ORANG BIJAK

USIA BUKAN HALANGAN

http://24hoursworship.com/teruslah-belajar/

Image

 

Amsal 1:1-7

… baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan ….

(Ams. 1:5)

Keiko Fukuda bukan sembarang perempuan. Saat orang-orang seusianya sudah terbaring di tempat tidur karena kehilangan kekuatan fisik, Fukuda mencetak sejarah baru pada usianya yang ke-98. Ia mendapat gelar sabuk hitam tingkat 10 dari Federasi Judo Amerika pada Juli 2011. Ia menjadi perempuan pertama dan, sejauh ini, satu-satunya perempuan yang mencapai tingkat tertinggi itu. Ia mulai menekuni olahraga Judo sejak 1935 hingga akhir hayatnya pada 2013. Meski kini ia telah tiada, namun semangat dan ketekunannya menjadi inspirasi bagi para olahragawan, khususnya olahragawan Judo.

Penulis Amsal menunjukkan siapa yang disebut sebagai orang bijak. Orang bijak adalah mereka yang senantiasa menambah ilmu. Ilmu yang dimaksud di sini bukan hanya ilmu pengetahuan, namun keterampilan dan kemampuan lainnya. Dengan demikian, orang bijak akan menjadi orang yang senantiasa memahami akan apa yang seharusnya dilakukan. Kesediaan untuk terus mengembangkan kemampuan menjadi hal yang membedakan antara orang bijak dan orang bodoh.

Allah memberi kepada setiap manusia kemampuan dan keterampilan. Sensei Keiko Fukuda menjadi contoh bagaimana ia tidak berhenti mengembangkan diri dan keterampilannya. Ia menikmati dan menjalani hari-hari yang dilalui dengan terus mengembangkan diri. Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga menjadi orang bijak yang terus-menerus mengembangkan diri?

REFLEKSI:

Salah satu tanda orang bijak adalah mampu menikmati hidupnya dengan terus-menerus mengembangkan diri. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: