IMAN KRISTEN

PERSAMAAN AL QURAN DAN ALKITAB TENTANG KEJADIAN MANUSIA

 “Dan sesungguhnya KAMI telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian KAMI jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu KAMI jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang berbentuk (lain). Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. ” (Al Mukminun : 12-14)

 AL QURAN – [ Al Israa’ [17.61] Dan (ingatlah), tatkala KAMI berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu semua kepada Adam”, lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: “Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?”]

Berfirmanlah Allah: “Baiklah KITA menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Kejadian 1:26[Alkitab]

KETIGA OKNUM TRITUNGGAL TERLIBAT DALAM PEMBAPTISAN YESUS

Di dalam ayat ini dan ayat-ayat lainnya di Alkitab Allah dinyatakan sebagai satu hakikat yang hadir sebagai tiga pribadi dengan sifat bersama: Bapa, Putra, dan Roh Kudus (bd. Mat 3:16-17; 28:192Kor 13:14Ef 4:4-61Pet 1:2Yud 1:20-21). Jadi dalam satu arti Allah adalah tunggal (satu kesatuan) dan dalam arti lain Ia adalah jamak (tiga)

(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).

  1. 1) Alkitab menyatakan bahwa Allah itu Esa-kesatuan sempurna dari satu sifat dan hakikat (Mr 12:29Ul 6:4Gal 3:20). Salah satu oknum ke-Allahan tidaklah Allah tanpa dua oknum yang lain dan setiap oknum bersama dengan kedua oknum yang lain adalah Allah.
  2. 2) Keberadaan Allah yang Esa dinyatakan dalam kejamakan tiga oknum yang berbeda dan dapat dikenal, namun tidak terpisah. Ketiganya ini bukanlah tiga allah, bukan pula tiga bagian atau manifestasi Allah, melainkan tiga oknum yang bersekutu sedemikian eratnya sehingga ketiganya benar-benar merupakan Allah Esa yang sejati dan kekal. Baik Anak Allah maupun Roh Kudus memiliki sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh Allah sendiri (lih. Kej 1:2Yes 61:1Yoh 14:16; 16:8,13Kis 5:3-4Rom 8:2,26-271Kor 2:10-112Tes 2:13Ibr 9:14; dan lihat cat. –> Yoh 1:1;lihat cat. –> Yoh 1:14;lihat cat. –> Yoh 5:18;lihat cat. –> Yoh 20:28).[atau ref. Yoh 1:1-14; 5:18; 20:28]

Ketiga oknum ini tidak pernah diciptakan, tetapi masing-masing berhakikat sama serta memiliki kemuliaan, sifat, dan kuasa yang setingkat.

  1. 3) Allah yang Esa namun tiga pribadi ini dari kekal telah memungkinkan kasih dan persekutuan yang saling menanggapi, pemberlakuan sifat-sifat ilahi, saling berbagi pengetahuan dan keterkaitan di antara ketiga pribadi ke-Allahan itu (bd. Yoh 10:15; 11:27; 17:241Kor 2:10).

Seseorang[muslim] menghantar mesej kepada saya dan memberitahu saya bahawa dia percaya Yesus itu Tuhan tetapi bukan Allah.Sungguh kacau.Tuhan memberitahu saya bahawa kebingungan melanda beberapa orang yang percaya tetapi iblis berusaha membingungkan mereka.Mari kita berdoa agar mereka menemui kebenaran yang memerdekakan.Salam Kasih dalam Kristus.

ALLAH ITU ESA[SATU]-YESUS IALAH ALLAH[PRIBADI ALLAH YANG KEDUA]

[IMAN KRISTEN]-ALLAHTRITUNGGAL[BAPA,ANAK DAN ROH KUDUS ADALAH SATU]

ILUSTRASI:MANUSIA TRITUNGGAL MEMILIKI [TUBUH,JIWA DAN ROH] 3 KESATUAN DALAM MANUSIA.

Dengarlah, hai orang Israel : TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa. SABDAweb Ul 6:4

Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus. SABDAweb 1Tim 2:5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: