KESANGGUPAN KAMI ADALAH PEKERJAAN ALLAH

BERGANTUNG SEPENUHNYA

Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah (2Kor. 3:5)

Live for Fighting Jesus_12_Reasons_he_was_the_greatest_0adalah nama panggung seorang penyanyi yang menjadi sangat populer setelah serangan teroris 11 September 2001. Ia menyanyikan lagu Superman (It’s Not Easy), sebuah balada yang menggambarkan bagaimana rasanya menjadi pahlawan super. Namun, ia tetap berjuang dengan kekuatannya yang tidak memadai untuk mengatasi keruwetan dunia.

Manusia tampaknya identik dengan tema lagu itu. Kehidupan nyata membuktikan bahwa kita tak sanggup memerangi beban tak tertahankan yang menghadang. Bahkan, orang-orang yang ingin mandiri pun tidak dapat mengatasi hidup ini dengan kekuatan sendiri.

Sebagai pengikut Kristus, kita memiliki sumber yang bahkan tak mungkin pernah diterima oleh Superman. Dengan memiliki hubungan dengan Allah, kita memperoleh hidup berkecukupan yang dapat mengatasi kelemahan kita dan memampukan kita hidup berkemenangan. Inilah dorongan Paulus bagi hati kita tatkala ia menulis surat kepada jemaat di Korintus. Ia berkata, “Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah” (2Kor. 3:5). Itulah yang sangat berpengaruh di dunia.

Dengan bergantung pada diri sendiri, kita akan dipaksa untuk hidup dalam kenyataan bahwa kita takkan pernah sanggup menghadapi kehidupan ini. Namun, dengan kekuatan Allah kita akan menemukan semua yang kita butuhkan untuk menghadapi badai kehidupan di dunia yang penuh kesengsaraan ini —WEC

Segala yang kubutuhkan Dialah senantiasa,
Segala yang kubutuhkan sampai kutatap wajah-Nya;
Segala yang kubutuhkan sepanjang kekekalan,
Yesuslah segala yang kubutuhkan. –Rowe

KITA HARUS MENGALAMI KELEMAHAN
AGAR DAPAT MENGALAMI KEKUATAN ALLAH

2 Korintus 3:1-11
1 Adakah kami mulai lagi memujikan diri kami? Atau perlukah kami seperti orang-orang lain menunjukkan surat pujian kepada kamu atau dari kamu? 
2 Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. 
3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia. 
4 Demikianlah besarnya keyakinan kami kepada Allah oleh Kristus. 
5 Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah. 
6 Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan. 
7 Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian 
8 betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh! 
9 Sebab, jika pelayanan yang memimpin kepada penghukuman itu mulia, betapa lebih mulianya lagi pelayanan yang memimpin kepada pembenaran. 
10 Sebenarnya apa yang dahulu dianggap mulia, jika dibandingkan dengan kemuliaan yang mengatasi segala sesuatu ini, sama sekali tidak mempunyai arti. 
11 Sebab, jika yang pudar itu disertai dengan kemuliaan, betapa lebihnya lagi yang tidak pudar itu disertai kemuliaan.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: