Jesus is so Proud of You

Bermegah di Dalam Tuhan by saatteduh

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Korintus 10 

Jesus is So Proud of You 2

Kata “bermegah” berarti “Membanggakan (membesarkan, menyombongkan) diri atau berlaku ingin lebih megah dari pada yang lain.”  Orang yang bermegah seperti itu tidak diperkenan Tuhan karena ia menempatkan diri sebagai Tuhan, sehingga tidak ada tempat lagi bagi Tuhan.

Para rasul palsu memegahkan diri terhadap jemaat Korintus (10:12), sekaligus mengejek Rasul Paulus dengan mengatakan bahwa surat-suratnya memang tegas dan keras, tetapi sikapnya lemah dan perkataannya tidak berarti bila berhadapan muka (10:10). Mereka mengukur diri mereka dengan ukuran mereka sendiri. Mereka mengaku memiliki karunia rohani yang lebih spektakuler dibandingkan dengan Rasul Paulus (1 Korintus 12–14). Mereka membanggakan pengalaman mistik dan kematangan rohani mereka sehingga memperdaya beberapa orang anggota jemaat untuk membenci Rasul Paulus. Kemegahan semacam itu merupakan kebodohan karena mereka menyingkirkan Tuhan dari hidup mereka. Sebaliknya, Rasul Paulus tidak ingin bermegah di dalam diri sendiri atau di dalam diri orang lain, melainkan bermegah di dalam Tuhan, artinya ia menyadari kelemahan dirinya serta mengakui kekuatan kuasa Tuhan yang bekerja dalam dirinya (2 Korintus 10:17).

Seseorang bisa saja berpikir bahwa ia adalah seorang  pemain piano yang terbaik. Namun, ketika ia membandingkan dirinya dengan orang yang lebih baik dalam memainkan piano, ia akan berubah pikiran dan menyadari bahwa dirinya bukanlah yang terbaik. Seseorang bisa saja berpikir bahwa dia adalah orang yang paling pandai di sekolah. Akan tetapi, ketika ia membandingkan dirinya dengan orang lain yang lebih pintar daripada dirinya, ia akan bungkam. Janganlah bermegah di dalam diri sendiri atau di dalam diri orang lain, tetapi bermegahlah di dalam Tuhan. [Souw] 

2 Korintus 10:17
“Tetapi barangsiapa bermegah hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: