Minyak Narwastu

Seberapa Besar Anda Menghargai Tuhan Yesus

Maria sangat menghargai Tuhan Yesus sehingga ia rela meminyaki kaki Tuhan Yesus dengan minyak narwastu murni yang mahal harganya (12:3). Menurut Yudas Iskariot, harga minyak narwastu itu mencapai tiga ratus dinar (12:5). Satu dinar adalah upah pekerja harian dalam satu hari. Di Indonesia, upah pekerja harian berbeda-beda, tergantung dari daerah tempat seseorang bekerja. Bila kita mengambil standard DKI Jakarta, upah minimum harian sekitar Rp. 50.000,. Bila kita menghitung berdasarkan standard DKI Jakarta, harga minyak narwastu itu sekitar Rp. 15.000.000, Tentu saja nilai uang sebesar itu sangat besar bagi seorang pekerja biasa. Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh Maria itu menunjukkan penghargaan yang tinggi terhadap Tuhan Yesus.

Sikap Yudas Iskariot, murid Tuhan Yesus yang mencela perbuatan Maria, menunjukkan penghargaan yang rendah terhadap Tuhan Yesus. Dia berhitung-hitung tentang nilai yang layak dipersembahkan kepada Tuhan Yesus. Sikap Yudas Iskariot ini berbeda tajam dengan sikap Maria yang tidak mau berhitung. Dia berkeyakinan bahwa dia harus memberi yang terbaik sebagai respons terhadap kebaikan Tuhan Yesus.

Kontras antara sikap Maria dan sikap Yudas Iskariot itu merupakan cermin dari sikap orang-orang Kristen pada masa kini terhadap Tuhan Yesus. Apakah kita juga berhitung tentang berapa banyak waktu, tenaga, dan pikiran yang layak dipersembahkan kepada Tuhan Yesus? [P]

Yohanes 12:3
“Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: