang-orang seperti ini biasa hidup dalam jalan lebar, dalam daging, lama-lama mundur dan binasa.

Ada dua golongan orang lahir baru yang tidak mau bersaksi/ menginjil.

Yang pertama adalah orang-orang yang menunjukkan jalan keselamatanke Surga (menginjil) tetapi ia sendiri tidak pergi sebab terikat dengan dosa dan dunia (ini seperti petunjuk jalan yang tinggal di tempat).

Tetapi golongan kedua adalah orang-orang yang tidak mau pergi menginjil meskipun dia sendiri sedang jalan ke Surga.

Keduanya tidak melakukan kehendak Tuhan, dan itu salah. Jalanlah ke Surga dalam jalan sempit, tetapi jangan lupa terus menabur benih-benih keselamatan, terus bersaksi, itu tugas setiap orang Kristen bukan hanya para penginjil yang harus bersaksi, istimewa dalam daerah yang menjadi bagiannya.

SUDAH BERAPA JAUH MALAM?

Mengapa orang-orang ini, (turunan Abraham yang bukan putra perjanjian) datang bertanya? Karena ada suatu kegerakan rohani sehingga mereka terdorong untuk mencari Tuhan dan sangat memperhatikan hal-hal rohani, dan bersedia untuk hari kedatangan Tuhan.

Kita memerlukan atmosfir yang lebih kuat. Tidak cukup atmosfir dunia ini yang dikuasai iblis.

Orang-orang beriman harus suka berdoa. Kemana kita pergi, ciptakan atmosfir hadirat Tuhan.

Roh Kudus sudah dicurahkan 100 tahun tetapi ini belum Hujan-akhir, sebab kalau Hujan-akhir, maka keadaannya akan dua kali lipat Hujan-awal, pada hal keadaan kita sekarang belum sampai seperti Hujan-awal.

Lalu untuk apa Roh Kudus dicuruhkan lebih dari 100 tahun?

Maksudnya untuk mendorong umat Tuhan berdoa, supaya iblis dikalahkan dan timbul kegerakan Roh Kudus yang mendorong orang datang kepada Tuhan (tanpa pekerjaan Roh Kudus, orang sulit berdoa).

Kerinduan berdoa timbul dari pencurahan Roh Kudus. Di mana-mana timbul kegerakan doa, di dalam Gereja, antar Gereja bahkan sampai di seluruh dunia, orang-orang tergerak untuk berdoa. Berdoalah dengan sungguh-sungguh, dalam Roh dan kebenaran untuk ke- datangan Tuhan, untuk penggenapan 3 angka kedatanganNya.

Sama seperti musim semi, tiba-tiba semua pohon dengan serempak bersemi dan berbunga.

Mat 24:32-33

32. Sekarang belajarlah dari perumpamaan tentang pohon ara, ketika carangnya lembut dan daunnya bertunas, kamu tahu bahwa musim panas sudah hampir.

33. Demikianlah juga kamu, apabila kamu melihat segala hal ini, ketahuilah bahwa hal itu sudah dekat di muka pintu. (KJI)

Kalau kita tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, maka suasana rumah kita akan berubah, iblis-iblis dikalahkan dan lari, lalu hadirat Tuhan akan menjamah orang-orang seisi rumah untuk datang kepada Tuhan dan bertobat, sehingga banyak orang-orang kafir dan cucu-cucu Abraham yang bukan dari putra perjanjian akan tergerak untuk bersemi ber- sama-sama (Mat 24:32) mencari keselamatan. Timbul gairah yang besar tentang hal-hal rohani Kol 3:1, mereka berulang-ulangbertanya sudah berapa jauh malam, masihkah ada kesempatan? Orang-orang ini digerakkan untuk bersedia bagi kedatangan Tuhan. Kalau ini terjadi, itu berarti waktunya sudah hampir pagi hari.

Akan ada dua kegerakan yaitu kegerakan iblis yang menyebabkandosa-dosa meningkat dan kegerakan Roh Kudus yang membuat orang-orang bertanya-tanya dan mencari Tuhan, mencari kesempatan untuk selamat dan bertumbuh dalam Tuhan. Berdoalah untuk isi rumah, untuk isi panci, untuk Gereja, untuk orang-orang yang Tuhan bebankan atas kita, berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran tanpa stop 1Tes 5:17 supaya hari kedatangannya bisa dipercepat, supaya timbul kegerakan rohani yang kuat dan orang-orang datang kepada Tuhan.

YES 21:12. BERTANYALAH, DATANGLAH KEMBALI.

PENJAGA MENGATAKAN, PAGI DATANG, TETAPI MASIH MALAM.

Ini berarti masa jaga yang terakhir dan ini sama dengan Minggu ke-70 Daniel, saat terakhir sebelum Tuhan datang.

JIKA ENGKAU HENDAK BERTANYA, BERTANYALAH, DATANGLAH KEMBALI.

Orang-orang sangat memperhatikan kedatangan Tuhan, sebab terjadi kegerakan pada saat terakhir = Minggu ke-70 Daniel.

Inilah kegerakan rohani, dimana-mana orang mencari Tuhan dan terus bertanya-tanya untuk keselamatannya. Penjaga-penjaga dengan sukacita terus melayani orang-orang yang berulang-ulang datang bertanya supaya bisa bersiap-siap untuk kedatanganNya.

Mengapa timbul kegerakan?

Sebab umat Tuhan berdoa!

Jangan berhenti berdoa 1Tes 5:17 (dan terus belajar Firman Tuhan 2 gomer) supaya timbul kegerakan yang besar dan kita ikut dipakai Tuhan untuk menyelamatkan jiwa-jiwa, dan kita sendiri akan untung besar. Ini juga akibatnya Roh Kudus dicurahkan lebih dari 100 tahun, supaya umat Tuhan bisa berdoa dan mau berdoa, maka terjadi kegerakan rohani.

Juga beban yang perlu didoakan adalah untuk domba-domba dari kandang yang lain supaya menjadi satu kandang dengan satu gembala yaitu Tuhan Yesus Kristus Yoh 10:16. Gerakan-gerakan dari banyak golongan-golongan Kedar ini sangat garang dan agresif. Pedang dan panahnya sulit dicegah dan merajalela ke seluruh dunia. Makin lama makin mengerikan dan menakutkan.

Melawan dengan kekuatan dan pikiran kita, hasilnya sangat terbatas. Kalau kita melihat kegerakan kedagingan dari turunan Abraham yang ini, itu sangat mengerikan, mereka bekerja dengan sistematis dan cerdik sehingga Gereja bisa dibatasi dan menjadi bantut.

Goliat-goliat yang sudah dilatih, dididik dan direncanakan sejak kanak-kanak sudah siap untuk menyerang dan membunuh. Ini tidak bisa dihadapi dengan cara-cara yang sama seperti mereka, (yaitu dengan kecerdikan dan kekuatan sendiri), sebab kita tidak berperang dengan manusia tetapi hanya dengan iblis. Justru kita harus menjadi berkat. Sebab itu kita harus bergerak dengan kuasa Allah, dengan doa dalam Roh dan kebenaran maka Allah sendiri yang akan bekerja, dan Roh Kudus akan bergerak melawat orang banyak sehingga keadaan dan suasana berubah. Akan ada pertobatan, jiwa-jiwa dimenangkan dan terus mencari Tuhan,dipersiapkan untuk kedatangan Tuhan (pertanyaan ini menjadi favorit, berapa jauh malam?). Angka-angka kedatangan Tuhan digenapi dan Tuhan bisa segera datang!

YES 21:13. BEBAN TERHADAP ARABIA, DI DALAM HUTAN ARABIA ENGKAU AKAN BERMALAM, [YAITU] KAFILAH-KAFILAH ORANG DEDAN.

Arab dalam:

Wasiat Lama:

1Raj 10:15, 2Taw 9:14, 2Taw 17:11 bawa upeti pada Yosfat.

2Taw 21:16 sampai 22:1.

Wasit Baru:

Kis 2:11 Arab

Gal 1:17 = Kis 4:25

(Ada sebuah desa bernama Arab di pegunungan Hebron Yus 15:52 ini termasuk kota Israel). Yang dimaksudkan dengan Arabia disini adalah turunan Abraham bukan dari putraperjanjian, yang hidup di sebelah Timur Kej 25:6. Juga anak-anak Yoktan Kej 10:26-30; 25:1-6. Negeri Timur ini mungkin juga Arabia sebab letaknya di Utara (sedikit) dan di Timur (sebagian besar).

Kafilah orang Dedan (turunan cucu Abraham dari Yoksan anak Ketura Kej 25:1-6) bermalam dalam hutan-hutan yang ada disana, mungkin di bagian-bagian yang dekat Israel, sebab daerahnya banyak padang pasir dan padang yang tandus (tidak ada hutan?).

Beban apakah ini?

Inlah beban keselamatan. Kalau hanya untuk kebinasaannya, tidak berarti untuk Tuhan dan tidak diceritakan atau dinubuatkan, tetapi semua ini menjadi bebandemi keselamatannya. Tuhan menubuatkan semua bangsa-bangsa ini dalam hubungannya dengan keselamatan dari Tuhan. Tuhan datang bagi bangsa-bangsa kafir, yang dahulu bukan umat sekarang menjadi umat. Lebih-lebih turunan Abraham yang akan bertobat pada akhir zaman ini.

YES 21:14. TEMA MENOLONG ORANG YANG LARI.

PENDUDUK NEGERI TEMA MEMBAWA AIR KEPADA YANG HAUS. MEREKA MENJUMPAI DENGAN ROTINYA, YAITU MEREKA YANG LARI.

Disini dinubuatkan tentang kejatuhan Kedar dan Arab. Dan orang-orang yang lari itu dijumpai Tema (anak ke-9 dari Ismail) dengan air dan roti. Ini sebagian orang-orang yang sudah bertobat, punya roti dan air untuk menolong yaitu dengan Firman Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus. Orang-orang Tema yang sudah percaya akan mengalami keselamatan di dalam Kristus, dan mereka punya Firman Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus untuk menyambut bangsanya yang kalah perang. Sebagian akan bertobat lebih dahulu dan mulai menolong orang-orang yang belum mau bertobat, tetapi dalam kepicikannya, waktu mereka lari, mereka ditolong oleh orang-orang Tema yang sudah bertobat.

YES 21:15. KORBAN PERANG YANG DAHSYAT.

SEBAB MEREKA LARI DARI PEDANG, DARI PEDANG YANG TERHUNUS DAN BUSUR YANG DIBENTANGKAN DAN DARI KEDAHSYATAN PERANG.

Ini menubuatkan kejatuhan kerajaan turunan Abraham bukan dari putra perjanjian, istimewa Kedar. Semua itu ada sebabnya. Kalau Israel hancur sebab dosa-dosanya, begitu juga turunan cucu-cucu Abraham ini sebab mereka berdosa melawan kebenaran, istimewa melawan umat Allah. Tuhan mengizinkan ini terjadi supaya dalam kepicikannya itu mereka bertobat dan mencari keselamatan jiwanya dari Allah yang murahdan maha kuasa.

Banyak yang jatuh mati oleh pedang dan panah, tetapi semua tidak kebetulan Yer 15:2. Orang-orang yang akan percaya Tuhan dan selamat, tetap dipelihara Tuhan sehingga mereka lolos, tetapi yang tidak akan bertobat dibiarkan Allah binasa. Allah tahu lebih dahulu. Siapa yang bakal mau percaya akan dibiarkan hidup sampai bertobat dan selamat. Kalau Israel yang berdosa dinubuatkan hancur maka itu betul-betul terjadi. Begitu juga dengan bangsa-bangsa dari turunan cucu-cucu Abraham yang bukan dari putra perjanjian ini.

YES 21:16. DALAM SATU TAHUN KEDAR AKAN HABIS.

KARENA DEMIKIANLAH YANG DIKATAKAN TUHAN KEPADA SAYA, DALAM SATU TAHUN, SESUAI DENGAN TAHUN-TAHUN ORANG UPAHAN, SEMUA KEMULIAAN KEDAR AKAN HABIS.

Kedar adalah anak kedua dari Ismail yang terkenal dan sering dinubuatkan dalam nubuatan tentang turunan Abraham yang bukan dari Putra perjanjian (misalnya Yes 60:7). Mereka tampaknya berkembang pesat, tetapi pada waktunya dalam satu tahun kemuliaannya akan habis.

Satu tahun orang upahan. Apa artinya? Waktu bagi orang upahan itu penting, sebab sesudah itu ia menerima upahnya. Misalnya pegawai (= orang upahan) kalau tanggal 20 tidak punya uang. Tanggal 30 atau 31 sangat berarti baginya sebab ia akan mendapatkan upahnya. Ay 14:6. Juga umur hidup manusia diumpamakan seperti hari-hari orang upahan Ay 7:1, semua akan selesai dan lenyap dengan cepat dandengan sia-sia Pkh 1:14, kecuali ia mempunyai pengharapan dan keselamatan di dalam Tuhan. Sudah kalah, cepat habis, ini betul-betul celaka. Dan semua kemuliaan Kedar akan habis begitu cepat. Ini nubuat yang tidak enak buat Kedar, tetapi dalam kehancurannya, mereka yang tersisa, yang mau sungguh-sungguh mencari Tuhan akan menemukanNya.

Dalam kesukaran, biasanya orang-orang lebih mudah ingat Tuhan, apalagi turunan cucu-cucu Abraham yang masih punya sedikit-sedikit iman kepada Allah. Beberapa banyak akan sungguh-sungguh mencari Allah dan mereka akan menemukannya Ul 4:29, Yes 55:16, Luk 11:10, Kis 17:27, Ams 5:4. Tuhan itu adil, baik dan kasih. Dia tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9. Sebab itu kalau dalam kehancuran mereka mau bertobat dari dosa-dosanya dan mencari Tuhan, mereka akan menemukan Tuhan.

Tuhan lari dari Saul yang tidak mau bertobat, tetapi mendekati Manasye yang sangat jahat, tetapi ia mencari Tuhan, ia menemukan bahkan Tuhan menolong dengan luar biasa, ia dipulihkan penuh, baik negerinya dan tahtanya 2Taw 33:13. Harus ada pertobatan yang sungguh, membersihkan tangan yang kelihatan dan menyucikan hati yang tidak kelihatan dengan sungguh-sungguh (Tuhan tahu).Yak 4:7-8, maka Tuhan akan kembali kepadanya dan menolongnya seperti pada Manasye

Allah itu baik dan tidak ingin seorangpun binasa, siapa saja, bangsa kafir yang manapun 2Pet 3:9. Lebih-lebih di akhir zaman ini akan ada banyak bangsa kafir yang akan bertobat.

Kita wajib memberitakan kabar baik itu kepada siapapun. Pada saat-saat susah, saat-saat terjepit, Roh Kudus akan mengingatkan berita pengharapan dan kesukaan yang sudah pernah diberitakan pada mereka, dan kalau mereka bertobat, mereka akan selamat.

Tuhan tahu lebih dahulu siapa-siapa yang dalam kesukaran mau bertobat, sebab itu Tuhan izinkan kemuliaan Kedar habis dan Roh Kudus akan bekerja dalam orang-orang yang mau bertobat dan mereka akan mencari Tuhan dan diselamatkan. Sebab itu beritakan injil, sekalipun orang itu tidak mau mendengar, Firman Tuhan tidak pernah kembali dengan sia-sia Yes 55:11. Kalau kita memberitakan dengan kuasa dan pimpinan Roh Kudus, benih itu akan tertanam dalam hatinya, meskipun sudah bertahun-tahun Roh Kudus masih sanggup mengingatkannya kembali untuk pertobatan dan keselamatannya.

YES 21:17. TUHAN MENGATAKANNYA DAN ITU AKAN JADI.

DAN SISA BILANGAN ORANG-ORANG PEMANAH, ORANG-ORANG GAGAH DARI BANI KEDAR AKAN BERKURANG. SEBAB TUHAN ALLAH ORANG ISRAEL SUDAH MENGATAKANNYA.

Firman Tuhan pasti jadi, sebab Dia maha tahu dan maha kuasa. Kedar akan mengalami kekalahan besar, kemuliaannya habis (ayat 16) tetapi jumlahya tidak habis sama sekali, masih ada sisa dari orang-orang yang jahat dan kejam, yaitupemanah dan orang-orang yang gagah (untuk berperang dan membunuh).

Mengapa mereka tidak habis sama sekali? Semua dalam pantauan dan kuasa Allah Yer 15:2. Mereka yang akan bertobat dibiarkan Allah untuk tetap hidup, supaya kemudian hari mereka bertobat danselamat, biarpun mulanya jahat seperti Saul yang kemudian menjadi Paulus. Ini sudah dikatakan Tuhan dan pasti terjadi. Memang kita harus ikut berdoa untuk ikut berusaha menggenapkan janji Allah. Pada waktu Daniel mengetahui dari nubuat nabi Yeremia 2Taw 36:21 bahwa sesudah 70 tahun Israel akan kembali ke negerinya, maka Daniel berdoa supaya Tuhan boleh segera menggenapi nubuatanNya. Dan 9:2-4. Juga Elia yang sudah diberitahu oleh Allah bahwa musim kering (kelaparan) itu 3,5 tahun; sesudah saatnya tiba, ia berdoa 7x dengan sungguh-sungguh 1Raj 18:42, supaya Tuhan menggenapkan FirmanNya. Bukannya Tuhan tidak mau menggenapkan janjiNya kalau tidak diminta, tetapi Tuhan menggenapkan rencanaNya itu dengan carabekerjasama dengan umatNya 1Kor 3:9.

Mengapa cara kerja Allah begitu? Sebab pada waktu umatNya ikut bekerja bersama-sama Tuhan dengan doa, maka umatNya sekaligus juga tumbuh dan menerima pahala sebab mau bekerjasama dan berdoa syafaat untuk penggenapan janji dan rencana Allah.

Juga waktu kita memenangkan jiwa-jiwa untuk menggenapkan angka-angka kedatangan Tuhan, hati kita juga penuh belas kasihan seperti hati Tuhan Yesus dan sifat-sifat baru yang ada dalam kita waktu lahir baru akan juga tumbuh terusmenjadi seperti Kristus bahkan terus tumbuh kepada kesempurnaan.

Tuhan memakai kita untuk menggenapkan rencanaNya sekaligus menjadi keuntungan bagi kita sendiri. Betul andil kita hanya kecil, misalnya 5-10%, 90-95% dikerjakan oleh Allah, tetapi hasilnya, keuntungannya semuanya untuk kita, Allah tidak perlu apa-apa lagi! Luar biasa! Kita menjadi limpah dengan hasil kerjasama itu sampai tumbuh terus bahkan bisa sampai sempurna.

Yang tidak mau bekerjasama, akan digantikan oleh orang yang mau Wah 2:5, Mat 21:43. Kalau kita tidak mau menyala, bersinar, maka Tuhan akan mengambil Pelita itu dari kita dan memberikannya kepada orang lain yang mau menyalakannya, yang mau bersinar bagi Tuhan supaya angka-angka kedatangan Tuhan boleh segera digenapkan dan Tuhan datang (sebab angka-angka itu harus genap pada saat yang sudah ditetapkan).

Berdoalah dalam Roh dan kebenaran, lebih-lebih kalau kita melihat Kedar dengan dahsyatnya membawa pedang dan panahnya. Jangan benci! Mintakan ampun dan doakan supaya semuanya yang masih hidup akan bertobat maka jumlah angka-angka kedatangan Tuhan akan digenapi dengan cepat, dan Tuhan boleh segera datang.

KESIMPULAN.

Mengapa turunan cucu-cucu Abraham yang bukan dari putra perjanjian ini bolak balik bertanya-tanya tentang waktu? Sebab pada waktu itu ada kegerakan Roh Kudus yang besar, lebih-lebihmereka dalam kehancurannya, ada banyak yang mau bertobat dan menyembah pada Allah dan kegerakan itu menyelamatkannya. Sebab itu mereka menjadi bergairah dan berapi-api ikut Tuhan serta melakukan kehendakNya. Baik menolong orang-orang lain yang belum bertobat dengan roti dan air dan bersiap-siap untuk kedatangan Tuhan.

Doakan dan beritakan Injil, sekalipun sekarang belum mau bertobat sekarang, ini masih bisa menjadi benih keselamatan, untuk hari-hari yang akan datang. Kalau kita ikut serta menggenapkan jumlah itu, maka jiwa-jiwa yang kita menangkan akan menjadi mahkota kemuliaan kita dan jiwa-jiwa itu di selamatkan.

Nyanyian:

Langit dan bumi akan lenyap tetapi FirmanNya 2x tinggal tetap.

One Response to “YES 21:16….SEMUA KEMULIAAN KEDAR AKAN HABIS.”

  1. Elisa Says:

    Memberi pemahaman yang jelas.
    Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: