You Can Do It.

Wanita yang luar biasa:
1. Debora = a bee: her speaking (Hakim-Hakim 4 & 5)
Hakim-hakim 4:4-9
4 Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.
5 Ia biasa duduk di bawah pohon korma Debora antara Rama dan Betel di pegunungan Efraim dan orang Israel menghadap dia untuk berhakim kepadanya. 6 Ia menyuruh memanggil Barak bin Abinoam dari Kedesh di daerah Naftali, lalu berkata kepadanya: “Bukankah TUHAN, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung Tabor dengan membawa 10.000 orang bani Naftali dan bani Zebulon bersama-sama dengan engkau, 7 dan Aku akan menggerakkan Sisera, panglima tentara Yabin dengan kereta-keretanya dan pasukan-pasukannya menuju engkau ke sungai Kison dan Aku akan menyerahkan dia ke dalam tanganmu.” 8 Jawab Barak kepada Debora: “Jika engkau turut maju akupun maju tetapi jika engkau tidak turut maju akupun tidak maju.” 9 Kata Debora:”Baik, aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini sebab Tuhan akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan.” Lalu Debora bangun berdiri dan pergi bersama-sama dengan Barak ke Kedesh.

Budaya Perjanjian Lama biasanya diperlukan wanita untuk tunduk dan selalu berada di bawah. Tapi kita cari hari ini wanita yang menjadi pemimpin terhormat dalam komunitas iman.
Kita akan mengenali nama-nama/ karakter Perjanjian Baru lebih mudah: Maria ibu Yesus, Maria Magdalena yang kuat kepemimpinan dalam gereja asli hanya yang ditemukan dalam tiga puluh tahun terakhir, Priskila di Korintus yang dengan suami Aquila menjadi pemimpin terpercaya di gereja Korintus dan juga bergabung dengan Paulus di Efesus dan membantu mengatur gereja itu.

Kita melihat cerita kepemimpinan perempuan dan keberanian dalam karakter Debora. Ini adalah sekitar 1200 SM tahun. Bangsa Israel telah meninggalkan perbudakan di Mesir, mereka telah menetap di Tanah Perjanjian, dan mereka belum memiliki raja. Mereka diperintah dan dipandu oleh Hakim yang melakukan lebih dari hakim hari ini akan lakukan, mereka tidak hanya menangani perselisihan, mereka juga menggalang dan memimpin dan mempersatukan orang-orang ketika ada ancaman militer. Simson dianggap salah satu hakim, dan juga Gideon.
Deborah adalah salah satu hakim! Dia dianggap sebagai pemimpin yang bijaksana,cerdas dan karismatik.Bahkan, salah satu bagian tertua dari seluruh Alkitab adalah lagu yang ditulis tentang Deborah dalam Hakim-hakim 5 yang menceritakan tentang kepemimpinannya dalam pertempuran!

Itulah sebab ia dikenal kerana keberanian dan keberanian di saat itu jarang dilihat dalam diri seorang perempuan. Berikut ini adalah cerita: orang Israel sedang terancam lagi oleh orang Kanaan, khususnya Sisera secara umum Kanaan. Deborah, telah mendapat mandat dari Allah dan memanggil Jeneral Yahudi bernama Barak-yang berarti diberkati- untuk menggalang sepuluh ribu tentara dan pergi untuk memenuhi Kanaan di Gunung Tabor dimana orang Israel akan memenangkan pertempuran.

Barak melakukan sesuatu yang sangat menarik: ia berkata kepada Debora bahwa ia akan pergi hanya jika dia akan pergi bersamanya! Deborah setuju untuk menemani dia ke pertempuran, tapi ia mengatakan kepadanya bahwa ia tidak akan mendapatkan kredit untuk memenangkan pertempuran karena orang yang mengalahkan Sisera ialah seorang wanita! Namanya Yael.

Bangsa Israel mengalahkan orang Kanaan tetapi Sisera melarikan diri. Dia sampai di rumah wanita Ibrani yang berani dan cerdas bernama Yael. Dia mengajak dia masuk, menipu menawarkan untuk menyembunyikan, memberinya susu untuk diminum, menyembunyikan dia di bawah selimut, dan ketika dia tertidur dia mendapat palu dan patok kemah dan menembus tengkoraknya! Ia tidak takut dan ia menjadi pahlawan bagi bangsanya.

Kita dapat menemukan banyak contoh perempuan yang penuh semangat, bijaksana dan berani hari ini, dan yang mungkin menjadi inspirasi yang baik bagi Anda untuk melakukan sesuatu hari ini.Mother Theresa, Army Carmichael dan Corrie ten Boom .
Terima kasih Tuhan untuk contoh-contoh yang membantu kita membentuk karakter kita hari ini.
“I’m Still Learning to Forgive”~ CORRIE TEN BOOM (1892–1983)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: