CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS

CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS
15736674955_0cf514fb1d_b
Banyak orang masih berjuang menemukan identitas mereka karena tak yakin siapa diri mereka sebenarnya.Mereka mencari identitas dalam apa yang mereka kenakan, posisi dalam pekerjaan,koneksi bisnis, kenalan selebritis,strata pendidikan, kepemilikan harta… daftarnya masih panjang. Tapi tak melihat ke ‘dalam’, dimana diri mereka yang sesungguhnya berada.
Sekarang saya tanya, apakah Anda tahu siapa diri Anda? Bagaimana perasaan Anda terhadap diri Anda? Apakah Anda suka membandingkan diri dengan orang lain, sering merasa ‘kecil’ atau terancam saat bertemu orang yang bisa melakukan apa yang Anda tak mampu lakukan, atau memiliki hal-hal yang tak Anda miliki?
Sahabat, Allah mengasihi Anda. Dan Dia ingin Anda tahu dan belajar menjadi siapa Anda sebenarnya di dalam Kristus. Saat Anda tahu siapa Anda sebenarnya dalam Kristus, Anda akan berjalan dengan yakin dan percaya diri sebagai anak Allah dalam kehidupan ini.
Manusia melihat hanya sejauh mata manusiawinya bisa melihat. Sedang Allah melihat dan berurusan dengan Anda berdasarkan siapa Anda di level roh. Ini yang membuat selalu ada ketidaksesuaian antara pandangan Allah tentang manusia dengan pandangan manusia tentang dirinya sendiri.
Saat Anda percaya dan diselamatkan, saat Anda mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat Anda (Roma 10:9), sesuatu terjadi pada roh Anda. Roh Anda yang tadinya mati menjadi hidup, dan Roh Kudus menjadi saksi bahwa Anda menjadi orang benar Allah dalam Kristus Yesus. Kini Anda ‘tersembunyi’ di dalam Kristus dan Allah melihat Anda sebagaimana Ia melihat Yesus (Kolose 3:3).
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah CIPTAAN BARU : yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
~2 Korintus 5:17
Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
~Galatia 2:20
Hidup dalam iman adalah memercayai bahwa Anda tetaplah orang benar Allah, sekalipun Anda menuruti daging (hidup menurut apa yang Anda lihat, Anda rasa, Anda dengar); sekalipun Anda masih gagal dan gagal lagi. Anda mungkin berkali-kali gagal dan jatuh KE dalam dosa, tapi Anda bukan lagi hidup DI dalam dosa. Dan kegagalan itu tidak akan mengubah tujuan akhir Anda. Karena Anda yang sebenarnya adalah siapa Anda dalam roh, yaitu manusia rohani Anda. Tubuh Anda akan ‘mati’ suatu hari nanti, tapi roh Anda tetap hidup selamanya dan identitas dalam jiwa Anda akan mengikuti manusia roh Anda.
Dan berapa lamakah ‘selamanya’ itu? Selamanya ya selama-lamanya. Tak ada akhirnya. Itu berada di luar waktu dan ruang, itu adalah alam (realm) dimana Allah berada.
Pikiran -yang merupakan bagian dari jiwa Anda- setiap hari dan terus menerus melalui pendengaran akan Firman Kristus, ditransformasi atau mengalami pertobatan yang kontinu (repentance, Yunani: metanoia = berubah cara berpikir). Berubah dari cara pikir yang salah tentang Allah, berubah dari hati yang keras terhadap Allah; kepada pola pikir menemukan nilai Anda dalam pengenalan akan Allah secara intim sebagai Bapa Anda, pengenalan akan Kristus Yesus sebagai Juruselamat Anda, dan hidup dalam hubungan yang akrab dengan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus; serta merasa aman dalam kasih-Nya. Inilah pertobatan sejati.
Yudas Iskariot tak pernah bertobat. Ia hanya menyesal. Beberapa versi Alkitab secara tepat menerjemahkan dan memakai kata ‘menyesal’ (remorse) sedang beberapa yang lain menggunakan kata ‘bertobat’ (repented). Hasil penyesalan adalah penghukuman diri. Tindakan Yudas membunuh dirinya sendiri adalah puncak dari hal tersebut.
Simon Petrus melakukan tindakan yang sama: mengkhianati Yesus, disertai mengutuk dan bersumpah; tapi Petrus tetap di sana sampai kematian dan kebangkitan Yesus. Jauh di dalam hatinya, Petrus pasti merasakan cinta dan kasih karunia Yesus yang sempurna, yang dia tahu lebih besar dari segala kesalahan dan kegagalannya. Seandainya Yudas menunggu sedikit lebih lama dan percaya pada Yesus, dia mungkin bisa selamat.
Dengan membaca Firman-Nya, Anda akan menemukan lebih banyak lagi tentang warisan Anda sebagai anak Allah. Allah punya banyak hal yang ingin diberikan pada Anda: janji-janji-Nya dan kasih karunia-Nya. Dan Anda bisa memilikinya HANYA dengan percaya dan memperkatakannya, karena warisan itu sudah tersedia di alam roh (spiritual realm) yang merupakan alam yang lebih tinggi dari alam fisik (physical realm).
Allah adalah Roh dan Ia menciptakan alam roh dari ketiadaan, hanya dengan berfirman. Seperti saat Ia berfirman, “Jadilah terang” (Kejadian 1:3) dan terang pun jadi. Saat Yesus menyembuhkan yang sakit, membangkitkan yang mati, dan memberi makan orang banyak, Ia tidak melihat keterbatasan di alam fisik. Ia melihat ke surga dan memandang kebenaran di alam roh, memandang kepada Bapa yang adalah Allah Penyedia segalanya. Karena alam roh menentukan alam fisik.
Filipi 3:3 menurut versi Amplified Bible mengatakan bahwa kita orang percaya adalah orang-orang “yang menyembah Allah yang adalah Roh dan oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya atau tergantung pada hal-hal lahiriah/daging dan keuntungan fisik dan penampilan luar.”
Alkitab penuh dengan ayat-ayat yang menggambarkan siapa Anda sebenarnya – Anda yang sesungguhnya. Ayat-ayat di bawah ini hanyalah sebagian dari apa yang Allah katakan tentang Anda. Silakan Anda renungkan baik-baik hingga ayat-ayat ini berakar di hati Anda.
Aku adalah CIPTAAN BARU dalam Kristus (2 Korintus 5:17)
Aku adalah kebenaran Allah dalam Kristus Yesus (2 Korintus 5:21)
Aku lahir dari Allah dan si jahat tidak dapat menjamah aku (1 Yohanes 5:18)
Aku kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya (Efesus 1:4; 1 Petrus 1:16)
Aku menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran dan berkuasa sebagai raja dalam hidup ini karena Yesus Kristus (Roma 5:17)
Aku hidup bersama-sama dengan Kristus (Efesus 2:5)
Aku telah dimerdekakan dari hukum dosa dan hukum maut dalam Kristus (Roma 8:2)
Aku memiliki pikiran Kristus (1 Korintus 2:16; Filipi 2:5)
Aku memiliki damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal (Filipi 4:7)
Aku memiliki Dia yang Lebih Besar di dalam diriku, Dia yang ada di dalamku lebih besar dari roh yang ada di dunia ini (1 Yohanes 4:4)
Aku tidak berkekurangan karena Allahku memenuhi segala keperluanku menurut kekayaan-Nya yang mulia dalam Kristus Yesus (Filipi 4:19)
Aku sanggup menanggung segala perkara di dalam Dia yang memberikan kekuatan kepadaku (Filipi 4:13)
Aku anak Allah karena aku telah dilahirkan kembali dari benih yang tidak fana Firman Allah, yang hidup dan yang kekal (1 Petrus 1:23)
Aku hidup bagi Allah dan terpelihara sempurna dengan tidak bercacat (Roma 6:11; 1 Tesalonika 5:23)
Aku adalah ahli waris bersama-sama dengan Kristus, yang berhak menerima janji-janji Allah (Roma 8:17)
Aku lebih dari pada orang-orang yang menang oleh Dia yang telah mengasihiku (Roma 8:37)
Aku telah menerima kuasa Roh Kudus untuk menginjak musuh dan menahan kuasanya, mengusir setan, berbicara dalam bahasa baru, meletakkan tangan atas orang sakit dan orang sakit itu sembuh dan tidak ada yang akan membahayakan aku (Markus 16:17-18; Lukas 10:17-19)
Aku telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khalik-ku (Kolose 3:9-10)
Aku mengambil bagian dalam kodrat ilahi (2 Petrus 1:3-4)
Aku adalah utusan [dutabesar = ambassador] Kristus (2 Korintus 5:20)
Aku adalah bangsa yang terpilih, imamat rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah (1 Petrus 2:9)
Aku adalah bait Roh Kudus dan bukan lagi milikku sendiri (1 Korintus 6:19)
Aku diangkat jadi kepala bukan ekor, aku tetap naik [berada di atas] dan tidak turun [berada di bawah] (Ulangan 28:13)
Aku adalah terang dunia (Matius 5:14)
Aku adalah orang pilihan Allah, yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, yang mengenakan belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran (Roma 8:33; Kolose 3:12)
Aku telah ditebus dan dosaku telah diampuni oleh darah-Nya, menurut kekayaan kasih karunia-Nya (Efesus 1:7)
Aku telah dilepaskan dari kuasa kegelapan dan dipindahkan ke dalam Kerajaan Anak-Nya (Kolose 1:13)
Aku telah ditebus Kristus dari kutuk dosa, sakit penyakit dan kemiskinan (Ulangan 28:15-68; Galatia 3:13)
Aku dipanggil dengan panggilan kudus untuk memuji Allah dan memperdengarkan puji-pujian bagi-Nya (Mazmur 66:8; 2 Timotius 1:9)
Aku telah dibangkitkan dan didudukkan bersama-sama dengan Dia di sorga (Efesus 2:6; Kolose 2:12)
Aku amat dikasihi oleh Allah (Roma 1:7; Efesus 2:4; Kolose 3:12; 1 Tesalonika 1:4)
Aku telah dibangkitkan dan didudukkan bersama-sama dengan Dia di sorga (Efesus 2:6; Kolose 2:12)
Aku hidup tapi tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalamku (Galatia 2:20)
Semua berkat ini adalah milik Anda. Hanya dengan PERCAYA. Semua gratis, semua cuma-cuma. Tapi bukan berarti itu murahan dan tidak berharga. Allah membayar amat mahal supaya Anda bisa menerima berkat-berkat ini. Dengan Darah Anak-Nya sendiri! Bukan karena Anda baik, manis, taat dan menyenangkan. Tapi karena Dia baik dan sangat mengasihi Anda.
Ia mengirim Anak-Nya yang bersedia meninggalkan takhta kemuliaan dan kekayaan-Nya di sorga untuk menjadi miskin di dunia (2 Korintus 8:9), berada di tengah-tengah manusia, menjadi salah satu dari kita dan merasakan apa yang kita rasakan (Yohanes 1:14). Ia mengambil tempat Anda dan menjadi kutuk sehingga anda menjadi kebenaran Allah (2 Korintus 5:21).
Anda kini diberkati dan dikenan Bapa, hidup di bumi seperti di sorga. Saat Anda menerima pewahyuan betapa Allah mengasihi Anda, Anda merasa aman dalam kasih-Nya dan itu mampu melenyapkan semua ketakutan dalam hati Anda (1 Yohanes 4:18). Dan Anda bisa dengan percaya diri mengatakan, “Bapaku mengasihiku, Ia punya rencana indah buatku (Yeremia 29:11); aku percaya pada-Nya, dan apapun yang terjadi dalam hidupku, baik tidak baik, akan mendatangkan kebaikan bagiku (Roma 8:28).”
https://liftingjesus.org/2013/12/03/you-are-a-new-creation-in-christ/
Sumber –CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS  

 

One thought on “CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS

  1. Shalom, salam kenal. Tulisannya bagus dan berbobot. Saya ‘follow’ ya, silakan ‘follow’ balik biar kita bisa saling berbagi pengalaman. Thank you. Tuhan Yesus memberkati

Leave a comment