BERTOBAT

Utamakan Pimpinan Tuhan

Zaman ini mengedepankan kecepatan, kekuatan, dan kepandaian, namun TUHAN mengajar kita untuk mengutamakan pimpinan-Nya saat kita mengambil keputusan untuk menentukan langkah-langkah kita.

Bangsa Yehuda disebut sebagai bangsa pemberontak karena mereka membuat perjanjian dengan Mesir tanpa meminta petunjuk TUHAN. Ketakutan terhadap bangsa Asyur membuat bangsa Yehuda segera melakukan perjanjian dengan Mesir. Mereka lebih percaya kepada angkatan perang dan lebih meyakini bahwa mereka harus bertindak cepat, padahal TUHAN berkata bahwa apa yang mereka perbuat adalah sia-sia. Mesir tidak dapat melindungi mereka. Kehebatan angkatan perang tidak ada gunanya karena mereka akan lari ketakutan menghadapi pasukan besar bangsa Asyur. Apa yang mereka perlukan adalah, “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.” (Yes. 30:15).

Tidak dapat disangkal bahwa kita semua akan berusaha secepat mungkin mengatasi ketakutan kita dengan tindakan-tindakan preventif (pencegahan). Tidak semua tindakan preventif salah di mata TUHAN. Kita perlu melakukan tindakan ?sedia payung sebelum hujan”. Namun, adalah salah bila kita berpikir bahwa tindakan cepat pasti lebih baik daripada tindakan yang hati-hati dan penuh ketenangan. Sebenarnya, kita perlu belajar bukan untuk menjadi cepat, melainkan untuk tenang dan percaya, karena di situlah kekuatan TUHAN akan kita alami. Tenang dan percaya berarti kita mencari pimpinan TUHAN. Kita perlu belajar mengintrospeksi diri di dalam setiap permasalahan yang kita hadapi dan kita harus rela untuk belajar bertobat dari kesalahan kita. [RAAL]

Yesaya 30:15b
“Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan,dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: