Standard Baptisan 1

Baptisan Air

Adapun bejana pembasuhan tersebut terbuat dari CERMIN-CERMIN TEMBAGA para perempuan yang melayani di depan pintu kemah pertemuan ( Keluaran 38 : 8 ).

Wahyu 15:2

Dan aku melihat sesuatu bagaikan LAUTAN KACA  bercampur api, dan di tepi lautan kaca itu berdiri orang-orang yang telah mengalahkanbinatangitudan patungnya  dan bilangan namanya.Pada mereka ada kecapiAllah.

Alkitab menerangkan hal baptisan air baik dalam perjanjian lama maupun dalam perjanjian baru. Baptisan air dalam perjanjian lama adalah merupakan kiasan, bayangan dan gambaran dari baptisan air dan semuanya itu diwujudkan dalam perjanjian baru. Baptisan air adalah penguburan manusia lama, ditenggelamkan dalam air untuk kemudian dibangkitkan bersama Kristus untuk menerima janji Allah yaitu meraih kemuliaan dari tempat yang maha tinggi.

Baptisan air berawal pada saat Allah menyuruh Musa untuk mendirikan kemah suci ( Tabernakel ) yang mana salah satu yang akan dibuat dalam kemah suci Allah tersebut adalah bejana pembasuhan ( Kejadian 30 : 17-21 ).

Adapun bejana pembasuhan tersebut terbuat dari cermin-cermin tembaga para perempuan yang melayani di depan pintu kemah pertemuan ( Keluaran 38 : 8 ).

Bejana pembasuhan berfungsi untuk membasuh tangan dan kaki para imam sebelum masuk kedalam kemah pertemuan untuk mengadakan kebaktian atau membakar korban api-apian bagi Tuhan. Bejana pembasuhan ditempatkan diantara kemah pertemuan dan mezbah.

Di dalam perjanjian baru, bejana pembasuhan diwujudkan dengan baptisan air. Baptisan yang benar adalah :

1. Dibaptis dalam pertobatan. Sebagaimana bejana pembasuhan dalam perjanjian lama ditempatkan sesudah mezbah korban bakaran maka baptisan air juga dilakukan setelah kita menyadari dan menyesali segala dosa yang pernah kita perbuat dan bertobat. Mezbah korban bakaran menggambarkan pertobatan. diantara kalangan kristen hal ini masih dipertentangkan, sebab masih ada yang membaptis anak kecil yang belum tahu apa-apa, dibaptis karena ikut-ikutan, dibaptis karena dipaksa oleh pihak gereja. Namun kembali kepada kebenaran Alkitab bahwa baptisan yang benar itu harus bertobat dulu ( Matius 3 : 6 / Kisah Rasul 2 : 38 ) baru dibaptis.

2. Dibabtis di tempat yang banyak airnya dan diselam. Baptis berasal dari kata Baptizo artinya dicelupkan, diselam, dibenamkan. seperti Tuhan Yesus dibabtis, Ia dibenamkan dan keluar dari dalam air, bukan dipercik ( Matius 3 : 16 / Markus 1 : 10 / Yohanes 3 : 23 ). Tuhan Yesus sendiri beserta murid-muridnya telah meninggalkan teladan bagi kita, Alkitab sendiripun telah mencatatnya. Apakah kita masih ragu ?

3. Dibaptis dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dibaptis oleh pria. Kisah Rasul 19 : 3-6 mencatat bahwa diantara mereka ada yang sudah pernah dibabtis namun tidak mengerti maka mereka dibabtis lagi dalam nama Tuhan Yesus. Baptisan air boleh dilaksanakan baik oleh hamba Tuhan ( Pendeta ) atau penatua tapi harus laki-laki. Alkitab mencatat yang melakukan baptisan adalah Yohanes Pembaptis, Petrus, Ananias, Paulus, Silas, Filipus, dan murid-murid Tuhan Yesus ( Yohanes 4 : 2) yang semuanya adalah pria.

Hasil dari baptisan air yang benar adalah kita dapat melewati lautan kaca ( Wahyu 4 : 6 / Wahyu 15 : 2 ). masih ingat bahwa bejana pembasuhan terbuat dari kaca-kaca para perempuan yang ditempah menjadi suatu bejana yang diisi air ?? itu adalah lambang dari lautan kaca yang ada di hadapan tahta Allah. Hati-hati jika baptisan air tersebut dapat menentukan langkah kita apakah kita dapat sampai ke tahta Allah dan dapat melewati lautan kaca tersebut atau tidak. Maka lakukanlah baptisan yang sesuai dengan firman Tuhan agar kita dapat menjadi pemenang-pemenang yang akan menerima janji Allah yaitu kemuliaan di tempat yang maha Tinggi.~ GPT

One Response to “Standard Baptisan 1”

  1. amin sangat diberkati amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: