Masalah Hidup

Masalah Hidup (2)
– Diambil dari bacaan AIR HIDUP RENUNGAN HARIAN

Baca: Mazmur 24:16-23

“Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu;” Mazmur 34:20

images (62)

Kita perhatikan lebih dalam Mazmur 34:16-23: ada dua macam orang yaitu orang benar dan orang fasik, di mana masing-masing tipe orang itu memiliki masalah yang sama, namun ada hal yang membedakannya. Firman Tuhan berkata, “Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu;” (Mazmur 34:20), sedangkan bagi orang fasik: “Kemalangan akan mematikan orang fasik,” (Mazmur 34:22a); saat orang benar menghadapi masalah, Tuhan menyertai dan memberikan pertolongan kepadanya, sedangkan orang fasik akan menghadapi masalahnya seorang diri.

Ada beberapa alasan mengapa masalah dapat melanda kehidupan orang Kristen, di antaranya adalah: 1. Tuhan ingin memberikan kesempatan kepada kita untuk mempraktekkan firman itu. Kita sering menerima firman di banyak kesempatan, baik di ibadah Minggu, di persekutuan-persekutuan doa dan sebagainya, dan kebanyakan firman yang kita terima hanya dalam bentuk teorinya saja. Firman itu tidak dapat menjadi hidup di dalam kita bila kehidupan kita baik-baik saja/tanpa masalah. Tuhan menghendaki setiap firman yang Dia berikan kepada kia menjadi solusi pada saat masalah datang menimpa kita. Jadi, kita harus memiliki respon yang benar saat menghadapi masalah yaitu dengan mempercayai dan mempraktekkan firman yang kita baca atau dengar itu; dengan demikian kita akan melihat bahwa firmanNya benar-benar hidup dan berkuasa atas kita.

Sayangnya banyak orang Kristen yang malas dan tidak suka membaca firman Tuhan sehingga setiap ada permasalahan mereka mudah stres, uring-uringan dan frustrasi, padahal untuk setiap persoalan selalu ada satu firman yang akan menjadi solusi bagi masalah tersebut. Oleh karena itu, bacalah firman Tuhan dan renungkan senantiasa untuk mengisi perbendaharaan hati kita, sebab Tuhan selalu berbicara kepada kita melalu firmanNya! Kunci inilah yang diterapkan oleh Yosua ketika ia dipercaya menjadi pemimpin atas bangsa Israel, sehingga tantangan dan permasalahan yang ada mampu dilewatinya!

Mempraktekkan firman adalah bukti bahwa firman itu hidup dalam kita!

MEMANDANG RENDAH

Obaja 1:12
“Janganlah memandang rendah saudaramu, pada hari kemalangannya, dan janganlah bersukacita atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; dan janganlah membual pada hari kesusahannya.”

Bangsa Edom bersukacita ketika Israel saudaranya mengalami malapetaka, bahkan ikut menindas bangsa yang sudah terpuruk itu.

Catatan Perjanjian Lama menunjukkan kehancuran kerajaan Israel dan Yehuda diakibatkan oleh pemberontakan mereka terhadap Tuhan.

Salahkah jika Edom menyambut penghancuran mereka dengan bersemangat?

Tuhan dengan jelas menentang Edom. Dalam bagian lain, Tuhan sendiri berkata bahwa Dia menghendaki pertobatan, bukan kematian orang fasik.

Seharusnya Edom gentar dan merendahkan diri di hadapan Tuhan. Jika Tuhan tidak segan menghajar umat pilihan-Nya sendiri, bagaimana mungkin mereka berpikir mereka bisa luput?

Penghukuman Tuhan dimaksudkan agar manusia bertobat dan terhindar dari penghukuman kekal.

Ketika ada sesama kita yang jatuh dalam dosa dan didisiplin Tuhan, seharusnya kita berbelas kasih dan mendoakan agar pengalaman itu membawa mereka makin mengenal Tuhan dan taat kepada-Nya.

Dan, seharusnya kita tidak mengulangi kisah mereka. Dengan gentar di hadapan Tuhan yang kudus, kita perlu memohon kasih karunia untuk menjalani hidup yang berkenan di hadapan-Nya.

“KITA ADALAH SESAMA PENDOSA YANG MENERIMA PENGAMPUNAN. BENCILAH DOSA, TETAPI KASIHILAH SESAMA YANG TERBELENGGU DOSA”

Salam Kasih..
Tuhan memberkati..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: