HARI-HARI TERAKHIR

Hari-hari terakhir ini menunjuk akhir zaman, itulah zaman kita sekarang ini di mana rahasia Firman Allah semakin dibukakan oleh Tuhan kepada hamba Tuhan yang mempunyai kerinduan hati agar sidang jemaat terarah perjalanannya.

 images (62)

Tempat di mana eksisnya Firman pengajaran itulah gunungnya Tuhan.

Mazmur 68:17

Hai gunung-gunung yang berpuncak banyak, mengapa kamu menjeling cemburu, kepada gunung yang dikehendaki Allah menjadi tempat kedudukan-Nya? Sesungguhnya TUHAN akan diam di sana untuk seterusnya!

Naik ke Gunung Kudus Tuhan

Pendahuluan

Kata ” Gunung” sangat sering kita jumpai di sepanjang sejarah alkitab. Sebagai contoh adalah sebagai berikut :

Kej 22 :14 Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.” —> Tempat dimana dilakukan Persembahan kepada Tuhan

 Yes 2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: “Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem.” —- > “ Rumah Allah “

Mik 4 : 2 :” dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: “Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem.” — > Tempat Kudus Tuhan

Zak 8:3 :” Aku akan kembali ke Sion dan akan diam di tengah-tengah Yerusalem. Yerusalem akan disebut Kota Setia, dangunung TUHAN semesta alam akan disebut Gunung Kudus

Mat 17:1-2 suatu gunung dimana Tuhan berubah wajah kepada kemuliaan.

Exo 24:15 Maka Musa mendaki gunung dan awan itu menutupinya. Exo 24:16 Kemuliaan TUHAN diam di atas gunung Sinai, dan awan itu menutupinya enam hari lamanya; pada hari ketujuh dipanggil-Nyalah Musa dari tengah-tengah awan itu. Exo 24:17 Tampaknya kemuliaan TUHAN sebagai api yang menghanguskan di puncak gunung itu pada pemandangan orang Israel. Exo 24:18 Masuklah Musa ke tengah-tengah awan itu dengan mendaki gunung itu. Lalu tinggallah ia di atas gunung itu empat puluh hari dan empat puluh malam lamanya.

Yohanes 6:44-45

44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Pengajaran ini akan menggodok kita dan orang yang sudah digarap oleh Firman pengajaran akan dihentar Allah Bapa kepada Yesus sebagai Mempelai WanitaNya, sama seperti saat Hawa selesai diciptakan ia dibawa kepada Adam menjadi istrinya. Itulah kehidupan yang selalu ada di gunung Tuhan, selalu disirami oleh Firman pengajaran dalam ibadah. Jangan kita beribadah mengambang, beribadah tetapi tidak jelas.

Ibadah hanya hura-hura seperti dalam:

Amos 5:21-23

5:21 “Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.

5:22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.

5:23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Akan berakhir pada Amos 8:3,10

8:3 Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu,” demikianlah firman Tuhan ALLAH. “Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam.”

8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih.”

Yesaya 2:2

Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,

Banyak hamba Tuhan yang menjadi pekabar kabar mempelai tidak sabar menanti hal ini sehingga akhirnya ditarik oleh pengajaran lain sebab dia menganggap pengajaran lain itu yang bisa cepat untuk mendatangkan jiwa. Bukan mengada-ada, tetapi bangsa-bangsa akan berduyun-duyun datang ke gunung Tuhan, datang ke tempat di mana ada Firman Pengajaran.

Kalau Firman pengajaran itu ditolak maka Tuhan akan melepaskan kendali dari kuda-kuda sehingga kuda-kuda itu akan melakukan pekerjaannya dengan sewenang-wenang, utamanya kuda merah. Terlebih dahulu kita memperhatikan gerakan dari kuda putih.

Wahyu 6:1-2

1 Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dan aku mendengar yang pertama dari keempat makhluk itu berkata dengan suara bagaikan bunyi guruh: “Mari!”

2 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.

Kuda putih ini menunjuk pekerjaan Roh Kudus yang akan memuncak pada Wahyu 19:11-16. Dikatakan sebagai pekerjaan Roh Kudus dan bukan antikris sebab sebelum kuda putih tampil ada suara yang bagaikan bunyi guruh.

  1. Bunyi deru guruh ini adalah tanda penampilan Tuhan dengan maksud supaya umat takut kepada Tuhan.

Salah kalau ada yang berkata kuda putih yang ditampilkan dalam Wahyu 6 adalah antikris sebab antikris tidak akan mengajar manusia untuk takut akan Tuhan, bahkan dia mendorong manusia untuk berbuat dosa.

Keluaran 20:18-21

18 Seluruh bangsa itu menyaksikan guruh mengguntur, kilat sabung-menyabung, sangkakala berbunyi dan gunung berasap. Maka bangsa itu takut dan gemetar dan mereka berdiri jauh-jauh.

19 Mereka berkata kepada Musa: “Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”

20 Tetapi Musa berkata kepada bangsa itu: “Janganlah takut, sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa.”

21 Adapun bangsa itu berdiri jauh-jauh, tetapi Musa pergi mendekati embun yang kelam di mana Allah ada.

Bandingkan, Mazmur 119:120

Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Matius 10:28

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

Jangan kita takut pada manusia dalam hal ini antikristus. Kalau kita takut kepada Tuhan saat antikris datang kita sudah diterbangkan di padang belantara.

  1. Wahyu 4:5

Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.

Saat terdengar bunyi guruh yang hebat selanjutnya diperlihatkan aktifitas Roh Allah lewat 7 obor. Roh Allah hanya satu tetapi ada tujuh manifestasinya.

Yesaya 11:2; 28:6

11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, (1)roh hikmat dan (2)pengertian, (3)roh nasihat dan (4)keperkasaan, roh(5)pengenalan dan (6)takut akan TUHAN;

28:6 akan menjadi (7)roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.

Kalau hamba Tuhan bergaul karib dengan Tuhan maka Tuhan akan memberikannya roh hikmat sehingga tidak sulit baginya untuk mendapatkan rahasia Firman.

  1. Wahyu 8:5

Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi.

Bunyi guruh dikaitkan dengan penghukuman kepada orang yang tidak takut akan Tuhan. Asap pedupaan menghentar kita masuk dalam suasana nikah yang kudus dengan Kristus, tetapi apinya dilempar ke bumi menjadi penghukuman bagi manusia yang tidak takut akan Tuhan.

  1. Wahyu 10:2-4,6,10

2 Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,

3 dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya.

4 Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: “Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!”

6 dan ia bersumpah demi Dia yang hidup sampai selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, katanya: “Tidak akan ada penundaan lagi!

10 Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu, dan memakannya: di dalam mulutku ia terasa manis seperti madu, tetapi sesudah aku memakannya, perutku menjadi pahit rasanya.

Sekarang terjadi pembukaan rahasia Firman sebab meterai itu sudah Tuhan buka.

Daniel 12:4

 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.”

Pengetahuan yang dimaksud di sini adalah pengetahuan tentang rahasia Firman Allah, bukan pengetahuan dalam bentuk ilmiah. Sekarang ini banyak yang mengilmiahkan Firman dan bukan lagi Firman yang diilhamkan. Menyelidik di sini salah satu pengertiannya adalah berpergian kesana kemari. Sekarang ini kita melihat pelayan Tuhan yang berpergian kesana kemari, tetapi ada dua golongan:

  • Yang positif berangkat dengan kasih dan tidak membebani orang lain,

Murni untuk membawa manusia menjadi Tubuh Kristus.

  • Yang negatif melayani dengan tujuan mencari keuntungan lahiriah.
  1. Wahyu 14:2

Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.

Bunyi deru guruh yang dahsyat menghentar inti Tubuh Kristus di dalam kesempurnaan, itulah anggota Tubuh Kristus dari bangsa Israel yang telah disebutkan jumlahnya 144.000.

Orang yang tidak mengaku Yesus datang sebagai manusia, ia adalah antikrist.

I Yohanes 4:3,5-6

4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus (sebagai manusia), tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

4:5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.

4:6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.

Jumlah bangsa kafir yang akan masuk dalam Tubuh Kristus tidak diketahui jumlahnya.

Roma 11:25

Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Jangan kita mengikuti sifat bangsa Israel dahulu yang membuat mereka tidak bisa masuk dalam Tubuh Kristus.

Yesaya 48:4-7

4 Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu,

5 maka Aku memberitahukannya kepadamu dari sejak dahulu; sebelum hal itu menjadi kenyataan, Aku mengabarkannya kepadamu, supaya jangan engkau berkata: Berhalaku yang melakukannya, patung pahatanku dan patung tuanganku yang memerintahkannya.

Tuhan membukakan rahasia FirmanNya untuk menghadapi orang-orang semacam ini yang mempertahankan berhala. Berhala itu antara lain keras hati dan serakah.

6 Engkau telah mendengar semuanya itu dan sekarang engkau harus melihatnya; tidakkah kamu sendiri mau mengakuinya? Aku mengabarkan kepadamu hal-hal yang baru dari sejak sekarang, dan hal-hal yang tersimpan yang belum kauketahui.

7 Baru sekarang hal-hal itu diciptakan dan bukan dari sejak dahulu, dan sebelumnya engkau tidak mendengarnya, supaya jangan engkau berkata: Memang aku telah mengetahuinya!

Kalau berlaga sudah tahu saat mendengar Firman itulah ciri orang yang kepala batu.

  1. Wahyu 19:6-7

6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: “Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Suara ini menghentar masuk pada pesta nikah Anak Domba Allah.

Yesaya 42:21

TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Disebut pengajaran besar karena mengungkap rahasia Allah yang besar.

Disebut mulia karena menghentar kita untuk duduk bersanding dengan Kristus Yesus.

Jangan tolak pekerjaan Roh kudus ini. Bila hal ini kita tolak berarti kita tidak ada peluang untuk masuk dalam pesta nikah Anak Domba Allah.

Mumpung Firman Tuhan masih diperdengarkan biarlah kita berdamai dengan Tuhan. Begitu berharganya perdamaian itu di hadapan Tuhan.

Matius 5:23-25

23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,

24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

25 Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.

Matius 5:21-22

21 Kamu sudah mendengar barang yang dikatakan kepada orang dahulu kala, yaitu: Janganlah engkau membunuh, dan barangsiapa yang membunuh, ia akan terkena hukum.

22 Tetapi Aku berkata kepadamu, bahwa tiap-tiap orang yang marah akan saudaranya, ia akan terkena hukum; dan barangsiapa yang berkata kepada saudaranya: Hai jahil! ia akan dihukumkan oleh majelis besar; dan barangsiapa yang berkata: Hai gila! ia akan terkena hukum masuk api neraka.

Ini yang menjadi awal/benih sehingga akhirnya dilempar dalam neraka adalah mulai dari perkataan saat marah kepada sesama.

Kalau sampai berkata kafir itu adalah marah yang mengandung keangkuhan hati.

Kalau sampai berkata jahil itu adalah marah yang mengandung keputusan untuk putus hubungan sama sekali dengan orang tersebut, alias amarah yang disertai benci dan dendam.

Kasih Tuhan sudah Ia tunjukkan kepada kita yang telah mengangkat kita dari tempat yang kotor dan selanjutnya Ia memandikan kita dengan air Firman. Jangan sampai kita malah berkata kepada sesama kita kafir atau jahil. Itu tidak menyenangkan hati Tuhan Yesus, itu bukan ucapan dari anak Tuhan.

Tuhan memberkati.

sumber:Bernard Legontu

GEREJA PANTEKOSTA TABERNAKEL “KRISTUS PENEBUS” TENTENA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: