Jangan Serakah

xiaomi-mi3-tegra4-1

Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.” Keluaran 20 : 17

Ini seperti yang terjadi pada Daud yang menginginkan isteri Uria, yaitu Batsyeba, Akhan yang menginginkan barang-barang yang telah dikhususkan, dan Gehazi yang menginginkan hadiah yang diperuntukkan bagi Elisa dari Naaman.Gehazi telah mengambil uang dan pakaian yang bukan miliknya. Jadi, Allah menghukum Elisa dengan memindahkan kusta Naaman pindah ke Gehazi.

Menginginkan untuk memiliki rumah seperti rumah orang lain boleh, tapi tidak boleh ingin merebut rumah orang itu. Demikian juga dengan hal-hal lainnya.

Irihati membuat orang menginginkan apa yang dimiliki orang lain, dan menjadi kesal dan marah jika orang lain bisa memiliki apa yang ia tidak milik, padahal mungkin ia punya lebih banyak. Ia tetap tidak puas dengan kekayaannya yang banyak karena ada orang memiliki apa yang ia tidak punyai.

Ulangan 8 : 17: Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.
Inilah yang menjadikan Mamon saingan Allah. Setelah merasa memiliki cukup harta dan kemampuan muncul keinginan untuk melepaskan ketergantungan (independen) dari Allah. Ia merasa bahwa uang dapat membeli segalanya. Mereka menjadikan uang sebagai allah mereka. Mereka merasa dapat membeli pengaruh, kekuasaan bahkan kehidupan orang lain dengan uang.

Seperti kepada orang kaya yang bodoh (Lukas 12 : 13 21), Tuhan akan membuktikan pada akhirnya bahwa harta tidak dapat berbuat apa-apa untuk menolong atau menjamin orang yang memilikinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: