ENGKAU AKAN SELAMAT, ENGKAU DAN SEISI RUMAHMU

Everyone In Your House Included!

by Oikodomeo

SCRIPTURE
Kisah Para Rasul 16:31  TB
Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Acts 16:31 NIV 
They replied, “Believe in the Lord Jesus, and you will be saved–you and your household. ”

Acts 16:31  MSG
They said, “Put your entire trust in the Master Jesus. Then you’ll live as you were meant to live–and everyone in your house included!

OBSERVATION
Everyone In Your House Included!Hari minggu setelah pulang dari image, saya dan beberapa teman pergi makan di salah satu restoran cepat saji. Di dalam pembicaraan sewaktu kami makan salah seorang anak image yang saya kenal memang sangat kritis dan penuh rasa ingin tahu bertanya kepada saya. “bagaimana dengan Firman yang berkata “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” apakah memang kalau kita percaya kepada Yesus maka bukan kita saja yang selamat tetapi semua orang yang ada di rumah kita juga akan otomatis selamat kalau kita percaya?” intinya dari pertanyaan ini Apakah karena satu orang bertobat, secara otomatis seisi keluarganya diselamatkan? (melihat ada anak muda yang punya kerinduan akan hal hal yang rohani selalu membuat saya bersemangat. Pembicaraan-pembicaraan yang membangun dan bergairah seperti inilah yang menjadi kerinduan saya bisa dilakukan oleh anak muda di jaman ini, bukan kumpul tak jelas habisin waktu, ngegosip orang lain, habisin uang, joke kotor, dan hal lain yang tidak membangun)

Nah bagaimana apakah pernah kita juga pernah bertanya akan hal ini juga dalam kehidupan kita? Keselamatan ialah milik masing-masing pribadi, tak dapat diwakilkan oleh siapapun. Imamat 5:17 Jikalau seseorang berbuat dosa dengan melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN tanpa mengetahuinya, maka ia bersalah dan harus menanggung kesalahannya sendiri. Setiap kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri.

Meski demikian, Allah penuh kasih sehingga keselamatan kepala keluarga membawa dampak yang besar bagi seisi keluarganya. Kepala keluarga yang diselamatkan akan menjadi saksi dan memberitakan Injil kepada isteri dan anak-anaknya yang belum percaya. Ketika mereka mendengarkan Injil keselamatan yang terlebih dahulu menyelamatkan si kepala keluarga dan melihat perubahan hidup yang terjadi dalam hidupnya, ini akan membawa anggota keluarganya, datang kepada Kristus.

Hal inilah diperlihatkan oleh kepala penjara itu. Setelah diselamatkan, “Pada jam itu juga kepala penjara itu membawa mereka dan membasuh bilur mereka. Seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis” (ay. 33).

Ayat 34 menuliskan, “Lalu ia membawa mereka ke rumahnya dan menghidangkan makanan kepada mereka. Dan ia sangat bergembira, bahwa ia dan seisi rumahnya telah menjadi percaya kepada Allah.” Guys Gals, ada sukacita tersendiri bagi kita yang melihat seisi keluarganya bisa percaya bahkan bisa bersama-sama melayani Tuhan (teringat lagu yang berlirik “bersama keluargaku melayani Tuhan..”)🙂 Saya telah mengalaminya lalu bagaimana dengan anda? Janji ini bukan hanya untuk saya tetapi untuk anda juga.

APPLICATION
– Sebagai anggota dari keluarga, kita yang  sudah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, adakah imanmu terpancar lewat perubahan hidup yang tampak dalam dirimu menjadi magnet untuk mendorong bapak, ibu, dan saudaramu yang lain untuk datang kepada Kristus? Marilah kita menjadi kesaksian hidup dan menyatakan kebesaran-Nya di tengah-tengah keluarga kita.

PRAYER
Tuhan saya percaya kepadaMu, saya percaya kepada janjiMu yang berkata ketika saya percaya kepadaMu maka aku dan seisi rumahku akan selamat. Mampukan aku agar dapat menjadi saksi di dalam keluargaku dan membawa keluargaku datang kepada Tuhan. Dalam nama Yesus Amin!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: