MENDOAKAN PEMIMPIN

e-Santapan Harian

Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup

Ayat SH: Mazmur 20

6 (20-7) Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.
7 (20-8) Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.

Judul: Mendoakan pemimpin

lppp

 

Pernahkah kita mendoakan para pemimpin kita? Baik pemimpin negara, masyarakat, atau gereja? Mari kita mendoakan mereka dengan menggunakan mazmur ini.Doa ini dipanjatkan dalam ibadah sebelum raja berangkat berperang melawan musuh. Tugas raja adalah menyejahterakan rakyatnya dan menjaga bangsanya dari musuh yang mengancam kedaulatan wilayahnya.Keduanya saling berkaitan. Aman dari musuh adalah konteks untuk pembangunan kesejahteraan rakyat.

Seorang imam mungkin melantunkan ayat 2-5, disusul dengan seruan jemaat di ayat 6, lalu kembali imam (7-9), dan diakhiri secara bersama-sama (10). Kesatuan doa ini terlihat. Ungkapan yang senada memulai (2a) dan mengakhiri (10b) doa ini. Nama Allah (2b, 6b, 8b)menjadi sandaran yang kokoh bagi kemenangan raja (6a, 7a, 10a).Kekuatan raja berasal dari surga (3, 5) karena Allah telah memilih dan mengurapi dia (7). Raja telah menjaga relasi kudusnya dengan Allah (4) serta tidak bersandar pada kekuatan pasukan perangnya(8a), padahal itulah yang lazim dijadikan pegangan raja-raja yang tidak mengenal Allah! Kemenangan pasti menjadi milik orang yang bersandar penuh kepada Allah (9).

Bagaimana mendoakan pemimpin kita? Konteks sekarang bukanlah peperangan melainkan kesejahteraan rakyat. Kita harus yakin bahwa para pemimpin kita adalah mereka yang Allah pilih untuk menyelenggarakan pemerintahan yang adil dan menyejahterakan rakyat. Ingat, kita ikut andil memilih mereka dalam pemilu yang lalu. Kita perlu mendoakan agar Allah berbelas kasih pada mereka dan mereka hidup takut akan Tuhan sehingga menjalankan tugas dengan benar. Doa pemazmur merefleksikan kepercayaan dan dukungan rakyat terhadap rajanya. Siapkah kita memberi kepercayaan dan dukungan, sambil tetap bersikap kritis (8) kepada pemimpin kita?

e-SH versi web: http://www.sabda.org/publikasi/sh/2011/06/19/

Mazmur 20

1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (20-2) Kiranya TUHAN menjawab engkau pada waktu kesesakan! Kiranya nama Allah Yakub membentengi engkau!
2 (20-3) Kiranya dikirimkan-Nya bantuan kepadamu dari tempat kudus dan disokong-Nya engkau dari Sion.
3 (20-4) Kiranya diingat-Nya segala korban persembahanmu, dan disukai-Nya korban bakaranmu. Sela
4 (20-5) Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kaurancangkan.
5 (20-6) Kami mau bersorak-sorai tentang kemenanganmu dan mengangkat panji-panji demi nama Allah kita; kiranya TUHAN memenuhi segala permintaanmu.
6 (20-7) Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.
7 (20-8) Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.
8 (20-9) Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak.
9 (20-10) Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: