Duri dalam daging Paulus (2 Kor 12:7)

Duri dalam daging Paulus (2 Kor 12:7)

Image

Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri. (2 Kor 12:7 Terjemahan Baru)

Aku tidak boleh terlalu bangga atas hal yang luar biasa yang ditunjukkan kepadaku sehingga hal yang menyakitkan diberikan kepadaku. Malaikat setan diutus untuk memukul dan menahan aku supaya jangan terlalu bangga. (2 Kor 12:7 Perjanjian Baru WBTC).

Duri dalam daging apakah yang ada di dalam diri Paulus? Ini adalah topik perdebatan yang sengit. Kata ‘’duri’’ yang dipakai di sini (skolops) tidak muncul di bagian lain dalam Perjanjian Baru. Artinya sesuatu yang runcing atau tajam misalnya tonggak atau pagar kayu runcing, atau ujung kait. Kata yang dipakai di Septuaginta menunjukkan duri atau onak seperti terjemahan “Aku akan menyekat jalannya dengan duri-duri” (Hosea 2:6 TB); “onak yang memedihkan” (Yehezkiel 28:24 TB) sebagaimana ditemukan pada bambu atau ranting pohon palem; dan untuk menunjukkan “selumbar di mata” (Bilangan 33:55 TB)

Sejauh ini kata tersebut di sini memiliki arti duri atau onak yang tajam. Maksudnya adalah sebuah pencobaan yang sangat berat dan menyakitkan bagaikan sebuah duri di dalam daging. Banyak pengulas yang mengatakan bahwa Paulus sedang merujuk pada kelemahan atau penyakit dalam dirinya.

Namun ada perdebatan besar atas apa yang dimaksud dengan kelemahan di sini… Bila anda melihat ulasan frasa ini, pendapat yang ada sebanyak ulasannya. Lebih lanjut lagi tidak ada yang berpendapat cukup meyakinkan mengapa pendapatnya harus diterima dibandingkan yang lain.

Banyak hal yang berbatasan dengan kekonyolan. Menurut Baxter ada batu atau kerikil di dalam sandal Paulus. Kalau memang begitu, keluarkanlah batu itu, Paulus. Doddridge yang biasanya ulasannya bisa diandalkan mengumpamakan “pengelihatan Paulus atas kemuliaan hal-hal surgawi begitu mempengaruhi sarafnya sehingga membuatnya lumpuh, dan khususnya membuatnya gagap dalam berbicara, dan mungkin menjadikan roman mukanya aneh.”

[“the view which he had of the glories of heavenly objects so affected his nerves as to produce a paralytic disorder, and particularly a stammering in his speech, and perhaps also a ridiculous distortion of the countenance.”]

Banyak pengulas bahasa Latin menganggap kalau itu adalah nafsu yang sulit dikontrol dan tak dapat dikendalikan. Chrysostom and Jerome mengasumsikan yang dimaksud adalah sakit kepala, sedangkan yang dimaksud Tertullian adalah sakit telinga. Menurut Rosenmuller itu adalah sakit asam urat di kepala, dan hal itu sering terjadi padanya; dengan kata lain dalam bahasa modern itu berarti Paulus menderita migren.

Tetapi semua itu kesia-siaan yang menunjukkan bahwa mereka cenderung mengartikannya seenaknya ketika sulit untuk menentukan makna sebuah teks. Yang dapat diketahui dari semua ini adalah sebuah kelemahan di dalam daging, kesengsaraan fisik atau musibah yang sakitnya bagai sebuah duri yang terus-menerus menusuk daging.

Jelaslah sesuatu hal yang Allah pakai untuk mencegah kesombongan rohani. Masuk akal bila kita menduga hal itu dapat terlihat oleh orang lain sehingga merendahkannya ketika ia bersama mereka. Kemungkinan hal itu sama dengan kesengsaraan fisik yang dimaksud di Gal 4:13-14.

Namun apapun itu, itu merupakan hal yang nyata dan bersifat pribadi.

 

Satu-satunya kekurangan yang harus diatasi adalah tingkah laku yang buruk. Robb Thompson

Bila kita ingin diubah menjadi anggur, satu-satunya cara adalah dihancurkan; buah anggur tidak dapat diminum. Oswald Chambers

Kita tidak bisa mengarahkan angin; tetapi kita bisa menyesuaikan layar. Bila kita tidak bisa mengubah kondisi, kita bisa mengubah diri kita. Robb Thompson

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: