“Tanah perjanjian”

Bacaan Alkitab Setahun :   II Tawarikh 3-5


safe_image“Tanah perjanjian” yang diberikan Allah kepada Israel adalah gambaran dari hidup kita di dalam Kristus. Kita temukan ada kota Hebron, Kiryat Sefer dan Timnat Serah. Mari kita melihat arti dari kota-kota tersebut.

Dalam berbagai lagu-lagu dan khotbah Kristen, Tanah Perjanjian banyak digambarkan sebagai sorga. Hal ini sebenarnya tidak mungkin, karena di dalam sorga seharusnya tidak ada musuh, ataupun dosa dan kemurtadan. Apakah arti “tanah perjanjian” bagi kita?

Saat bangsa Israel memasuki Kanaan, Tanah Perjanjian mereka, ini adalah tonggak kemenangan – sesuatu yang mereka harapkan, sekarang telah mereka telah memilikinya. Kita juga sampai pada sebuah pengalaman saat, “yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” (2 Kor 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang).

Perhentian kita tidak berada pada daerah geografis, tetapi di dalam Yesus itu sendiri. Menjalani kehidupan Perjanjian Baru berarti akhir dari pengejaran dan pemburuan mimpi-mimpi rohani yang sukar dipahami dan tidak pernah benar-benar diterima. Banyak orang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari berkat, kelepasan, sukacita dan kemuliaan, tidak menyadari bahwa hal-hal tersebut telah kita terima di dalam Kristus. Perhentian rohani terletak pada kesadaran bahwa apa yang kita harapkan dadakan telah kita miliki di dalam dan melalui Yesus Kristus. Karya yang telah diselesaikan Kristus itu benar-benar telah selesai. Penemuan akan hal ini memberikan kekuatan bagi kita untuk menjalani kehidupan yang telah disediakan Yesus bagi kita.

Setiap suku, keluarga dan perorangan di Israel memiliki tempat geografis di dalam milik pusaka secara menyeluruh. Ada warisan pribadi untuk setiap orang. Sama dengan hal itu, ada warisan pribadi bagi setiap kita di dalam Kristus. Namun warisan pribadi dari kemenangan dan berkat di dalam Kristus selalu sesuai dengan keseluruhan rancangan Tuhan bagi umat-Nya.

“Tanah perjanjian” yang diberikan Allah kepada Israel adalah gambaran dari hidup kita di dalam Kristus Yesus. Kita temukan ada kota Hebron, Kiryat Sefer dan Timnat Serah.

Sudahkah saudara percaya Yesus sebagai Tuhan yang mengampuni dan menyelamatkan saudara?

Oleh: Peter Youngren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: