Saling Mendahului Dalam Memberi Hormat.

Argus-Respect-Poster-N4584_XL

Ada waktu dalam hidup kita kita merasa tidak dihormati namun jangan cepat tersinggung,selidiki diri kita sama ada kita juga punya sikap hormat tak kira pada anak-anak kita dan orang-orang bawahan kita atau justru kita sering merendahkan mereka dan menimbulkan perasaan rendah diri dalam diri mereka dengan sikap kita yang sering memarahi,mengutuk dan sebagainya.Untuk dihormati kita harus punya wibawa,kasih dan belas kasihan…tunjukkan juga rasa hormat kita dengan kasih yang lahir dari hati yang tulus.

Efesus 6:4 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Kasih dan Hormat

by Daniel T.A. Harahap

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. (Roma 12:10).

Ada dua ajakan dalam ayat hari ini dan keduanya berhubungan. Pertama: kita diajak saling mengasihi sebagai oran-orang yang bersaudara. Alangkah indahnya. Saya tidak hanya disuruh mengasihi melainkan juga boleh menemukan diri saya dikasihi. Sebaliknya saya diminta tidak hanya ingin dikasihi tetapi juga harus mau dan mampu mengasihi. Namun kita tidak dapat mengasihi orang yang sangat jauh dan apalagi tidak kita kenal sama sekali. Semakin dekat dan kenal kita dengan seseorang semakin mudah kita mengasihi dan dikasihinya.

Kedua: kita diajak saling menghormati, bahkan saling mendahului dalam memberi hormat. Biasanya semakin dekat dan kenal kita secara mendalam dengan seseorang  semakin sulit  kita menghormatinya. Mengapa? Sebab kelemahan dan kekurangan orang tersebut telah terbuka kepada kita dan itu membuat kita acap menjadi kurang hormat padanya. Karena itu banyak orang sangat hormat kepada orang yang jauh, namun tidak hormat kepada orang-orang terdekatnya apalagi pasangan hidup yang telah bertahun-tahun se rumah dengannya.

Namun hari ini kita diajak agar sekaligus mengasihi dan menghormati. Sekaligus kita juga dibolehkan berharap menemukan diri kita juga sekaligus dikasihi dan dihormati oleh orang lain. Semua itu kita terima sebagai anugerah Tuhan.

Doa:

Ya Allah, ajarlah kami saling mengasihi dan saling menghormati. Penuhilah  hati kami dengan ketakziman, sikap hormat dan kasih tak bersayarat kepada orang lain. Engkau menciptakan kami begitu mulia dan berharga dan Engkau mengasihi kami. Biarlah kami juga menghargai dan mengasihi diri kami dan sesama kami, terlebih mengasihi dan takut kepada Tuhan. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap
http://rumametmet.com/2009/09/02/kasih-dan-hormat/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: