Psalms

:: Psalms keeps me honest by furnishing words to prayers I would not pray apart from their prompting. I have learned to pray more humanly by reading the psalms and making them prayers. As I read psalms of anger and revenge, I have to face the same tendencies in myself. The psalms expose to the light resentments and wounds long hidden. I find it liberating that God welcomes, even encourages, me to face into my dark side in my prayers. I can trust God with my secrets. (p.173-4/Prayer: Does it Make Any Difference?) Philip Yancey ~shared Philip Yancey

STOP TALK TO MUCH! Puasa bicara alihkan dalam tulisan.

Mazmur 119:
119:20
Hatiku sakit menanggung rindu, aku ingin mengetahui hukum-Mu setiap waktu.
119:99
Pengertianku melebihi pengertian guru-guruku, karena aku merenungkan perintah-perintah-Mu.

Memakai Pikiran Kristus

Sebab: “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus. 1 Korintus 2:16
Ada sebuah ilustrasi tentang seseorang yang mengambil seekor monyet untuk dijadikan pembantunya.Dia melatih monyet itu sedemikian rupa sehingga monyet itu dapat menjadi pembantu yang baik.Suatu saat orang itu mengajak ‘pembantunya’untuk rekreasi ke pantai.Ketika sedang menikmati udara pantai,orang itu tertidur ditunggui oleh monyet ‘pembantunya’.

Ketika dia sedang tertidur,hinggaplah seekor lalat pada hidungnya,monyet yang sudah terlatih itu tidak mau melihat tuannya terganggu oleh adanya lalat itu sehingga monyet itu kemudian mengambil sebatang kayu dan memukul lalat yang hinggap pada hidung tuannya.Bisa kita tebak akibatnya,lalat itu terbang dan hidung tuannya menjadi bengkak karena pukulan si monyet.

Melalui ilustrasi ini kita dapat mengambil suatu pelajaran bahwa monyet itu sebenarnya tidak ingin menyakiti tuannya,dia ingin menolong tuannya,tapi karena dia menggunakan pikirannya,akhirnya niat baik monyet itu malah menyakiti tuannya.

Peristiwa yang hampir sama terjadi pada diri Petrus.Dalam Yohanes 18:10-11,ketika melihat Yesus terancam,Petrus berfikir untuk menolong dan membela Yesus,sehingga ia memotong telinga Malkus,hamba Imam Besar.Apa yang Petrus lakukan menurut pikirannya adalah baik,tapi dia tidak memikirkan akibat perbuatannya,bahwa apa yang dia lakukan justru akan mempersulit keadaan.Melalui peristiwa ini,kita dapat belajar bahwa apa yang menurut pikiran kita itu baik,belum tentu cocok dan sesuai dengan pikiran Yesus. “Sebab:”Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan,sehingga ia dapat menasihati Dia?”Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.”1 Korintus 2:6.Kita harus memiliki pikiran Kristus agar kita dapat berjalan sesuai kehendak Firman Allah dan Roh Kudus.

Kalau kita tidak berjalan sesuai Firman Allah dan pimpinan Roh Kudus,kita cenderung akan menyakiti Yesus,meskipun menurut pikiran kita itu baik.Sebaliknya,jika kita berjalan dalam Firman Allah,kita tidak akan pernah menyakiti Yesus.Petrus melakukan kesalahan berulang-ulang,seperti yang tertulis dalam Markus 8:31-33.
Suatu kalimat yang menarik untuk diperhatikan dalam ayat ini.

…..”Enyahlah Iblis,sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah,melainkan apa yang dipikirkan manusia.”
Orang yang tidak berjalan menurut pikiran Kristus,yang bertentangan dengan pikiran Kristus,berarti memiliki pikiran iblis.

Kita tidak mungkin salah selama kita mengikuti pikiran Kristus yaitu Firman Allah.Hati-hati dengan pikiran kita,karena Yesus tahu dan memperhatikan pikiran kita.Lukas 5:
Ayat 21 Ahli Taurat dan orang Farisi bari berfikir,tapi…..
Ayat 22 Yesus tahu isi pikiran mereka.Pikiran adalah motor penggerak,jika pikiran kotor/jahat,maka perbuatannya pun kotor dan jahat.Tetapi jika pikirannya kasih dan kebenaran,maka perbuatannya pun kasih dan kebenaran.Marilah kita menggunakan “helm”/pelindung bagi pikiran kita,yaitu Firman Allah,supaya kita dapat berjalan menurut pikiran Yesus.
~Sumber:Pdt J.S Minandar Tegal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: