KEANGKUHAN HIDUP, BUKANLAH BERASAL DARI BAPA

I Yohanes 2 : 15 – 17

“Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. SEBAB SEMUA YANG ADA DI DALAM DUNIA, YAITU KEINGINAN DAGING DAN KEINGINAN MATA SERTA KEANGKUHAN HIDUP, BUKANLAH BERASAL DARI BAPA, MELAINKAN DARI DUNIA. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.”

DOSA INGIN PUJI

Melihat orang lain dipuji, sukses, berkedudukan dan sebaginya, lalu timbul keinginan yang sama yaitu ingin dipuji, tidak mau kalah, ini dosa sombong.Di dalam dunia ini bukan dosa, bahkan ini baik menurut orang-orang dunia yaitu rangsangan untuk maju. Istilah orang dunia inilah bersaing dengan sehat.

Tetapi bagi orang-orang beriman lain! Kalau kita melihat orang lain sukses dan dipuji, jangan membiarkan timbul keinginan sombong yaitu rasa tidak mau kalah, apalagi sampai menguasai pikiran kita. Kita boleh mengharapkan sukses yang sama dari Tuhan kalau itu kehendak Tuhan dan sudah waktunya, tetapi jangan iri, sakit hati karena tidak mau kalah, ini dosa!

Orang dunia maju sebab tidak mau kalah, sebab ingin puji, sombong, tetapi orang-orang beriman maju dengan berkat Tuhan untuk kemuliaan nama Tuhan, sebab semua berasal dari Tuhan 1Kor 4:7. Kalau kita yakin itu dari Tuhan, bertindaklah dengan iman, Tuhan sanggup memberikannya pasti dapat dan segala puji kita kembalikan kepada Tuhan yang memang berhak atas semua pujian.

Atalia, Absalom dan sebagainya melihat tahta dan ingin dalam hatinya akan tahta kehormatan itu. Pada waktu ada kesempatan, dosa itu nyata kelihatan dan muncul. Semua dimulai hanya dengan melihat-lihat saja

Sumber:http://www.tulang-elisa.org/keinginan-mata/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: