TUHAN MELIHAT HATI

http://dev.bcs.org.sg/cms/pdf/0_671_1403WK1_TUHANMELIHATHATI.pdf

hjkProses pemilihan Saul sebagai raja Israel berbeda dengan pemilihan Daud. Pemilihan Saul didasarkan pada inisiatif bangsa Israel yang menuntut untuk memiliki seorang raja, sedangkan pemilihan Daud semata-mata merupakan inisiatif Allah yang telah menolak Saul. Saul memenuhi kualifikasi duniawi yang didasarkan pada penampilan fisik yang tinggi besar, sedangkan Daud memenuhi kualifikasi Allah yang melihat hati manusia. Perawakan Saul gagah, tetapi dia ditolak Allah karena dia terlalu mengandalkan logika dan tidak bersedia untuk taat secara mutlak. Perawakan Daud tidak segagah Saul, tetapi dia termasuk pria yang tampan (16:12 kulitnya kemerah-merahan, matanya indah, dan parasnya elok). Sekalipun demikian, pemilihan Allah tidak tergantung dari perawakan. Daud dipilih Allah karena hatinya dekat dengan Allah. Kedekatan Daud dengan Allah dapat dilihat terutama dari syair-syair di bagian-bagian kitab Mazmur yang dia tulis.

Cara pandang Samuel tidak berbeda jauh dengan cara pandang manusia pada umumnya. Samuel pun mudah terkecoh dengan penampilan (16:6-7). Bagi TUHAN, keadaan hati lebih penting daripada penampilan fisik, sehingga Ia memilih Daud yang oleh ayahnya sendiri pun dipandang remeh (16:11). Walaupun Samuel—untuk sementara—terpesona oleh penampilan fisik, ia membuka hati untuk berpikir seperti TUHAN berpikir dan ia taat untuk mengurapi Daud sebagai calon raja yang di kemudian hari akan menggantikan Saul. Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita bahwa perasaan dan intuisi kita bisa salah, sehingga kita harus terus mengembangkan kepekaan untuk mengenal kehendak Allah. [P]~ http://gkysydney.org/

1 Samuel 16:7
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel:”Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; nanusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: