DOA YABES

 

~ DOA YANG AMPUH ~

“Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tanganMu menyertai aku, dan melindungi aku dari malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” (1 Tawarikh 4:10)

Doa Yabes di dalam I Tawarikh 4:10 adalah salah satu ayat favorit. Ditulis hanya dalam satu ayat, tapi makna yang terkandung di dalamnya sangat luar biasa. Yabes hanya diceritakan dalam dua ayat, tapi doa Yabes tersebut telah menginspirasi jutaan orang. Bahkan kini setelah ribuan tahun pun kita masih membicarakan dan membahas doa Yabes tersebut. Apa uniknya doa Yabes? Ini adalah doa yang penuh kepasrahan tapi juga penuh semangat. Penuh syukur, tapi juga mengandung “ambisi”. Mari kita belajar dari kuasa dalam doa Yabes.

  1. Mengakui Tuhan sebagai Sumber Berkat.

Yabes berdoa, “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah..”. Yabes tahu bahwa hanya Tuhanlah yang sanggup memberkatinya secara berlimpah. Saat kita menginginkan berkat, siapakah yang kita cari? Apakah kita mencari manusia yang bisa kita andalkan, ataukah pengharapan kita tertuju kepada Tuhan? Saat bisnis, pekerjaan atau karir kita mengalami masalah, kemanakah kita akan lari untuk mencari pertolongan? Akuilah Tuhan sebagai Sumber Berkat, dan lekatkan hidup kita kepada Sang Sumber Berkat itu.

  1. Doa yang spesifik.

Apa keunikan Doa Yabes? Sangat spesifik! Yabes minta berkat yang berlimpah, memperluas daerahnya, menjauhkan dari sakit dan malapetaka. Dalam konteks sekarang, bisa dibilang Yabes berdoa minta Tuhan memperluas pasar bisnisnya, melindungi aset-asetnya, rumahnya, kariernya, dst. Sering kali kita berdoa hanya minta berkat saja, tapi kita tidak pernah mendoakannya secara spesifik. Dalam training motivasi, kita selalu diminta merumuskan apa yang kita inginkan secara detail dan terperinci. Berapa penghasilan kita, seperti apa rumah, mobil, aset, kesehatan, dst. Demikian juga dalam doa, kita bisa meminta kepada Tuhan secara spesifik. Mengapa? Karena kita anak-anakNya. Bukankah ketika anak-anak Anda meminta sesuatu, mereka juga memintanya secara spesifik? Keberanian meminta secara spesifik menunjukkan kedekatan anak dengan bapanya.

  1. Yabes minta hadirat Allah dalam hidupnya.

Yabes berdoa, “Kiranya tanganMu menyertai aku..” Yabes menyadari bahwa tidak ada yang lebih penting daripada penyertaan Tuhan atau hadirat Tuhan di dalam hidupnya. Meski ibunya menamai dia Yabes yang artinya menderita, tapi ia tahu bahwa jika Tuhan menyertai pasti segala sesuatu akan berakhir dengan happy-ending. Itu sebabnya Daud juga pernah berkata di dalam Mazmur 23:4, “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku.”

Tidak ada jaminan yang lebih aman dibandingkan dengan penyertaan Tuhan. Belajar dari Yabes, biar kita tiap hari dipenuhi dengan hadirat Tuhan. Jika kita menghadirkan Tuhan di dalam bisnis, pekerjaan, maupun karir kita, pasti hasilnya akan luar biasa. Tuhan selalu membuat perbedaan mana orang-orang yang mengandalkanNya, dan mana yang mengandalkan kekuatannya sendiri. Saya yakin bahwa dimana ada hadirat Tuhan, di situ ada mujizat. Dimana ada hadirat Tuhan, disitu ada kemenangan dan keberhasilan. Kita tentu ingat tentang Tabut Perjanjian sebagai lambang hadirat Tuhan, dimana ada Tabut Perjanjian, di situlah Tuhan menyertai bangsa Israel sehingga mereka berkemenangan. Demikian juga hal itu akan terjadi jika kita yang dipenuhi hadirat Tuhan.

  1. Penuh syukur dan penuh “ambisi”.

Di dalam doa Yabes, kita menemukan kata-kata penuh syukur, namun pada saat yang sama kita juga menemukan doa yang penuh “ambisi’. Minta diberkati tapi tidak hanya berkat yang berlimpah-limpah. Tidak hanya minta Tuhan menjaga dearahnya tapi juga memperluas daerahnya. Seperti halnya uang adalah alat yang netral, demikian juga sifat dari ambisi. Ambisi bisa baik atau buruk tergantung motivasi di balik itu. Syukur dan ambisi yang dilandasi motivasi yang benar adalah gabungan sikap yang sangat positif. Bersyukur tapi jangan berpuas diri, demikian juga berambisilah selama kita juga tidak lupa untuk mengucap syukur dan tetap mengutamakan Tuhan sebagai Sang Pembawa Berkat.

TUHAN YESUS Memberkati sobat PELAKU FIRMAN selalu..

https://www.facebook.com/permalink.phpid=106371592735374&story_fbid=480624451976751

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: