The Joy of Right Happening

Yesus berdaulat untuk menaikkan seseorang yang rendah hati, dan menurukan orang yang congkak. Berdaulat artinya adalah memiliki kuasa dan otoritas secara penuh. Itu berarti, Yesus dapat mengangkat orang miskin keluar dari debu serta menurunkan orang angkuh dari takhtanya.

Yeremia 37:1 berkisah tentang Nabi Yeremia yang menyampaikan perintah Tuhan kepada raja Israel, namun hal itu tidak diindahkan oleh raja dan bangsa Israel. Yeremia memiliki arti “Jehovah will rise; Jehovah exalts, Jehovah establish, Jehovah has appointed (Tuhan membangkitkan, Tuhan akan mengangkat dan menunjuk)”.image

Pada jaman Yeremia, latar belakang bangsa Israel adalah dibuang ke Babilonia selama tujuh puluh tahun, karena Tuhan menghukum mereka akibat penyembahan berhala yang mereka lakukan. Hal itulah yang membuat Tuhan murka. Pada saat itu bangsa Israel berusaha mencari pertolongan kepada bangsa Mesir, dan kelihatannya hal itu berhasil menghalau bangsa Babilonia. Namun Yeremia menyampaikan bahwa hal itu terjadi hanya sebentar saja, sebab tentara Babilon akan kembali lagi untuk merampas dan membakar kota Yerusalem dengan api.

Oleh karena Firman Tuhan yang disampaikannya, Yeremia dimasukkan ke dalam penjara berisi air. Kemudian, saat dia dikeluarkan, hal tersebut tidak mengubah perkataan Yeremia tentang Firman Tuhan kepada bangsa Israel agar menyerahkan diri kepada tentara Babilonia. Hal ini membuat beberapa orang marah dan memasukkan Yeremia kembali ke dalam penjara.Dia difitnah, dituduh dan bahkan kemudian diminta agar dihukum mati (Yeremia 38:4)

Lewat kisah tersebut di atas, kita dapat melihat bahwa ketika kita menyampaikan kebenaran Firman Tuhan, belum tentu hal itu disukai orang lain. Bahkan, yang datang adalah siksaan (1 Petrus 4:7) dan aniaya yang ditujukan untuk menguji kemurnian iman kita. Ada pepatah mengatakan, “To receive Christ, you pay nothing. To follow Christ, you pay something, but to wholy follow Christ you have to pay everything” (Untuk menerima Yesus, kita tidak perlu membayar apa-apa, untuk menjadi pengikut Yesus, ada harga yang harus dibayar, namun untuk seutuhnya mengikuti Yesus, kita harus membayar harga semuanya). Inilah yang dibayar Yeremia, dia diserahkan oleh raja Zedekia kepada para pemfitnahnya yang datang dari pemuka bangsa Israel.

Orang percaya yang beribadah kepada Tuhan cepat atau lambat pasti akan mengalami aniaya. Namun, seperti Yeremia, kita harus mengerti bahwa di atas segala permasalahan kita, Yesus berkuasa dan berdaulat dalam hidup kita. NamaNya disebut Jehovah establish, Tuhan yang berkuasa atas hidup kita dan berdaulat. Jadi kita tak perlu kuatir akan apapun juga.

Yeremia dimasukkan ke dalam sumur dan terancam mati. Namun waktu yang tepat datang kepada Yeremia (the right happening). Keadaan seolah sudah kalah di pihak Yeremia, namun ingatlah bahwa Allah berdaulat atas hidup kita. Tuhan memakai seorang sida-sida, dan melalui bantuan tiga orang hamba yang lain, Yeremia diangkat. Melalui jalinan kain yang sobek-sobek, Yeremia diangkat dan akhirnya keluar dari lobang lumpur.

Demikian juga kehidupan kita. Meskipun Iblis berusaha menghancurkan hidup kita lewat cara memporak porandakan hidup kita, melalui hancurnya keluarga, hancurnya keuangan, maupun kesehatan dan ada saat-saat kita merasa bahwa hidup kita tamat karena beratnya malapetaka yang kita alami. Asalkan kita benar-benar hidup dalam kebenaran, kita harus tahu satu hal bahwa Tuhan adalah Allah yang berkuasa dan berdaulat. Dia menaikkan orang benar keluar dari dalam debu dan menurunkan orang congkak dari tahtanya.

Tuhan berdaulat atas hidup kita. Dia mampu menggunakan cara-cara dan orang-orang serta alat-alat yang sebelumnya tidak kita pikirkan, untuk menolong kita. Itulah sukacita saat yang tepat (the Joy of Right Happening). Tuhan memberkati. AMIN
Sermon:Pdt Dr Timotius Arifin Tedjasukmana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: