2015: DOUBLE REST, DOUBLE GRACE

Pdt. Eluzai Frengky Utana

ren-130824-Renungan-Mensyukuri-Dalam-Hidup-Kita-Yang-Luar-BiasaSebagian besar dari kita sangat senang ketika mendengar kata ‘double grace’ yang dicanangkan. Kita senang mendapatkan kejadian tepat dan berkat yang melimpah, namun kurang mengerti maksud Tuhan di balik setiap berkat dan kejadian yang tepat yang terjadi dalam kehidupan kita. Jika kita mengerti maksud dan tujuan Tuhan dalam setiap kejadian yang tepat dalam kehidupan kita, maka kita akan memasuki tahun 2015 ini dengan double rest, double grace dan nama Tuhan dipermuliakan dalam hidup kita. Haleluya!

Grace memiliki arti:
G : God’s gift to me; artinya bahwa semuanya itu pemberian dari Tuhan
R: Received by faith; diterima oleh iman bukan karena kita layak, atau hasil usaha kita sendiri tetapi karena kita dilayakkan.
A: Available to everyone; tersedia untuk semua orang secara gratis
C: Comes to Jesus; anugrah ini hanya bisa diterima melalui Yesus Kristus
E : Extended through eternity; dilanjutkan sampai kepada kekekalan

Sementaraitu, ‘rest’ berbicara tentang ‘istirahat’ sesungguhnya yang hanya ada dalam Kristus. Tuhan Yesus mati di kayu salib dan sudah menyelesaikan semuanya bagi kita, kematianNya memerdekakan hidup kita, hingga jika kita mengalami ‘kejadian-kejadian yang tepat’, maka kita akan gunakan semuanya itu bagi kemuliaan Allah, bukan demi keegoisan diri kita sendiri. Ayub 42:10 mengatakan bahwa Tuhan memulihkan keadaan Ayub lewat kejadian yang tepat setelah Ayub berdoa bagi sahabat-sahabatnya. Sebagai gantinya, Ayub diberikan dua kali lipat dari keadaannya yang dahulu. Jadi, pada Ayub harta sebesar dua kali lipat bukanlah tujuan akhir, namun sebagai bonus. Dalam pencobaan, Ayub tetap hidup benar dan melipatgandakan nilai-nilai kebenaran dalam hidupnya, bahkan setelah istrinya menyuruh agar Ayub mengutuki Allah dan sahabat-sahabatnya menuduh Ayub berdosa. Mari lipatgandakan kebenaran yang Tuhan berikan karena itulah kasih karunia (grace) yang sesungguhnya dalam kehidupan kita.

Ada kata-kata hikmat yang berbunyi, “ tidak ada pertumbuhan tanpa tantangan, tidak ada tantangan tanpa perubahan”. Jangan kuatir akan tantangan di tahun ini, karena tantangan itu bukan bertujuan untuk menghancurkan kita, tetapi justru agar kebenaran-kebenaran kita harus lebih ditingkatkan lagi. Melaluinya, kita akan terus bertumbuh dan tantangan tersebut akan membawa kita ke perubahan yang lebih baik lagi, sehingga kita akan memasuki tahun ini dengan tersenyum karena Tuhan pasti berbuat sesuatu yang dahsyat dalam hidup kita. Lekatkan diri kita kepada Tuhan, maka akan ada istriahat yang sejati dalamNya.

Kita harus mengetahui tujuan dalam setiap kejadian yang tepat. Seperti pada kisah wanita dari Samaria yang memiliki suami lebih dari seorang. Tuhan tahu bahwa kebutuhan pribadinya adalah ‘the living water’ itu sendiri. Saat wanita itu mendapatkanNya, dia dapat hidup dalam kebenaran dan akhirnya mengubahkan nasib satu desa. Jika saja wanita ini hanya berfokus pada dirinya sendiri dan

tidak dapat menangkap maksud dan tujuan Tuhan, bias saja dia akan hidup kembali ke kehidupannya yang lama.

Milikilah hidup yang menjadi pengaruh, tidak hanya sekedar berfokus pada diri sendiri. Tingkatkan nilai-nilai kebenaran lebih lagi, hiduplah menjadi pembawa pengaruh, sehingga nama Tuhan dipermuliakan dan hidup kita menjadi dampak bagi orang lain.

Lukas 5:1-11 menceritakan tentang penjala ikan yang berubah menjadi penjala manusia. Mereka yang dahulunya lebih mementingkan kebutuhan perut, sekarang menjadi seseorang yang mencari jiwa. Ketika kita mencari jiwa, maka kebutuhan hidup kita yang lain, termasuk perut, akan mengikuti. Artinya, tujuan kita supaya dapat menikmati segala sesuatu yang Tuhan pulihkan, adalah agar kita memuridkan orang lain. Ketika Tuhan telah memulihkan kehidupan kita dan mengangkat perekonomian kita, kita tidak boleh focus hanya kepada diri sendiri. Kita justru harus memuridkan orang lain, sebab kita dipulihkan untuk memulihkan. Saat kita memuridkan orang lain, hal itu juga membantu agar iman kita menjadi semakin kuat. Dalam pemuridan, juga ada penginjilan yang akan memperkuat visi dan misi kita. Di dalamnya juga ada persekutuan yang membantu kita mengatasi masalah-masalah kita, dan tempat di mana kita juga dapat menemukan taletna kita. Jadi, pemuridan bukanlah hal yang membosankan namun menjadi tempat di mana Tuhan mau kita berada dan selalu ada ‘double grace’ dan ‘double rest’ dalam hidup kita.

Kitab Rut bercerita tentang Rut yang diperistri oleh Boas. Rut tidak hanya sekedar dipulihkan dari keberadaannya sebagai janda. Ada maksud Tuhan dari pemulihan tersebut dan Rut akhirnya melahirkan generasi yang mewujudkan gambar Tuhan.

1 Korintus 3:7-8 mengatakan bahwa, tugas menanam dan menyiram itu tugas dari kita masing-masing, dan pertumbuhan itu datangnya dari Tuhan. Itulah anugrah dari Tuhan. Itu berarti, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi dengan Tuhan dan sesama kita, sampai akhirnya nama Tuhan dipermuliakan.

Awali tahun ini dengan senyuman, karena tangan Tuhan akan menuntun hidup kita sepanjang tahun ini. Jangan takut, meskipun tahun ini akan ada banyak tantangan, karena tantangan itu akan membawa kebaikan dalam hidup kita sepanjang kita melipatgandakan nilai-nilai kebenaran dalam hidup kita, sehingga ada mujizat ilahi dalam hidup kita untuk menerima‘double rest double grace’. Jika kita sudah menerima ‘grace’ tersebut dalam hidup kita, jangan fokus kepada diri sendiri dan temukan maksud tujuan Tuhan dari mujizat tersebut. Mulai memuridkan orang lain yang mempunyai ‘nasib’ sama seperti kita dahulu, sehingga hidup kita dapat menjadi dampak bagi orang banyak, dan nama Tuhan dipermuliakan. Amin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: