PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN

Hikmat Harus Diusahakan

Picture1mmmmmm

Di satu sisi, hikmat adalah pemberian Allah yang harus diterima dengan sikap hati yang peka dan terbuka terhadap kebenaran Allah. Di sisi lain, hikmat harus dicari (diusahakan) dengan sungguh-sungguh, kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita tidak akan memiliki hikmat bila kita tidak memiliki kerinduan (minat) untuk hidup secara berhikmat. Kita tidak akan memiliki hikmat bila kita hanya menjalani hidup secara rutin tanpa berpikir tentang makna hidup. Hikmat harus diusahakan dengan sungguh-sungguh seperti kesungguhan orang yang mencari perak atau mencari harta terpendam (2:4).

Kepemilikan hikmat harus diawali dengan sikap takut akan Allah karena relasi kita dengan Allah itulah yang mendasari sikap hidup yang berhikmat. Pengenalan yang benar akan Allah akan mempengaruhi sikap kita dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam berhubungan dengan orang lain. Pengenalan yang benar akan Allah akan mendorong kita untuk menjalani jalan hidup yang baik, termasuk mendorong kita untuk melakukan kebenaran, keadilan, dan kejujuran (2:9). Bila hikmat telah meresap di dalam hati kita, kita akan terjaga dari jalan hidup yang jahat, termasuk dari penyimpangan seksual (2:10-17).

Di setiap zaman, manusia harus menghadapi berbagai masalah. Walaupun ada permasalahan khusus di setiap zaman, terdapat berbagai permasalahan mendasar yang berulang sepanjang zaman (walaupun dengan bentuk yang tidak persis sama). Hikmat diperlukan saat kita harus menghadapi berbagai pilihan dalam mengatasi setiap masalah. Tanpa hikmat, kita akan gampang tersesat dan mengambil jalan yang salah. Oleh karena itu, hikmat merupakan keperluan manusia sepanjang zaman. [P]

Amsal 2:6
“Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: