” UMAT YANG LAYAK”

Pdm. Yakobus Yanto

dukungan

Jika kita ingin kota Malang dimenangkan bagi Yesus, maka harus ada satu korban yang mahal dan hal tersebut telah dilakukan oleh Yesus bagi kita.

Sebagai orang yang berdosa, kita seharusnya dibinasakan karena dosa-dosa kita tapi Yesus datang ke dunia untuk menebus kita, dan harga penebusannya tidaklah gratis dan juga tidak murahan, artinya, kita telah di tebus dengan harga yang sangat mahal yaitu dengan darah-Nya sendiri dan jika kita ada sampai sekarang itu semua karena Tuhan. Dia datang dan sedang mencari umat yang layak.

Siapa yang dimaksud dengan umat-Nya yang layak ?

1 Kor 6:19-20 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Jadi, yang dimaksud dengan umat-Nya yang layak adalah orang yang tidak menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan tapi menjadi hamba kebenaran yang membawa kepada pengudusan.

Lalu Allah bertahta dimana ?
Tuhan telah turun ke dunia dan tubuh kita adalah Bait Allah, tetapi sering kita tidak memuliakan Allah, malah mempermalukan Dia dengan cara merusak Bait Allah, mengotori Bait Allah. Banyak anak-anak Tuhan yang meninggalkan Allah, padahal tubuh kita adalah Bait Allah, tubuh kita bukan milik kita sendiri. Kita di tuntut untuk memuliakan Tuhan dengan tubuh kita karena kita adalah Bait Roh Kudus.

1 Kor 3:16-17 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

Jadi, kalau kita membinasakan Bait Allah yang Kudus dimana Roh Allah berdiam yaitu tubuh  kita atau hidup kita maka Allah sendiri yang akan membinasakan. Mari, kita memberikan yang terbaik bagi Tuhan, sebab hidup kita adalah haknya Tuhan dan persembahkan tubuhmu atau hidupmu kepada Tuhan

Ada 2 orang di dunia ini, ada orang-orang yang diangkat dan ada yang ditinggalkan. Hanya orang yang melakukan firman Tuhan yang akan diangkat, tetapi orang yang melakukan kejahatan akan dibinasakan karena tidak memuliakan Tuhan.

Mengapa kita dituntut untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan ?

  1. Melakukan ibadah yang sejati.

Rom 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Apa yang Tuhan mau kita lakukan kalau kita  bisa hidup sampai hari ini ?
Ada 3 hal yang harus kita lakukan/ kerjakan jika sudah diselamatkan :

  1. Persembahan yang terbaik, yaitu persembahan tubuh yang hidup bagi Tuhan.

Persembahan tubuh yang hidup bagi Tuhan berarti hidup Kudus tanpa melakukan perbuatan dosa/ hidup di luar pertobatan hidup dalam dosa

  1. Bertumbuh kerohanian dan menjadi saksi bagi Allah.

Merasa tidak cukup kalau hanya 1 kali ibadah di hari minggu tapi akan berusaha hadir pada kegiatan doa, cool, dll.
Mujizat terbesar saat respon adalah pengorbanan.
Sewaktu Yesus pergi meninggalkan murid-muridNya, maka Ia meninggalkan kuasa yaitu menjadi saksi saat mempersembahkan hidupnya maka orang tersebut menerima kuasa untuk menjadi saksi bagi Kristus dan hidupnya diberkati.

Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga

Kunci Surga telah diberikan kepada kita karena ada kuasa.

  1. Jadi pelaku Firman Tuhan.

Yes 48:18 Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,

Hidup dalam damai sejahtera, berkat berkelipatan, sukacita tidak pernah kering, berkat yang berlimpah-limpah dan tidak pernah berhenti.

Yoh 10 :10b Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Hidup dalam segala kelimpahan berkat ditambah-tambah.
Jadi, responi setiap Firman Tuhan dan lakukan Firman Tuhan.

  1. Ubah pikiran seperti pikiran Kristus/ ubah paradigm kita agar seperti pikiran Tuhan.

Rom 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tuhan telah memberi yang terbaik/ sempurna hidup Kudus, hidup benar, melayani Tuhan karena telah dibeli dengan harga yang mahal. Sekalipun hidup dalam tubuh jasmani tapi kehidupan tidak dikendalikan oleh pikiran manusia tapi pikiran Kristus.

Gal 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Hidup ini bukan milik kita lagi, dan hidup sekarang ini harus dengan Iman. Apapun masalah/ tantangan hidup sekalipun tidak enak tapi saat jadi pelaku Firman Tuhan maka semua apapun yang diperlukan akan diberkati bahkan lebih oleh Tuhan.

Fil 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Apa pikiran Allah pada kita ?
Roh belas kasihan pada kita. Apapun yang jadi penghalang sehingga kita tidak memiliki belas kasihan seperti pikiran Kristus, maka lepaskan segala penghalang tersebut, sebab hari-hari ini Tuhan sedang lepaskan mujizatNya.

  1. Melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan.

Jika datang beribadah lalu tidak disalami oleh penerima tamu atau pengerja maka tidak mau lagi ke gereja, berarti ibadah nya kepada manusia. Jika tidak diperhatikan lalu tidak mau beribadah lagi, maka ibadahnya hanya karena datang di tempat gereja. Jadi, beribadahlah kepada Tuhan, bukan kepada manusia. Saat ini, dunia sedang membutuhkan kasih, oleh sebab itu lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan. Jadilah Hamba Tuhan yang mau melakukan seperti Yesus lakukan, jadilah penuai yang berlandaskan atas dasar Kasih.

Rom 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Lakukan yang terbaik bagi Tuhan sebagai balasan ucapan syukur.

Efe 6: 5 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus,

Jika dengan segenap hati melakukan kehendak Allah untuk taat, gentar, tulus hati kepada tuan/ orang yang ditaruh Tuhan di atas kita, maka kita akan menerima balasan/ ganjaran/ upah dari Tuhan.

Efe 6: 8 Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan.

1 Pet 4:2 supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.

Pergunakanlah waktu yang sisa (singkat) bukan untuk keinginan manusia tapi untuk Allah, oleh karena itu minta hikmat, pengetahuan, kepandaian, akal budi, kepintaran kepada Tuhan untuk bisa mengerti pikiran Allah dan melakukan kehendakNya agar menjadi umat yang layak dan telah ditolong oleh Tuhan.

Sejauh mana saudara sudah memberi yang terbaik bagi Tuhan ? 
Dalam hal apa saja sudah melakukan hal-hal yang terbaik bagi Tuhan ? 
Adakah korelasi pokok pikiran kita dengan Tuhan hari ini ? 

Untuk menjadi umat yang layak maka Kuduskanlah tubuhmu sebab Allah adalah Kudus dan kita adalah Bait Roh Kudus dimana Allah bertahta. Oleh karena itu, persembahkan hidupmu untuk memuliakan Allah melalui ibadah kita yang sejati dan bertumbuh karena telah menjadi pelaku kebenaran Firman Tuhan untuk menjadi saksi dan menaruh pikiran Kristus dalam hidup sehingga kita menjadi umat yang layak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: