BELAJAR MEMBERKATI BANGSAMU

A2J8K40CAJ61OX2CA0M86SHCANNBBDXCA305ARMCA7EKH5WCAJ8HAUUCAC8YUJ5CAW7A2UICAA7AHVKCAGGCXMCCARZNQIACA1XUO6UCA9DBQQECA038RY6CAW0O9AWCAUVB5A4CAI33YZXCAL2M2YGCABM0DLXKita pernah mendengar berita tentang perang ISRAEL VS HAMAS di GAZA.  Banyak orang di berbagai negara, mengecam, bahkan mengutuk ISRAEL karena peperangan ini.melalui note ini saya ingin berbagi dgn saudara-saudara seiman untuk tidak ikut-ikutan mengutuk israel. kenapa? Karena mengingat ISRAEL adalah bangsa pilihan tuhan, dan firman tuhan mencatat bahwa siapa yg memberkati  ISRAEL akan diberkati dan siapa yg mengutuk akan dikutuk.

Kejadian 27:27-29 “Lalu datanglah Yakub dekat-dekat dan diciumnyalah ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya:’Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN (Yahweh). Tuhan akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.

Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia.”Perhatikan kalimat terakhir ayat di atas: “Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia.” Kita tahu bahwa Yakub adalah Israel (Kejadian 32:28). Jadi jangan kita terpancing dan ikut-ikutan mengutuk Israel. Sangat berbahaya bagi kita! Kalau tindakan Israel itu salah, biarlah mereka berhadapan dengan Tuhan sendiri, tapi kita jangan ikut-ikutan menghakimi apalagi mengutuk! Karena pembalasan adalah haknya Tuhan (Ibrani 10:30).

Kalau kita mengutuk, tidak akan mempengaruhi Israel sehingga Israel menghentikan serangan senjatanya; yang ada malah kita sendiri terkutuk karena mengutuk bangsa pilihan Tuhan. Lebih baik kita berdiam diri dan mendoakan supaya terjadi kedamaian di Israel.Tidak hanya terhadap Israel saja kita tidak boleh mengutuk, tetapi ni juga berlaku bagi semua pihak. Lebih baik jangan pernah mengutuk kepada siapapun.

Lebih lanjut Firman Tuhan berkata: “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu,tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu,supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia” (Efesus 4:29).

Ada pemimpin yang suka mengutuk orang yang mereka pimpim sehingga dia sendiri akhirnya lebih menderita dari orang yang dia kutuk.Ada seorang mentor dalam kursus yang saya hadiri sering memberi markah tidak baik kepada teman-teman saya,sehingga banyak yang merasa tidak puas hati.Apa yang terbaik dihasilkan tidak dapat diberi markah terbaik kerana dia pasti mencari kelemahan-kelemahan untuk diketengahkan.Akhirnya,suatu ketika dia bercerita bukan mudah mendapat markah A waktu dia belajar.Oleh kerana mentornya selalu memberi markah dibawah A ,dia mengganggap orang yang mendapat A itu sangat sukar.Seorang teman mengganggap orang ini punya dendam dan dia tidak ingin melihat pelajarnya lebih berjaya daripadanya.Kebanyakkan mentor yang lain dapat memberi markah yang lebih dipercayai .

Saya suka meneliti latar belakang orang yang sangat negatif dalam menilai orang lain.Mereka ternyata masih terikat 6a-yosuadendam dan hanya mereka bebas dari dendam dapat menerima keberadaan orang lain tanpa dipengaruhi oleh dendam,hasutan dan sebagainya.Orang yang berjaya pasti menghasilkan generasi yang cemerlang.Para “leaders” yang cemerlang pasti menghasilkan lebih banyak “leaders” yang cemerlang.Orang yang menilai dirinya dengan positif pasti tidak menjatuhkan generasinya.Generasi Joshua berhasil menakluk tanah kanaan kerana tidak mementingkan diri sendiri.Mereka berusaha untuk mendapat tanah untuk setiap sukunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: