Merdeka di dalam Kristus

Yesus Penyelamatku

Allah membuat perjanjian lama itu menjadi tua dan usang….apa yang sudah tua,akan segera pula lenyap. Ibrani 8:13

 

image

Sepuluh Perintah Allah melalui Nabi Musa(Perjanjian Lama)

1.Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan

cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu

2.Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat

3.Kuduskanlah hari Tuhan

4. Hormatilah ibu-bapamu

5.Jangan membunuh

6.Jangan berzinah

7.Jangan mencuri

8.Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu

9. Jangan mengingini isteri sesamamu

1o.Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.

Taurat adalah larangan yang menjadi satu’guide line’bagi bangsa Israel(di perjanjian lama) .Saudara perlu diingatkan di sini setiap orang yang masih berada di bawah pekerjaan hukum taurat berada di bawah kutuk,kerana hukum taurat memperkenalkan kita kepada dosa.

Taurat diberi oleh Allah. Tetapi apabila manusia semakin berusaha untuk menaati taurat,mereka semakin melanggarnya dan berdosa terhadap Allah…(Roma 5:20)Karena semua orang yang hidup dari pekerjaan Hukum Taurat berada di bawah “Kutuk”.(Galatia 3:10)

PERJANJIAN BARU, HUKUM TAURAT DAN HUKUM KASIH
1. HUKUM TAURAT (old convenant) berlaku hanya sampai jaman Yohanes sesaat sebelum kedatangan TUHAN YESUS.
Luk. 16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
Gal. 3:24 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.
2. HUKUM KASIH (new convenant) merupakan penyempurnaan dari HUKUM TAURAT, karena dalam HUKUM KASIH sendiri sudah mencakup HUKUM TAURAT.
Dengan menjalankan HUKUM KASIH secara langsung juga sudah menjalankan HUKUM TAURAT, dan karenanya benar TUHAN Yesus sendiri mengatakan Ia datang bukan untuk meniadakan HT melainkan untuk menggenapinya /menyempurnakannya.. (Mat 5 :17-19; Rm3:31)

Dosa masuk ke dalam dunia melalui satu orang,dan dosa itu membawa kematian.Akibatnya MAUT  mengjangkiti segenap umat manusia,kerana semua orang berdosa.

Malah orang-orang yang tidak membuat pelanggaran dengan cara yang sama seperti yang di buat oleh Adam,orang-orang itu pun turut juga dikuasai oleh kematian.Roma 5:12

Mungkin anda saat ini berkata di dalam hati, “Ah,saya tak perlu menerima Yesus sebagai Juruselamat saya !Sayakan orang baik-baik tak pernah berbuat dosa.Amal yang saya buat sudah cukup banyak untuk membolehkan saya masuk ke dalam surga. “

Amal tidak membawa kita masuk surga jika tidak disertai dengan iman kepada Yesus.Titus 4:5 Ia menyelamatkan kita bukan kerana kita melakukan sesuatu yang baik.

Dosa membawa akibat yang amat buruk.Semula Adam dan Hawa dapat berkomunikasi langsung dengan Allah.Namun,setelah mereka melanggar perjanjian dengan Allah  dan makan buah dari pohon terlarang di Taman Eden mengakibatkan mereka TERPUTUS hubungan dengan Allah.

Akibatnya Allah mengutuk mereka.(Kejadian3:14-20).Melalui nabi Musa Allah juga memberi umatNya perjanjian berupa 10 perintah untuk ditaati namun GAGAL DITAATI dan masih dilanggar olehmereka.Kalaukita membaca dengan teliti perjanjian lama setiap dosa yang dibuat umat Israel membawa akibat yang buruk kepada mereka.Makanya anda tidak  boleh menyangkal bahawa anda perlu Juruselamat itu sebagai menebus dosa anda.

Maka setiap orang yang berdosa upahnya ialah maut. Hanya Yesus yang mampu membebaskan kita daripada hukuman terhadapdosa.Itusebabnya Allah mengadakan perjanjian baru dengan manusia kerana di bawah hukum taurat tidak ada seorangpun LAYAK.Kitasemua telah berbuat dosa.Barangsiapa mengatakan dia tdk pernah berdosa orang itu adalah PEMBOHONG.

Samson berada di periode perjanjian lama.Dan bukan fokus iman kita.(Galatia 3:19….Hukum agama berlaku hanya sampai dtgnya seorangketurunan Abraham yang disebut di dalam janji Allah kepada Abraham.)

“Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri- demikian firman Tuhan-Karena engkau (Abraham) telah berbuat demikian,dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,maka Aku akan memberkati engkau…..Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,karena engkau mendengarkan firman-Ku” .

(Kejadian 22:15-18)

Yesus Kristus telah membuat ini,supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain sehingga oleh IMAN kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.(Galatia 3:14)

(Tetapi kalau Roh Allah memimpin kalian,maka kalian tidak dikuasai oleh hukum agama.Galatia 5:18) ……anugerah keselamatan hanya diberi kepada yang PERCAYA YESUS sahaja)galatia 3:22-23(sebelum tiba waktunya untuk PERCAYA kepada Kristus,kita dijaga KETAT oleh hukum agama;kita seperti TERKURUNG sampai iman itu dinyatakan.)

Yesus tidak datang untuk meniadakan hukum taurat tapimengenapinya.Tiada hukuman bagi yang percayakepadaNya.Dosamemisahkan kita dengan Allah.Apa yang menjadi fokus dan topik penting pembicaraan kita di ruangan ini ialah Yesus sebagai Tuhan.Inilah inti di dalam perjanjian baru.

Kristus adalah gambar yang nyata dari Allah yang tidak kelihatan;Kristus adala anak sulung,lebih utama dari segala yangdiciptakan.Sebab melalui Dialah Allah menciptakan segala sesuatu di surga dan di atas bumi,segala sesuatu yang kelihatan dan yang tidak kelihatan,termasuk juga segala roh yang berkuasa dan yang memerintah.Seluruh alam ini diciptakan melalui Kristus dan untuk Kristus.Kolose 1:15-16

Dia adalah imam agung, raja di atas segala raja,Tuhan di atas segala Tuhan. 1 Timotius 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara ALLAH dan manusia,yaitu manusia Kristus Yesus,(6) yang telah menyerahkan diriNya sebagai tebusan bagi semua manusia yaitu kesaksian pada waktu yang ditentukan.

NOTA:ALLAH BAPA,ALLAH ANAK(Yesus Kristus),ALLAH ROH KUDUS –itu adalah satu OKNUM yang sama tetapi peribadi yang tidak sama peranan!

Allah Tritunggal-ALLAH BAPA,ALLAH ANAK,ALLAH ROH KUDUS

Manusia Tritunggal-roh, jiwa dan tubuh

“Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita” (1 Tes.5:23)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: