BE RADIANT

Pdt. Ir. Timotius 
BE RADIANT (BANGKIT, BERSINAR DAN BERSERI – SERI)

Image

“Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong. Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN. Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku. Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya? Sungguh, Akulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau yang jauh; kapal-kapal Tarsis berlayar di depan untuk membawa anak-anakmu laki-laki dari jauh, perak dan emasnya dibawa serta, untuk nama TUHAN, Allahmu, dan oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, sebab Ia mengagungkan engkau.” Yes. 60:1-9
Pada masa-masa akhir ini, banyak tekanan-tekanan yang dialami orang-orang percaya, tetapi jangan takut, sebab kemuliaan Tuhan akan terbit bagi orang-orang percaya. Hal itu menggambarkan bahwa kondisi kita sedang ada dalam “midnight” yaitu tengah malam, seperti perumpamaan 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh, mereka yang siap menyongsong mempelai laki-laki, mereka selalu waspada dan berjaga-jaga, karena gadis-gadis yang bijaksana adalah mempelai perempuan Allah. Biarlah kita selalu siap untuk menjadi mempelainya Tuhan, karena Tuhan akan datang dengan tiba-tiba.

Bagaimana ketika kita mengalami kesulitan dan tekanan dalam mengikuti Tuhan, terutama pada masa-masa kini, yang harus kita lakukan menurut Yesaya 60:1-9, sebagai berikut:

Bangkitlah(dalam bahasa Ibrani: QUM!!!)
“Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.” (Luk. 1:39).
“Kemudian berangkatlah Maria” disitu menunjukkan bahwa Maria segera bangkit menuju kepada apa yang diperintahkan Tuhan, ketika Maria bangkit dan dipenuhi oleh Roh Kudus, Maria bersinar dipenuhi kemuliaan Tuhan. Bangkit dan bersinar oleh karena Tuhan yang menguasai hidup kita, maka kita akan membawa pemulihan dan kemenangan

Bersinarlah (dalam bahasa Ibrani: ORI!!!)
“Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” (Yoh. 1:3-4).
Kita diperintahkan untuk bersinar dalam dunia ini oleh Tuhan, karena Allah kita adalah terang dunia. Orang bijaksana akan bersinar seperti cakrawala yang menuntun banyak orang kepada kebijaksanaan.

Berseri-Seri (dalam bahasa Ibrani : NAHAR!!)
“Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.”Berseri-seri artinya sama dengan “kinclong” dalam bahasa jawa, hal itu menunjukkan, ada sukacita, ada kemuliaan. Ketika kita mengalami kondisi dan keadaan yang berseri-seri, apa yang menjadi janji Tuhan, yaitu bahwa kelimpahan dari seberang laut akan datang dalam kehidupan kita, artinya bahwa kita mengalami kelimpahan dan multiplikasi dalam hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: