“MAKAN BERSAMA”

“MAKAN BERSAMA”: HUBUNGAN ERAT PENUH KASIH

   
“Kemudian datanglah kepadanya semua saudaranya laki-laki dan perempuan dan semua kenalannya yang lama, dan makan bersama-cangkir hitamsama dengan dia di rumahnya…” (Ayub 42:11) merupakan bagian dari perikop tentang ‘Keadaan Ayub dipulihkan’ (Ayub 42:7-17).

    “…. dan makan bersama-sama dengan dia....” salah satu ciri seseorang yang hidup damai dan saling mengasihi adalah mereka akan bersedia untuk ‘makan bersama’. Ternyata di dalam acara makan bersama itulah terjadi hubungan yang semakin dekat, persahabatan yang semakin erat, dan diperoleh persekutuan satu dengan yang lainnya.

    Yesus juga menerapkan prinsip ini. Yesus makan di rumah Zakheus untuk membangun hubungan dengan dia. Yesus makan dengan orang Farisi untuk dapat memberitakan kebenaran kepada mereka. Dan ketika Yesus datang ke rumah Marta dan Maria, Marta langsung memasak, karena kemungkinan Yesus sering makan di rumahnya. Bahkan sebelum Yesus ditangkap, Dia makan bersama-sama dengan murid-murid-Nya. Setelah bangkit dari kubur, Yesus bertemu dengan beberapa murid di pinggir pantai dan menanyakan apakah ada makanan. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di ruangan yang terkunci rapat setelah bangkit dan bertanya, “Apakah ada ikan untuk dimakan?” (Lukas 24:36-43; Yohanes 20:19-23). 

    Dan Yesus juga berkata, “Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk dan mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku” (Wahyu 3:20). Oleh karena itu, rencanakanlah makan bersama bersama orang-orang yang mungkin sudah dekat dengan Anda, dan mulailah membangun hubungan dan mengembangkan hubungan yang penuh kasih.

    Kembalilah kepada suami atau istri Anda, anak-anak Anda yang mungkin sudah lama tidak Anda temui, kebarat Anda, dan pemimpin Anda. Ketika Anda hidup dalam ‘hubungan yang erat dan penuh kasih’ dengan orang lain, Anda akan mendapatkan berkat Tuhan. Anda akan dikenal baik oleh masyarakat, Anda akan disukai, Anda akan memiliki banyak teman, dan Anda sedang membukakan bagi diri Anda sendiri ‘pintu-pintu‘ untuk mendapatkan berkat dari semua orang.~ oleh GSJA CitraRaya 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: