Timeline~Asa

Sumber:
Pr Robert Danor
Naib Presiden BEM Daerah,Limbang

Tahun Asa menjadi raja
I Raja2 15 :9-12
Dalam tahun kedua puluh zaman Yerobeam, raja Israel, Asa menjadi raja atas Yehuda.
Empat puluh satu tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama neneknya yang perempuan ialah Maakha, anak Abisalom. Asa melakukan apa yang benar di mata TUHAN seperti Daud, bapa leluhurnya.
1Raj2 15:12 FAYH
Ia menyingkirkan para pelacur yang ada di dalam tempat-tempat ibadah (serta mereka yang melakukan homoseks), dan menghancurkan segala patung berhala yang dibuat oleh nenek moyangnya.
2 Chronicles // 2 Tawarikh
1 Roh Allah menguasai Nabi Azarya anak Oded,
2 sehingga ia pergi menemui Raja Asa, dan berkata, “Hai Raja Asa, dan seluruh penduduk Yehuda dan Benyamin! Dengar! TUHAN dekat padamu kalau kamu dekat pada-Nya. Jika kamu minta petunjuk TUHAN, Ia akan memberikannya. Tetapi kalau kamu tidak menghiraukan Dia, Ia pun tidak menghiraukan kamu.
19 Sampai pada tahun ketiga puluh lima pemerintahan Asa tak pernah timbul peperangan lagi di negeri itu.

……………………………………………………………………………………………………..
Pertanyaan I Raja 15:8 menyebutkan Asa menjadi raja menggantikan Abiam. Abiam menjadi raja pada tahun ke-18 (ayat 1) dan memerintah selama 3 tahun (ayat 2). Itu berarti Abiam wafat pada tahun ke 21 (=18+3) dan pada tahun itu pula Asa menjadi raja. Tapi, I Raja 15:9 menyebutkan Asa menjadi raja pada tahun ke-20. Bagaimana ini? […]
Pertanyaan
I Raja 15:8 menyebutkan Asa menjadi raja menggantikan Abiam. Abiam menjadi raja pada tahun ke-18 (ayat 1) dan memerintah selama 3 tahun (ayat 2). Itu berarti Abiam wafat pada tahun ke 21 (=18+3) dan pada tahun itu pula Asa menjadi raja. Tapi, I Raja 15:9 menyebutkan Asa menjadi raja pada tahun ke-20. Bagaimana ini?
Jawab

Ada perbedaan makna antara kata מֶלֶך’Melek‘ dan מָלַך ‘Mālak‘. Kata מֶלֶך ‘Melek‘ berarti raja yang merupakan sebuah jabatan, sedangkan kata מָלַך ‘Mālak’ berarti memerintah yang merupakan sebuah tindakan. Dalam pemerintahan kerajaan-kerajaan purba yang tercatat dalam Alkitab, orang yang memerintah belum tentu raja, bisa saja dia seorang perdana menteri, gubernur, panglima, dsb. Selain itu, seorang raja belum tentu memerintah, karena raja bisa mendelegasikan tugas memerintah itu kepada orang lain.
Misal:
1. Yusuf memerintah Mesir, Fir’aun adalah raja Mesir (Kej 41:40-45)
2. Sadrach, Mesakh, dan Abednego memerintah Babilonia, ketika Raja Nebukadnezar jadi raja Babilonia (Dan 2:49)
Pada zaman sekarang, kita juga dapat melihat kasus yang mirip. Yang memerintah Inggris, Jepang, dan Thailang adalah Perdana Menteri, sedangkan kepala negaranya adalah raja, ratu atau kaisar..~ MossackAnme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: